Belum Tutup, Taman Pintar Yogyakarta Batasi Jam Operasional

Berita Kawasan

Belum Tutup, Taman Pintar Yogyakarta Batasi Jam Operasional

Menyebarnya COVID-19 di Indonesia membuat aspek pariwisata terkena imbas. Pasalnya, pemerintah menyerukan masyarakat untuk tidak berkumpul dan membuat kerumunan massa agar penyebarannya bisa terhenti. Maka dari itu, melihat kondisi yang tengah berubah, Taman Pintar sebagai salah satu wahana edukasi di Kota Yogyakarta mengambil langkah untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kepala Bidang Pengelola Taman Pintar Yogyakarta Afia Rosdiana menyebutkan, Taman Pintar menetapkan sikap ITS yang merupakan singkatan dari Ikhtiar, Tawakal, dan Sabar.

Belum Tutup, Taman Pintar Yogyakarta Batasi Jam Operasional

“Ikhtiar dengan melakukan pencegahan baik secara SDM (sumber daya manusia) maupun sarana prasarana sesuai anjuran WHO (World Health Organization) dan pemerintah Indonesia,” ujar Afia seperti dikutip dari jogjakota.go.id (5/4/2020).

Kemudian, Afia juga mengungkapkan seluruh SDM Taman Pintar setiap harinya harus melewati proses pengecekan suhu tubuh yang dilakukan usai apel pagi dan sebelum pulang di sore hari. Taman Pintar juga turut mengimbau para pegawai da juga pengunjung untuk sering mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker, dan tindakan preventif lainnya.

[Baca Juga: Gudeg Yu Djum, Kuliner Legendaris asal Yogyakarta]

Taman Pintar juga melakukan pembersihan secara berkala, khususnya pada area yang sering disentuh pengunjung seperti gerbang, meja informasi, alat peraga dan lain-lain..

“Pembersihan menggunakan antiseptik secara berkala terutama area yang sering dipegang dan masjid tanpa alas karpet yang dibersihkan setiap sebelum dan setelah waktu sholat,” ungkap Afia.

Tak sampai disitu, Taman Pintar juga memberlakukan aturan jeda lima menit antar setiap rombongan yang akan memasuki Gedung Oval dan gedung Kotak, serta menggalakkan anjuran untuk sering mencuci tangan melalui alat pengeras suara.

[Baca Juga: Antisipasi Wabah COVID-19, Ini Daftar Tempat Wisata yang Tutup Sementara]

Berbeda dengan tempat wisata di Ibukota yang memilih tutup sejak awal Maret lalu, Taman Pintar belum ada rencana melakukan penutupan. Walaupun tidak ditutup, Taman Pintar akan memberlakukan pembatasan jam operasional.

"Jam operasional menjadi pukul 08.30 - 15.30 WIB untuk masyarakat hingga ada kebijakan lebih lanjut dari Pemerintah Kota Yogyakarta," sebut Afia. Ia pun mengimbau masyarakat untuk tetap tawakal serta tetap tenang dan jangan panik. Menurutnya, dalam menghadapi situasi seperti ini, semua pihak sudah berusaha semaksimal mungkin.

“Masyarakat harus peka dan menjalankan anjuran pemerintah mulai dari diri sendiri agar situasi tetap kondusif dan selalu optimis terhindar dari COVID-19” tutup Afia.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.