Belum Tutup, Taman Pintar Yogyakarta Batasi Jam Operasional

Berita Kawasan

Belum Tutup, Taman Pintar Yogyakarta Batasi Jam Operasional

Menyebarnya COVID-19 di Indonesia membuat aspek pariwisata terkena imbas. Pasalnya, pemerintah menyerukan masyarakat untuk tidak berkumpul dan membuat kerumunan massa agar penyebarannya bisa terhenti. Maka dari itu, melihat kondisi yang tengah berubah, Taman Pintar sebagai salah satu wahana edukasi di Kota Yogyakarta mengambil langkah untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kepala Bidang Pengelola Taman Pintar Yogyakarta Afia Rosdiana menyebutkan, Taman Pintar menetapkan sikap ITS yang merupakan singkatan dari Ikhtiar, Tawakal, dan Sabar.

Belum Tutup, Taman Pintar Yogyakarta Batasi Jam Operasional

“Ikhtiar dengan melakukan pencegahan baik secara SDM (sumber daya manusia) maupun sarana prasarana sesuai anjuran WHO (World Health Organization) dan pemerintah Indonesia,” ujar Afia seperti dikutip dari jogjakota.go.id (5/4/2020).

Kemudian, Afia juga mengungkapkan seluruh SDM Taman Pintar setiap harinya harus melewati proses pengecekan suhu tubuh yang dilakukan usai apel pagi dan sebelum pulang di sore hari. Taman Pintar juga turut mengimbau para pegawai da juga pengunjung untuk sering mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker, dan tindakan preventif lainnya.

[Baca Juga: Gudeg Yu Djum, Kuliner Legendaris asal Yogyakarta]

Taman Pintar juga melakukan pembersihan secara berkala, khususnya pada area yang sering disentuh pengunjung seperti gerbang, meja informasi, alat peraga dan lain-lain..

“Pembersihan menggunakan antiseptik secara berkala terutama area yang sering dipegang dan masjid tanpa alas karpet yang dibersihkan setiap sebelum dan setelah waktu sholat,” ungkap Afia.

Tak sampai disitu, Taman Pintar juga memberlakukan aturan jeda lima menit antar setiap rombongan yang akan memasuki Gedung Oval dan gedung Kotak, serta menggalakkan anjuran untuk sering mencuci tangan melalui alat pengeras suara.

[Baca Juga: Antisipasi Wabah COVID-19, Ini Daftar Tempat Wisata yang Tutup Sementara]

Berbeda dengan tempat wisata di Ibukota yang memilih tutup sejak awal Maret lalu, Taman Pintar belum ada rencana melakukan penutupan. Walaupun tidak ditutup, Taman Pintar akan memberlakukan pembatasan jam operasional.

"Jam operasional menjadi pukul 08.30 - 15.30 WIB untuk masyarakat hingga ada kebijakan lebih lanjut dari Pemerintah Kota Yogyakarta," sebut Afia. Ia pun mengimbau masyarakat untuk tetap tawakal serta tetap tenang dan jangan panik. Menurutnya, dalam menghadapi situasi seperti ini, semua pihak sudah berusaha semaksimal mungkin.

“Masyarakat harus peka dan menjalankan anjuran pemerintah mulai dari diri sendiri agar situasi tetap kondusif dan selalu optimis terhindar dari COVID-19” tutup Afia.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.