Benarkah Cuka Apel Bisa Menurunkan Berat Badan

Kesehatan

Benarkah Cuka Apel Bisa Menurunkan Berat Badan?

Cuka apel dikenal sebagai salah satu olahan yang dapat digunakan untuk segala masalah kesehatan. Sebut saja masalah kebotakan pada rambut, sakit tenggorokan ataupun diabetes, bisa diobati dengan cuka apel.

Cuka apel sendiri terbuat dari hasil fermentasi cairan apel yang diperas dan mengandung probiotik serta enzim di dalamnya. Melansir dari Medical News Today (10/5), mengonsumsi cuka apel nyatanya sanggup membantu penyembuhan infeksi jamur, menurunkan kolesterol, serta dapat membantu menurunkan berat badan.

Memang, belum ada bukti penelitian yang kuat bahwa cuka apel mampu menurunkan berat badan. Beberapa peneliti memang mengklain bahwa cuka apel bisa mengurangi nafsu makan dan membakar lemak. Tetapi, hingga saat ini belum ada bukti kuat yang bisa digunakan dalam dunia medis.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

Hal ini disadari penuh oleh Ahli Gizi Ro Huntriss. Menurutnya, mengonsumsi cuka apel diperbolehkan asal jangan terlampau sering digunakan. Sebab, kandungan asamnya yang tinggi sanggup menyebabkan seseorang sakit tenggorokan bahkan bisa merusak email gigi. Wajar penyakit malah bermunculan karena sari cuka apel bukanlah tongkat sihir untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi lainnya menemukan jika cuka apel mampu menunjukkan hasil positif terkait penurunan berat badan. Cuka apel dinilai mampu meningkatkan sensitivitas insulin selama mengonsumsi karbohidrat sekitar 19-34 persen. Temuan tersebut memunculkan hasil baru bahwa cuka apel dapat membantu menekan rasa lapar dari makanan karbohidrat ataupun makanan manis.

[Baca Juga: Stroberi Terbukti Kurangi Risiko Komplikasi Diabetes]

Jadi, penggunaan cuka apel dapat membantu program diet yang sedang Anda jalani. Tidak ada dosis tertentu untuk mengonsumsi cuka apel agar bisa bermanfaat bagi kesehatan. Namun, Anda harus bijak dalam menggunakan cuka apel sebagai obat.

Cukup meminum tiga kali sehari satu sendok teh atau sendok makan agar tubuh Anda tak mendapatkan efek samping dari mengonsumsi cuka apel.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.