Benarkah Darah Tinggi Muncul Akibat Makan Daging Kambing

Kesehatan

Benarkah Darah Tinggi Muncul Akibat Makan Daging Kambing?

Iduladha dengan berbagai olahan daging kambing tak jarang membuat Anda dihantui ketakutan akan serangan darah tinggi atau hipertensi. Ada mitos yang mengatakan konsumsi daging kambing mengakibatkan hipertensi. Hal ini membuat orang dengan riwayat hipertensi jadi berpikir dua kali jika ingin ikut menyantap panganan dari olahan daging kambing.

Namun, benarkah daging kambing memicu hipertensi? Menurut dokter spesialis penyakit dalam konsultan ginjal hipertensi di MRCCC Siloam Hospitals dr. Tunggul Diapari Situmorang, Sp.PD-KGH “Itu harus diluruskan. Tidak ada di buku mana pun yang mengatakan makan daging kambing menyebabkan hipertensi,” tegasnya seperti dilansir dari tempo.co (30/7/2020).

Benarkah Darah Tinggi Muncul Akibat Makan Daging Kambing

Meski demikian dr. Tunggul mengingatkan agar para penggemar daging membatasi konsumsi agar tidak berlebihan. Pasalnya, daging merah memiliki jumlah kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi dan dikenal dapat meningkatkan kolesterol serta memicu penyakit jantung. “Biasanya penyakit itu suka datang secara bersamaan. Hipertensi, kolesterol, diabeter mellitus, dan asam urat. Jadi tetap harus dibatasi,” tuturnya.

Lantas, mitos yang mengatakan bahwa konsumsi daging menyebabkan darah tinggi muncul dari mana? Ternyata hal ini dipicu proses pengolahan dan penggunaan beragam bumbu penyedap selama memasak daging kambing. Bumbu penyedap makanan seperti garam dan mecin memiliki jumlah sodium dan natrium yang sangat tinggi. Apalagi dengan semakin banyak proses pengolahan maka akan semakin tinggi juga kandungan sodiumnya.

[Baca Juga: Dosen IPB Inovasi Obat Hipertensi dengan 3 Tanaman Herbal Ini]

Dokter yang juga menjabat Ketua Perhimpunan Hipertensi Indonesia ini mengatakan, kandungan yang ada di dalam garam inilah menjadi penyebab utama tekanan darah tinggi jika dikonsumsi secara berlebihan. “Faktor penyebab hipertensi jelas garam. Ketika ada orang yang terkena hipertensi dan tidak diketahui penyebabnya apa, itu pasti karena konsumsi garam berlebih. Apalagi jika ada riwayat keluarga terkena hipertensi, ini dikatakan hipertensi primer. Sembilan puluh persen penderita hipertensi karena hipertensi primer,” ujar dr. Tunggul.

Meski demikian, bukan berarti masyarakat tidak boleh mengkonsumsi garam sama sekali. Boleh saja, asalkan takarannya lebih dibatasi. Sebab, bagaimana pun kandungan sodium dan natrium pada garam masih dibutuhkan tubuh manusia. Badan kesehatan dunia, WHO (World Health Organization) menganjurkan untuk membatasi konsumsi sodium 2.400 mg atau sekitar 1 sendok teh garam per hari.

Benarkah Darah Tinggi Muncul Akibat Makan Daging Kambing

Adapun pasien hipertensi berat dianjurkan untuk melakukan diet rendah garam I dengan hanya mengonsumsi 200-400 miligram Natrium atau garam setiap harinya. Sementara pasien hipertensi tidak berat dianjurkan melakukan diet rendah garam II dengan mengkonsumsi hanya 600-800 miligram atau sekitar setengah sendok teh garam setiap harinya.

Cara Terbaik Memasak Daging Kambing

Jika orang dengan hipertensi primer mengonsumsi makanan kaya garam, dr. Tunggul menjelaskan, maka pengontrolan ginjal terhadap garam dapat bermasalah. Ketika metabolisme garam pada ginjal terganggu, yang terjadi adalah sistem peredaran darah tidak lancar. Hal ini membuat aliran sel-sel darah di dalam tubuh tidak seimbang, sehingga tekanan darah juga meningkat. Inilah yang disebut orang dengan hipertensi.

[Baca Juga: Coba Cara Ini Untuk Hilangkan Bau Perengus Daging Kambing]

Orang dengan riwayat hipertensi, menurut dr. Tunggul, tidak masalah jika ingin ikut mengonsumsi olahan daging kambing. "Kalau Anda hipertensi mau makan daging kambing, ya makan saja. Toh enggak ngaruh kok, itu cuma mitos saja," kata Tunggul. Namun Tunggul mengingatkan untuk mengonsumsi daging kambing dalam porsi wajar. Selain itu, kandungan garam dan lemak dalam olahan makanan juga perlu diperhatikan.

"Bahkan, di Inggris sudah di terapkan terhadap restoran atau tempat makan untuk tidak menaruh garam di meja pelanggan, kecuali pelanggan meminta. Hasilnya, jumlah orang terkena hipertensi di Inggris berkurang," pungkas dr. Tunggul.

Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Tak Ada Buaya, Damkar Kota Depok Sisir Kali Pesanggrahan.jpg

Berita Kawasan

Pastikan Tak Ada Buaya, Damkar Kota Depok Sisir Kali Pesanggrahan

06 August 2020, 19:00

Pekan ini Damkar Depok mengerahkan anggotanya untuk menyisir area Kali Pesanggarahan demi memastikan tak ada buaya yang berkeliaran.

Sate H.Romli, Sate RSPP yang Legendaris.jpg

Kuliner

Sate H.Romli, Sate RSPP yang Legendaris

06 August 2020, 18:00

Jika berbicara mengenai menu sate populer di kawasan Jakarta Selatan, maka warung Sate H. Romli atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sate RSPP bisa dipastikan sebagai salah satunya.

Ada Target Gula Darah untuk Pasien Diabetes Agar Terhindar Perparahan COVID-19

Kesehatan

Ada Target Gula Darah untuk Pasien Diabetes Agar Terhindar Perparahan COVID-19

06 August 2020, 16:50

Penyandang diabetes akan lebih rentan mengalami perparahan bahkan menyebabkan kematian jika terinfeksi COVID-19.

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020

Bisnis

Apa yang Bisa Anda Persiapkan Hadapi Resesi Ekonomi 2020?

06 August 2020, 15:30

Sektor industri, penurunan kinerja ekspor impor, dan tingginya pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa mengakibatkan peningkatan angka kemiskinan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 5 days, 7 hours lalu
    hanna56

    Bola165 game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue… gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki…. gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…

  • Anisa 5 days, 9 hours lalu
    anisa

    QQHarian Adalah Agen Game online QQ Slot Terbaru 2020 Terbaik,Terpercaya & Terlengkap Di Indonesia Yang Di dukung berbagai PROVIDER TERNAMA DI DUNIA. Tersedia Berbagai Macam PROMO TERBESAR, Salah Satunya Promo BONUS KEKALAHAN DI GANTI 100% FULL ( Bonus Welcome Cashback 100% ) TANPA SYARAT TO / TURNOVER. Info Lebih Lanjut bisa lsg Hub. CS kami dengan meng - <a href="https://qqharian.org/" title="QQ Slot Terbaru 2020" rel="nofollow">CLICK DISINI</a>