Benarkah Jahe Merah Bisa Sembuhkan Covid-19

Kesehatan

Benarkah Jahe Merah Bisa Sembuhkan COVID-19?

Belakangan ini, jahe merah menjadi laris dipasaran. Katanya, varietas unggul yang kaya akan khasiat ini dapat menyembuhkan COVID-19.

Sayangnya, informasi yang beredar di masyarakat perihal khasiat jahe merah dapat menyembuhkan Covid-19 kurang tepat. Kepala Kelompok Penelitian Center for Drug Discovery and Development, Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Masteria Yunovilsa Putra mengatakan belum ada bukti yang menunjukkan kalau jahe merah dapat berfungsi sebagai antivirus, khususnya virus Corona.

Puluhan Kelurahan di Kota Bogor Ikut Lomba Budidaya Jahe Merah

“Sampai saat ini belum ada bukti yang melaporkan penggunaan jahe merah sebagai antivirus, khususnya virus Corona SARS-CoV-2,” kata Masteria, dalam siaran persnya (18/3/2020).

Masteria menjelaskan, jahe merah memiliki aktivitas sebagai immunomodulator. Hal itu membuat jahe merah berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. “Efek inilah yang bermanfaat dalam pencegahan dan membantu dalam pemulihan dari virus Corona”, jelasnya.

[Baca Juga: Minuman Jahe Merah Tangerang Tembus Pasar Hingga Ke Jepang]

Jahe merah sendiri merupakan salah satu jenis unggul dari tanaman rimpang jahe di Indonesia karena kaya akan kandungan senyawa aktif dibandingkan varietas jahe lainnya. Kandungan gingerol dan shogaol adalah senyawa yang membuat jahe merah memiliki khasiat immunomodulator. Oleh karenanya, Masteria mengatakan jahe merah dapat meredakan radang berlebih pada paru-paru.

“Secara umum, Virus Corona memiliki gejala peradangan berlebih pada paru-paru. Dengan aktivitas antiinflamasi yang dimiliki oleh jahe merah, dapat meredakan gejala tersebut”, ungkapnya.

[Baca Juga: Puluhan Kelurahan di Kota Bogor Ikut Lomba Budidaya Jahe Merah]

Mengkonsumsi jahe merah juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mencegah penyakit. Selama ini, jahe merah sering digunakan sebagai bahan baku obat tradisional. Di Indonesia, masyarakat umumnya menggunakan jahe merah untuk bumbu makanan atau dikonsumsi sebagai jamu.

“Sepertinya menurunkan tekanan darah, antibakteri, menurunkan asam urat, hepatoprotektor, menurunkan kadar kolesterol, aprodisiak, pencegahan penyakit kronis degeneratif seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes pada lansia,” tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.