Benarkah Kopi Dapat Membuat Kram Saat Haid Makin Parah

Kesehatan

Benarkah Kopi dapat Membuat Kram Saat Haid Makin Parah?

Setiap bulannya, setiap perempuan tentu akan melewati masa menstruasi atau haid. Biasanya saat menstruasi datang disertai dengan rasa kram atau pegal linu yang kerap kali membuat perempuan merasa tidak nyaman dan tidak bisa menjalankan aktivitas hariannya.

Rasa sakit yang berdenyut-denyut dan kram di perut bagian bawah bisa sangat mengganggu. Kram yang muncul disebabkan karena adanya kontraksi otot. Walaupun begitu, kram dapat dihilangkan dengan beberapa cara misalnya dengan makan cokelat atau mengompres perut dengan air hangat.

Benarkah Kopi Dapat Membuat Kram Saat Haid Makin Parah

Namun, tahukah Anda penyebab rasa kram yang muncul saat menstruasi? Rasa sakit yang menganggu tersebut bisa ditimbulkan karena Anda mengkonsumsi makanan tertentu. Dilansir dari boldsky.com (2/12/2019), para ahli kesehatan dan dokter mungkin akan meminta Anda untuk sementara tidak mengonsumsi kopi saat menstruasi.

Pasalnya, kopi dapat menyebabkan kram semakin parah karena sifat diuretic atau meningkatkan produksi urin dan meningkatkan rasa dehidrasi. Kandungan kafein dalam kopi bisa menutupi neurotransmitter GABA (gamma-aminobutyric acid) yang mengatur rasa kecemasan.

[Baca Juga: 7 Cara Siasati Ngidam Selama Menstruasi]

Jika GABA tersumbat dan Anda mengalami tingkat kecemasan yang tinggi, kram Anda semakin memburuk. Selain itu, minum kopi juga dapat merangsang hormon terlalu berlebihan, menyebabkannya rusak dan disfungsi. Meskipun kopi dapat membantu dalam melawan kelelahan, kopi juga dapat mengaktifkan hormon stres Anda dan meningkatkan kadar kortisol. Kopi juga berpotensi menekan fungsi tiroid, karena meningkatkan kadar kortisol, yang dapat menyebabkan penurunan regulasi hormon tiroid

Kandungan kafein dalam kopi panas dapat membatasi pembuluh darah dan meningkatkan kecemasan dan juga meningkatkan kortisol sehingga memperburuk kondisi menstruasi Anda.

[Baca Juga: Begini Cara Atasi Nyeri Haid Tanpa Obat]

Mengonsumsi kopi sebanyak empat cangkir selama sehari dapat membuat kafein berfungsi sebagai pencahar dengan meningkatkan kontraksi pada otot usus kecil dan besar, sehingga menyebabkan makanan yang dicerna pindah ke usus dan memicu lambung menjadi kram.

Tak heran para dokter tidak merekomendasikan minum kopi saat Anda sedang haid. Jika Anda sangat bergantung dengan kafein, Anda bisa menggunakan kafein alternatif selama menstruasi misalnya, dengan mengonsumsi makanan sehat yang mampu mengurangi rasa kram seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan lain sebagainya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.