Benarkah Kopi Dapat Membuat Kram Saat Haid Makin Parah

Kesehatan

Benarkah Kopi dapat Membuat Kram Saat Haid Makin Parah?

Setiap bulannya, setiap perempuan tentu akan melewati masa menstruasi atau haid. Biasanya saat menstruasi datang disertai dengan rasa kram atau pegal linu yang kerap kali membuat perempuan merasa tidak nyaman dan tidak bisa menjalankan aktivitas hariannya.

Rasa sakit yang berdenyut-denyut dan kram di perut bagian bawah bisa sangat mengganggu. Kram yang muncul disebabkan karena adanya kontraksi otot. Walaupun begitu, kram dapat dihilangkan dengan beberapa cara misalnya dengan makan cokelat atau mengompres perut dengan air hangat.

Benarkah Kopi Dapat Membuat Kram Saat Haid Makin Parah

Namun, tahukah Anda penyebab rasa kram yang muncul saat menstruasi? Rasa sakit yang menganggu tersebut bisa ditimbulkan karena Anda mengkonsumsi makanan tertentu. Dilansir dari boldsky.com (2/12/2019), para ahli kesehatan dan dokter mungkin akan meminta Anda untuk sementara tidak mengonsumsi kopi saat menstruasi.

Pasalnya, kopi dapat menyebabkan kram semakin parah karena sifat diuretic atau meningkatkan produksi urin dan meningkatkan rasa dehidrasi. Kandungan kafein dalam kopi bisa menutupi neurotransmitter GABA (gamma-aminobutyric acid) yang mengatur rasa kecemasan.

[Baca Juga: 7 Cara Siasati Ngidam Selama Menstruasi]

Jika GABA tersumbat dan Anda mengalami tingkat kecemasan yang tinggi, kram Anda semakin memburuk. Selain itu, minum kopi juga dapat merangsang hormon terlalu berlebihan, menyebabkannya rusak dan disfungsi. Meskipun kopi dapat membantu dalam melawan kelelahan, kopi juga dapat mengaktifkan hormon stres Anda dan meningkatkan kadar kortisol. Kopi juga berpotensi menekan fungsi tiroid, karena meningkatkan kadar kortisol, yang dapat menyebabkan penurunan regulasi hormon tiroid

Kandungan kafein dalam kopi panas dapat membatasi pembuluh darah dan meningkatkan kecemasan dan juga meningkatkan kortisol sehingga memperburuk kondisi menstruasi Anda.

[Baca Juga: Begini Cara Atasi Nyeri Haid Tanpa Obat]

Mengonsumsi kopi sebanyak empat cangkir selama sehari dapat membuat kafein berfungsi sebagai pencahar dengan meningkatkan kontraksi pada otot usus kecil dan besar, sehingga menyebabkan makanan yang dicerna pindah ke usus dan memicu lambung menjadi kram.

Tak heran para dokter tidak merekomendasikan minum kopi saat Anda sedang haid. Jika Anda sangat bergantung dengan kafein, Anda bisa menggunakan kafein alternatif selama menstruasi misalnya, dengan mengonsumsi makanan sehat yang mampu mengurangi rasa kram seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan lain sebagainya.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.