Benarkah Menaiki Roller Coaster Bisa Mengatasi Penyakit Batu Ginjal

Kesehatan

Benarkah Menaiki Roller Coaster Bisa Mengatasi Penyakit Batu Ginjal?

Jika kalian memiliki riwayat penyakit batu ginjal, cobalah untuk menaiki wahana roller coaster. Yap, roller coaster yang sering kita lihat di wahana permainan. Sebab, melalui penelitian yang dilakukan para ahli dari Michigan State University, Amerika Serikat, terungkap bahwa penderita batu ginjal sangat disarankan untuk naik roller coaster demi mendapatkan kesembuhan.

[Baca Juga: Buah Ini Berkhasiat Hancurkan Batu Ginjal]

Lewat penelitian yang dipimpin oleh Profesor David Wartinger, diketahui dengan rajin naik roller coaster secara berkala, maka tubuh akan secara alami mendorong batu ginjal keluar dari saluran kemih.

Benarkah Menaiki Roller Coaster Bisa Mengatasi Penyakit Batu Ginjal

Berawal dari laporan seseorang penderita batu ginjal yang mengaku sembuh ketika rutin menaiki roller coaster, akhirnya Profesor David Wartinger bersama timnya melakukan beberapa eksperimen. Ia pun membuat model cetakan 3D untuk menstimulasi ginjal pasien tertentu. Profesor David juga mengisi ginjal palsu ini dengan urin sebelum menempatkan batu ginjal asli di dalamnya. Setelah melakukan 20 kali percobaan menaiki roller coaster, para peneliti ini kemudian menganalisis pergerakan batu-batu ginjal . Hasilnya, 64 persen batu ginjal bisa keluar dengan sendirinya setelah model ginjal palsu ini dinaikkan pada roller coaster.

Untuk diketahui, penelitian ini mendapat penghargaan Ig Nobel Prize. Meski terkesan sederhana, hasil dari penelitian tentang manfaat roller coaster bisa menjadi solusi mudah bagi mereka yang memiliki masalah batu ginjal.

Belum Terbuki Efektif

Meski begitu, hasil penelitian yang diterbitkan lewat jurnal berjudul American Osteopathic Association belum tentu bisa diaplikasikan pada manusia. Hal itu dikarenakan, penelitian tersebut hanya menggunakan model 3D dari satu pasien. Ditambah, penelitian tersebut juga belum tentu efektif untuk ginjal berbagai pasien lainnya. Selain itu, percobaan hanya dilakukan dengan menggunakan satu model roller coaster bernama Big Thunder Mountain dan belum tentu cocok jika dilakukan di roller coaster lain.

Batu ginjal sendiri adalah mineral dan asam garam berukuran kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal dapat menyebabkan banyak gangguan pada bagian saluran kemih. Meski penyakit ini tidak menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh, namun rasa sakit yang berlebihan akan berakibat pada infeksi saluran kemih jika terus berlangsung untuk jangka waktu yang lama.

[Baca Juga: Solusi Atasi Batu Ginjal dengan ESWL]

Selama ini, perawatan batu ginjal dilakukan menggunakan teknik lithotripsy yakni dengan memecah batu ginjal. Namun, prosedur ini biasanya hanya dilakukan bagi penderita yang memiliki batu ginjal berukuran lebih besar dari 5 milimeter.


Read More

Artikel Lainnya

muatan sepeda motorOK3.jpg

Properti dan Solusi

9 Tips Bawa Barang dengan Sepeda Motor dari Yamaha Riding Academy

29 July 2021, 19:07

“Dalam berkendara, terkadang kita harus membawa barang dalam jumlah dan ukuran tertentu yang melebihi kapasitas bagasi. Namun, hal yang tidak boleh dilupakan oleh pengendara adalah faktor keamanan dan keselamatan berkendara."

t5.jpg

Kuliner

5 Tempat Nongkrong yang Hits di Tangerang

29 July 2021, 18:08

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat nongkrong di Tangerang yang hist dan bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu saat akhir pekan.

tatiloOK2.jpg

Kecantikan dan Fashion

Cakep! Perusahaan Siswa SMAN 3 Semarang Produksi Tas “Tatilo”

29 July 2021, 17:35

Para siswa tersebut tak hanya memproduksi tas saja, sebagai bentuk komitmen dan keseriusan untuk menjalankan usaha ini, siswa-siswi SMA 3 Semarang membentuk sebuah perusahaan yang diberi nama “Wignesa”.

cov.jpg

Bisnis

Ngopi Sambil Bermain Billiard di Kriwul Coffee and Pool

29 July 2021, 17:05

Lantai satu digunakan sebagai bar sekaligus kedai kopi. Sedangkan lantai dua digunakan sebagai bar dan juga tempat untuk bermain billiard.


Comments


Please Login to leave a comment.