Benarkah Menaiki Roller Coaster Bisa Mengatasi Penyakit Batu Ginjal

Kesehatan

Benarkah Menaiki Roller Coaster Bisa Mengatasi Penyakit Batu Ginjal?

Jika kalian memiliki riwayat penyakit batu ginjal, cobalah untuk menaiki wahana roller coaster. Yap, roller coaster yang sering kita lihat di wahana permainan. Sebab, melalui penelitian yang dilakukan para ahli dari Michigan State University, Amerika Serikat, terungkap bahwa penderita batu ginjal sangat disarankan untuk naik roller coaster demi mendapatkan kesembuhan.

[Baca Juga: Buah Ini Berkhasiat Hancurkan Batu Ginjal]

Lewat penelitian yang dipimpin oleh Profesor David Wartinger, diketahui dengan rajin naik roller coaster secara berkala, maka tubuh akan secara alami mendorong batu ginjal keluar dari saluran kemih.

Benarkah Menaiki Roller Coaster Bisa Mengatasi Penyakit Batu Ginjal

Berawal dari laporan seseorang penderita batu ginjal yang mengaku sembuh ketika rutin menaiki roller coaster, akhirnya Profesor David Wartinger bersama timnya melakukan beberapa eksperimen. Ia pun membuat model cetakan 3D untuk menstimulasi ginjal pasien tertentu. Profesor David juga mengisi ginjal palsu ini dengan urin sebelum menempatkan batu ginjal asli di dalamnya. Setelah melakukan 20 kali percobaan menaiki roller coaster, para peneliti ini kemudian menganalisis pergerakan batu-batu ginjal . Hasilnya, 64 persen batu ginjal bisa keluar dengan sendirinya setelah model ginjal palsu ini dinaikkan pada roller coaster.

Untuk diketahui, penelitian ini mendapat penghargaan Ig Nobel Prize. Meski terkesan sederhana, hasil dari penelitian tentang manfaat roller coaster bisa menjadi solusi mudah bagi mereka yang memiliki masalah batu ginjal.

Belum Terbuki Efektif

Meski begitu, hasil penelitian yang diterbitkan lewat jurnal berjudul American Osteopathic Association belum tentu bisa diaplikasikan pada manusia. Hal itu dikarenakan, penelitian tersebut hanya menggunakan model 3D dari satu pasien. Ditambah, penelitian tersebut juga belum tentu efektif untuk ginjal berbagai pasien lainnya. Selain itu, percobaan hanya dilakukan dengan menggunakan satu model roller coaster bernama Big Thunder Mountain dan belum tentu cocok jika dilakukan di roller coaster lain.

Batu ginjal sendiri adalah mineral dan asam garam berukuran kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal dapat menyebabkan banyak gangguan pada bagian saluran kemih. Meski penyakit ini tidak menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh, namun rasa sakit yang berlebihan akan berakibat pada infeksi saluran kemih jika terus berlangsung untuk jangka waktu yang lama.

[Baca Juga: Solusi Atasi Batu Ginjal dengan ESWL]

Selama ini, perawatan batu ginjal dilakukan menggunakan teknik lithotripsy yakni dengan memecah batu ginjal. Namun, prosedur ini biasanya hanya dilakukan bagi penderita yang memiliki batu ginjal berukuran lebih besar dari 5 milimeter.

Read More

Artikel Lainnya

Vaksinasi COVID-19 Perdana untuk Nakes di Kota Tangerang Resmi Digelar .jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 Perdana untuk Nakes di Kota Tangerang Resmi Digelar

25 January 2021, 13:52

Pada akhir pekan kemarin proses penyuntikan vaksin COVID-19 perdana kepada para nakes mulai digelar.

Pemkot Jakarta Pusat Genjot Penataan Kolong Jembatan Pegangsaan.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Pusat Genjot Penataan Kolong Jembatan Pegangsaan

25 January 2021, 12:45

Sejak awal bulan ini, Pemkot Jakarta Pusat terus melakukan penataan terhadap kolong Hembatan Pegangsaan yang sempat viral usai dikunjungi Mensos Risma.

Ada Banyak Cara untuk Melancarkan Bahasa Inggris

Pendidikan

Ada Banyak Cara untuk Melancarkan Bahasa Inggris

24 January 2021, 19:04

Pernahkah Anda merasa tidak lancar berbahasa Inggris meskipun sudah belajar bertahun-tahun? Lalu bagiamana, sih, supaya fasih?

Krim Mata Terbaik Menurut Dermatolog

Kecantikan dan Fashion

Pilihan Krim Mata Terbaik Menurut Dermatolog

24 January 2021, 15:07

Cek apakah krim mata yang Anda pakai mengandung bahan-bahan yang direkomendasikan dermatolog berikut. Jika iya, krim itu mampu meminimalkan garis halus dan kerutan.


Comments


Please Login to leave a comment.