Benarkah Menaiki Roller Coaster Bisa Mengatasi Penyakit Batu Ginjal

Kesehatan

Benarkah Menaiki Roller Coaster Bisa Mengatasi Penyakit Batu Ginjal?

Jika kalian memiliki riwayat penyakit batu ginjal, cobalah untuk menaiki wahana roller coaster. Yap, roller coaster yang sering kita lihat di wahana permainan. Sebab, melalui penelitian yang dilakukan para ahli dari Michigan State University, Amerika Serikat, terungkap bahwa penderita batu ginjal sangat disarankan untuk naik roller coaster demi mendapatkan kesembuhan.

[Baca Juga: Buah Ini Berkhasiat Hancurkan Batu Ginjal]

Lewat penelitian yang dipimpin oleh Profesor David Wartinger, diketahui dengan rajin naik roller coaster secara berkala, maka tubuh akan secara alami mendorong batu ginjal keluar dari saluran kemih.

Benarkah Menaiki Roller Coaster Bisa Mengatasi Penyakit Batu Ginjal

Berawal dari laporan seseorang penderita batu ginjal yang mengaku sembuh ketika rutin menaiki roller coaster, akhirnya Profesor David Wartinger bersama timnya melakukan beberapa eksperimen. Ia pun membuat model cetakan 3D untuk menstimulasi ginjal pasien tertentu. Profesor David juga mengisi ginjal palsu ini dengan urin sebelum menempatkan batu ginjal asli di dalamnya. Setelah melakukan 20 kali percobaan menaiki roller coaster, para peneliti ini kemudian menganalisis pergerakan batu-batu ginjal . Hasilnya, 64 persen batu ginjal bisa keluar dengan sendirinya setelah model ginjal palsu ini dinaikkan pada roller coaster.

Untuk diketahui, penelitian ini mendapat penghargaan Ig Nobel Prize. Meski terkesan sederhana, hasil dari penelitian tentang manfaat roller coaster bisa menjadi solusi mudah bagi mereka yang memiliki masalah batu ginjal.

Belum Terbuki Efektif

Meski begitu, hasil penelitian yang diterbitkan lewat jurnal berjudul American Osteopathic Association belum tentu bisa diaplikasikan pada manusia. Hal itu dikarenakan, penelitian tersebut hanya menggunakan model 3D dari satu pasien. Ditambah, penelitian tersebut juga belum tentu efektif untuk ginjal berbagai pasien lainnya. Selain itu, percobaan hanya dilakukan dengan menggunakan satu model roller coaster bernama Big Thunder Mountain dan belum tentu cocok jika dilakukan di roller coaster lain.

Batu ginjal sendiri adalah mineral dan asam garam berukuran kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal dapat menyebabkan banyak gangguan pada bagian saluran kemih. Meski penyakit ini tidak menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh, namun rasa sakit yang berlebihan akan berakibat pada infeksi saluran kemih jika terus berlangsung untuk jangka waktu yang lama.

[Baca Juga: Solusi Atasi Batu Ginjal dengan ESWL]

Selama ini, perawatan batu ginjal dilakukan menggunakan teknik lithotripsy yakni dengan memecah batu ginjal. Namun, prosedur ini biasanya hanya dilakukan bagi penderita yang memiliki batu ginjal berukuran lebih besar dari 5 milimeter.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi Menjadi Berkah, Guru-guru Gokil Jadi Bisa Ditonton di 190 Negara

Hobi dan Hiburan

Pandemi Menjadi Berkah, Guru-guru Gokil Jadi Bisa Ditonton di 190 Negara

15 July 2020, 20:00

Tidak bisa tayang di bioskop membuat film Guru-guru Gokil yang diproduseri Dian Sastrowardoyo mendapatkan kesempatan penayangan global sebagai Film Netflix Original.

Setengah Tahun Ini Lagu Penutup Album Menari dengan Bayangan Rilis Kala Pandemi

Hobi dan Hiburan

Hindia Tuntaskan Album Menari dengan Bayangan dengan Lagu Setengah Tahun Ini

15 July 2020, 19:00

Tentunya lagu yang diciptakan kala pandemi ini bercerita tetang setengah tahun awal dari 2020 di mata seorang Baskara Putra. Lagu penutup album pertama Hindia ini merangkum semuanya.

rapid test lion air.jpg

Bisnis

Kemudahan Layanan Rapid Test COVID-19 Lion Air Group Jangkau Semarang dan Kendal

15 July 2020, 18:00

Layanan Lion Air Group ini menawarkan kemudahan bagi penumpang dalam mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara.

PEN_UMKM_Bogor_1.jpg

Bisnis

Bank Mandiri Siapkan Dana Sebesar Rp3,5 Miliar Guna Pelaku UMKM di Bogor

15 July 2020, 17:00

Bank Mandiri telah menyiapkan rencana penyaluran dana kredit produktif kepada sepuluh debitur UMKM di wilayah Bogor.


Comments


Please Login to leave a comment.