Benarkah Perempuan Pemiliki Umur yang Lebih Panjang Dibanding Laki-laki

Kesehatan

Benarkah Perempuan Umurnya Lebih Panjang Dibanding Laki-laki?

Umur manusia sudah pasti menjadi kehendak yang maha kuasa. Kita sebagai manusia tidak bisa menerka berapa lama manusia hidup di dunia. Meski begitu lewat berbagai metode survei, Angka Harapan Hidup (AHH) bisa diprediksi. Indonesia sendiri memiliki Badan Pusat Statistik (BPS) yang setiap tahunnya melakukan sensus penduduk.

[Baca Juga: Perempuan Berdaya Melalui Program Warrior Woman Avrist]

Lewat survei yang dilakukan BPS diketahui bahwa AHH di Indonesia pada 2018 mencapai 71 tahun. Hal itu berarti bayi yang baru lahir diperkirakan akan dapat bertahan hidup hingga usia 71. Sementara itu, jika dilihat dari jenis kelamin, ternyata perempuan cenderung memiliki umur yang lebih lama dibanding laki-laki. AHH perempuan bisa mencapai 73 tahun sedangkan laki-laki hanya mencapai 69 tahun. Namun apakah benar, usia perempuan lebih lama dibanding laki-laki? Kalaupun iya, mengapa bisa begitu?

Laki-laki Rentan Terkena Penyakit

Salah satu hal yang membuat lelaki lebih rentan terkena penyakit bisa dilihat dari segi genetik. Secara kromosom, laki-laki memiliki kromosom XY sementara perempuan XX. Jika salah satu kromosom X pada perempuan rusak, maka masih ada penggantinya. Sementara laki-laki hanya memiliki satu kromosom X yang berarti jika rusak atau terkena penyakit maka akan sulit disembuhkan. Selain itu, kebanyakan laki-laki bekerja di luar. Hal itu juga membuat laki-laki rentan terkena penyakit.

Benarkah Perempuan Pemilik Umur yang Lebih Panjang Dibanding Laki-laki

Perbedaan Hormon

Seiring berjalannya waktu, manusia terus tumbuh dikarenakan perubahan hormon dalam tubuhnya. Bagi laki-laki, hormon testosteron telah mengubah tubuh yang sebelumnya kecil menjadi lebih besar dan kuat. Selain itu juga mengubah suara menjadi lebih dalam. Para ahli mengatakan seiring dengan lonjakan hormon testosteron dalam tubuh, laki-laki lebih ingin memacu adrenalinnya. Mereka pun biasanya melampiaskan dengan cara berkelahi, memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi dan juga berbagai macam aktivitas yang membahayakan jiwanya.

Sementara itu, hormon estrogen pada perempuan bisa berfungsi sebagai "antioksidan" yang mampu menghilangkan unsur kimia beracun penyebab stres sel. Estrogen juga mampu mengusir kolesterol jahat yang memungkinkan untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

[Baca Juga: Cinderella Kompleks dan Ketergantungan Perempuan pada Laki-laki]

Meski memiliki umur yang panjang, bukan berarti mereka aman dari serangan penyakit, terutama jelang akhir kehidupan. Profesor Steven N. Austad dan peneliti Kathleen E. Fischer dari University of Alabama lewat jurnalnya yang dipublikasikan di Biomedika Cell Press mengatakan, di masyarakat Barat, perempuan lebih sering mendatangi dokter, memakan obat dan tidak bekerja karena alasan kesehatan, di samping lebih lama di rumah sakit dibandingkan laki-laki.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.