Benarkah Rumah Terlalu Bersih Tingkatkan Risiko Leukimia pada Anak

Kesehatan

Benarkah Rumah Terlalu Bersih Tingkatkan Risiko Leukimia pada Anak?

Setiap orang pasti mendambakan hunian yang bersih dan nyaman. Selain membuat betah penghuninya, lingkungan yang bersih tentunya tidak membuat khawatir timbulnya penyakit yang disebabkan debu.

Meski begitu, ternyata beberapa peneliti di Inggris menemukan fakta menarik dari lingkungan yang terlalu bersih. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa rumah yang terlalu bersih malah dapat meningkatkan risiko leukemia pada anak di kemudian hari. Terutama bagi anak berusia 0-4 tahun.

[Baca Juga: Membersihkan Rumah Bersama Anak itu Menyenangkan]

Mengutip dari CNN, lewat studi yang diterbitkan pada tahun 2018 di jurnal Nature Reviews Cancer menemukan bahwa anak akan rentan terkena Leukemia Limfoblastik Akut (LLA) akibat lingkungan yang terlalu bersih di tahun pertama kehidupan dan tak banyak berinteraksi dengan bayi atau manusia lain.

Untuk diketahui, Leukimia Limfoblastik Akut adalah penyakit yang menyebabkan sumsum tulang menghasilkan jumlah limfosit atau jenis sel darah putih yang berlebihan. Meski jumlahnya banyak, sel yang terbentuk tidak berfungsi dengan normal.

Benarkah Rumah Terlalu Bersih Tingkatkan Risiko Leukimia pada Anak

Mel Greaves, profesor di The Institute of Cancer Research, Inggris, melalui laporannya mengungkapkan bahwa rumah yang terlalu bersih dapat meningkatkan risiko leukemia karena sistem kekebalan anak tidak pernah terpapar kuman seperti anak-anak pada umumnya.

Meski jika berlebihan kuman dapat menyebabkan penyakit, namun untuk di tahun-tahun pertama kehidupan,kuman dapat melatih sistem imun anak. Jika anak tidak pernah terkena kuman bahkan untuk ukuran kuman yang paling umum sekalipun, maka hal itu dapat memicu respons imun yang tidak normal, termasuk meningkatnya produksi sel darah putih secara berlebihan dan menyebabkan penyakit Leukimia.

Untuk itu, orangtua tidak perlu cemas ketika anaknya berinteraksi dengan anak-anak lain atau pun bermain dengan berbagai hal di sekitarnya. Sebab hal tersebut dapat membantu si kecil menghadapi infeksi dengan wajar.

Meski begitu, para orangtua juga tetap harus menjaga paparan kuman agar tidak berlebihan. Pastikan anak selalu mencuci tangan dan mendapatkan imunisasi lengkap agar terlindung dari penyakit infeksi lain yang berbahaya seperti Diare.

[Baca Juga: Trik Membersihkan Rumah Bagi Penderita Alergi]

Perlu diketahui juga, studi yang dilakukan Greaves pun masih memerlukan kajian lebih lanjut dan baru dapat diterapkan pada LLA. Leukemia myeloid dan leukemia yang bersifat kronis tentu memiliki penyebab serta faktor risiko yang berbeda.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.