Benarkah Tempe Termasuk Makanan Sehat Ini Manfaatnya

Kesehatan

Benarkah Tempe Termasuk Makanan Sehat? Ini Manfaatnya

Tempe merupakan makanan yang dihasilkan dari fermentasi biji kedelai dan campuran bahan lain. tempe kaya akan serat, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Kandungannya yang kaya dan beragam ini membuat tempe jadi salah satu hidangan sehat. Bahkan tempe, sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang diet.

Tempe merupakanan makanan yang tak asing di Indonesia, bahkan jadi makanan dari berbagai kalangan. Orang yang tidak mengonsumsi daging atau vegetarian bahkan menjadikan tempe sebagai pengganti daging. Uniknya, tempe yang kini sudah go international menjadi bahan penelitian di beberapa negara seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat.

Para peneliti inigin mengembangkan Rhizopus, jamur yang lebih cepat dan menghasilkan tempe yang berkualitas tinggi. Sungguh membanggakan bukan makanan yang diduga berasal dari Indonesia ini?

[Baca Juga: Workshop Tempe Inovatif, Kenali Lebih Jauh Makanan Asli Indonesia]

Kini, Anda tak perlu pikir panjang jika ingin mengonsumsi tempe mengingat manfaatnya yang sangat beragam. Dilansir dari healthline.com (30/4/2019) inilah manfaat tempe yang bagus untuk kesehatan tubuh.

1. Tempe Mengandung Prebiotik

Proses fermentasi membuat gula pecah, hal ini dilakukan oleh bakteri dan ragi yang ada di dalam tempe. Melalui proses ini, asam fitat yang ada dalam kedelai pecah dan membantu meningkatkan pencernaan dan penyerapan. Makanan fementasi yang tidak melewati proses pasteurisasi berpotensi mengandung probiotik, sehingga memiliki bakteri yang bermanfaat untuk kesehatan.

Tempe kaya akan serat dan prebiotik yang mampu mempromosikan pertumbuhan bakteri yang menguntungkan sistem pencernaan. Sebuah penelitian juga membuktikan, jika tempe dapat meningkatkan pembentukan asam lemak di usus besar.

2. Tempe Kaya akan Protein

Tempe memiliki protein yang jumlahnya sangat tinggi. 166 gram tempe mengandung 31 gram protein di dalamnya. Beberapa penelitian membuktikan diet yang mengandalkan makanan dengan protein tinggi dapat membuat metabolism meningkat dan membantu tubuh untuk membakar banyak kalori setelah makan.

Karena jumlah proteinnya cukup tinggi, tempe juga bisa membuat rasa kenyang diperut bertahan lama sehingga Anda tak muda merasa lapar. Sebuah penelitian juga menyebutkan protein dari kacang kedelai ini mirip dengan protein daging hewan.

3. Tempe Dapat Mengurangi Kadar Kolesterol

Tempe secara tradisional terbuat dari kacang kedelai yang merupakan sumber isoflavon alami. Kandungan tersebut memiliki kaitan dengan penurunan kadar kolesterol. Dibandingkan dengan protein hewani, protein dari kacang kedelai mempu lebih cepat menunrunkan kadar kolesterol. Tempe juga secara efektif mampu memberikan perlindungan pada hati dan mampu membalikkan kerusakan sel-sel hati.

[Baca Juga: Garam Ini Aman untuk Penderita Hipertensi]

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Studi menunjukkan bahwa isoflavon kacang kedelai yang menjadi bahan utama tempe juga memiliki sifat antioksidan dan dapat mengurangi stres. Antioksidan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Akumulasi radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh bisa mengakibatkan banyak penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung dan kanker.

Studi lain telah menemukan bahwa suplemen dengan isoflavon yang didapatkan dari kedelai mungkin memiliki efek yang baik untuk penyakit yang diakibatka oleh stres. Penelitian dari 6.000 rumah tangga di Jepang menemukan bahwa asupan produk kedelai ada kaitannya dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker lambung. Hal itu membuat tempe lebih bermanfaat dibanding produk kedelai lainnya.

5 Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tempe merupakan sumber kalsium yang baik. Mineral yang ada dalam tempe berfungsi menjaga tulang tetap kuat dan padat. Tempe juga bisa jadi alternatif asupan kalsium harian Anda yang bagus untuk mencegah perkembangan osteoporosis, suatu kondisi yang berhubungan dengan keropos tulang.

Sebuah penelitian menunjukkan, meningkatkan asupan kalsium dapat membantu memperbaiki pertumbuhan dan kepadatan tulang pada anak-anak dan remaja. Meskipun produk susu adalah sumber kalsium yang paling umum, penelitian menunjukkan bahwa kalsium dalam tempe juga mirip dengan kalsium dalam susu. Sehingga tempe bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda yang mencari sumber kalsium.

[Baca Juga: Stok Beras Warga Jakarta Aman Hingga Lebaran]

Itulah manfaat kesehatan tempe untuk tubuh, tak ada alasan lagi untuk mengonsumsi makanan sehat. karena tempe mudah ditemukan serta harganya lebih murah.

Read More

Artikel Lainnya

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

Properti dan Solusi

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

30 September 2020, 16:07

Memilih palet warna monokromatik berarti berkomitmen pada satu warna, tentu saja, tetapi penggemar warna sejati tidak akan menghindar tantangan itu.

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik Ini 3 Tendensi Penentunya

Kesehatan

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik? Ini 3 Tendensi Penentunya

30 September 2020, 15:03

Mengartikan tingkat narsistik "normal" itu rumit, tetapi tiga tendensi penentu berikut dapat lebih memperjelas apa masalah yang Anda hadapi.

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok .jpg

Berita Kawasan

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok

30 September 2020, 13:05

Mulai pekan depan Gubernur Jawa Barat akan berkantor di Kota Depok untuk langsung mengawasi penangangan COVID-19 di wilayah Bodebek.


Comments


Please Login to leave a comment.