Benarkan Baju Putih Lebih Sejuk untuk Dikenakan di Cuaca Panas

Kecantikan dan Fashion

Benarkan Baju Putih Lebih Sejuk untuk Dikenakan di Cuaca Panas?

Beberapa bulan belakangan ini, mungkin Anda merasa terlalu panas untuk beraktivitas di luar ruangan. Pakaian putih mungkin menjadi pilihan Anda untuk menghadapi cuaca musim kemarau ini. Mengapa? Sebagian orang memilih busana putih karena percaya akan pengetahuan umum yang mengatakan warna memantulkan sinar matahari. Namun, apakah pendapat tersebut benar? Dan jika itu hanya mitos, adakah busana yang lain yang bisa Anda kenakan agar tidak meleleh di pinggir jalan?

Untuk mengetahui apakah pakaian putih benar-benar merupakan jawaban untuk menangkal panas, PingPoint.co.id merangkumkan jawaban seorang fisikawan yang diwawancara di realsimple.com (6/10/2019). Profesor Fisika di Southeastern Louisiana University, Amerika Serikat Rhett Allain, PhD. yang juga penulis majalah Wired, Dot Physics, membantu menjelaskan dari mana munculnya teori 'pakai putih di cuaca panas' ini.

Benarkan Baju Putih Lebih Sejuk untuk Dikenakan di Cuaca Panas

"Biasanya, saya akan mengatakan busana putih akan membuat Anda lebih sejuk," kata Allain. “Ini eksperimen sederhana untuk dicoba: Ambil satu kertas putih dan hitam dan letakkan di bawah sinar matahari. Tunggu mungkin lima menit, lalu angkat kertas dan pegang di pipi Anda (pipi lebih sensitif terhadap suhu daripada tangan). Saya kira kertas hitam akan terasa lebih panas," tambah Allain. Allain menjelaskan, cahaya putih adalah kombinasi dari semua warna, sedangkan cahaya hitam bukanlah warna. Itu berarti kertas putih memantulkan semua cahaya dan kertas hitam menyerapnya dan menjadi lebih panas.

[Baca Juga: Tips Agar Kulit Tak Menghitam Saat Bersepeda Ala WCC Nusantara]

Cukup mudah bukan? Tetapi beberapa penelitian menunjukkan pakaian gelap atau hitam mungkin menjadi jawaban untuk tetap dingin di panas. Misalnya, penelitian yang diterbitkan pada tahun 1980 menganalisis mengapa suku pengembara di Jazirah Arab, Badawi atau Bedouin, memilih mengenakan pakaian hitam untuk bertahan dari panasnya gurun Sinai.

Secara teori, "Ketika tubuh Anda menjadi panas, ia memancarkan energi (dalam spektrum inframerah)," kata Allain. Jika Anda mengenakan pakaian putih, radiasi tubuh ini dipantulkan kembali ke tubuh Anda dan bahkan memanaskan Anda lebih tinggi, sementara pakaian hitam tidak akan memantulkan radiasi tubuh ini.

Tetapi Allain tidak benar-benar mempercayai teori ini, dan percobaa di atas menyimpulkan sebaliknya. Selain itu, "Jumlah panas yang diperoleh oleh orang Badawi yang terpapar panas di padang pasir adalah sama meskipun mengenakan jubah hitam atau putih," ujarnya. Dia bertanya-tanya, karena tubuh Anda tidak memancarkan cahaya normal, tetapi cahaya inframerah, apakah pakaian putih masih memantulkan dan pakaian hitam masih menyerap inframerah?

Sederhana dan Kompleks

Jawaban untuk pertanyaan apakah memakai putih atau tidak untuk kontrol suhu optimal adalah sederhana dan kompleks: semua tergantung. Misalnya, bagaimana jika Anda mengenakan kemeja putih yang sangat ketat dan tebal? Pada titik itu, tubuh Anda tidak akan mengeluarkan energi melalui radiasi, tetapi melalui konduksi termal (karena tubuh Anda menyentuh kain). Dalam hal ini, kemeja gelap yang lebih longgar dan lebih tipis mungkin lebih dingin daripada yang putih tebal.

Menurut Allain, bagaimana kondisi seseorang dalam cuaca panas tergantung pada banyak hal:

  • Warna pakaian mereka
  • Apakah pakaian mereka ketat atau longgar
  • Seberapa ringan atau tebal kainnya
  • Apakah ada angin, matahari, atau bayangan

[Baca Juga: Masalah Kulit yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Kemarau]

Lalu, bagaimana kesimpulannya, sebaiknya apa yang harus dikenakan? Jika cuaca panas di musim kemarau, sebaiknya kenakan apa yang paling nyaman bagi Anda. Jika masih ragu memilihnya, selalu utamakan kain ringan yang mudah menyerap keringat dan memungkinkan kulit Anda "bernapas", seperti bahan katun atau linen. Untuk warna tidak melulu hitam atau putih, tapi cobalah warna yang lebih cerah.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.