Benda Warisan Kerajaan Pakuan Padjajaran Akan Dipamerkan

Berita Kawasan

Benda Warisan Kerajaan Pakuan Padjajaran Akan Dipamerkan

Meski terhitung masih 4 bulan lagi, tapi beragam acara telah dipersiapkan guna memeriahkan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-538 yang jatuh setiap tanggal 3 Juni. Salah satunya adalah Pameran Bogor Kota Pusaka Warisan Budaya Bangsa yang digagas Yayasan Palataran Pakujajar Sipatahunan (YPPS).

[Baca Juga: Pemkot Bogor Mendapat Lampu Hijau untuk Naturalisasi Ciliwung]

Pameran tersebut rencananya akan digelar selama 12 hari mulai tanggal 3 sampai dengan 14 Juni 2020 di Kantor YPPS di Jalan Loader, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Sesuai dengan judul pameran, yakni Bogor Kota Pusaka Warisan Budaya Bangsa, YPPS akan memamerkan koleksi barang khas sejarah Pakuan Pajajaran yang usianya sudah ratusan tahun.

Beberapa barang yang akan dipamerkan diantaranya peralatan pertanian, peralatan masak Sunda, batik, lukisan, benda pusaka seperti Kujang, Keris Pajajaran, Gobang (Pedang) dan masih banyak lagi.

Benda Warisan Kerajaan Pakuan Padjajaran Akan Dipamerkan

Untuk menghadirkan semua koleksi barang antik tersebut, YPPS pun bekerjasama dengan kolektor benda pusaka Ki Iman Sobar Cipaku. selain itu, acara ini juga tidak dipungut biaya alias gratis.

"Pameran kami buka secara free dan bebas untuk umum dengan target 200 pengunjung perhari. Kami kerja sama juga sama Disdik untuk anak anak sekolah ke sini, karena tujuan pameran kami untuk mengedukasi generasi muda yang merupakan bagian dari Pusaka Bogor sebagai penerus perjuangan bangsa ini," kata Derry selaku penggagas acara.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Sambut Gelaran Bogor Street Festival CGM 2020]

Sementara itu, sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, Pemerintah Kota Bogor mendukung Seminar dan Pameran yang digelar YPPS untuk peringatan HJB.

Ia meminta agar kegiatan seminar dan pameran harus mampu merubah pandangan, sikap hidup para peserta dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu atau dari yang tidak suka menjadi suka sehingga muncul rasa ingin memiliki dan tanggung jawab melestarikan budaya Sunda.

Ade Sarip juga akan menunjuk beberapa dinas untuk terlibat dan mengawal kegiatan ini seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Dinas Pendidikan (Disdik), BUMD dan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menyukseskan gelaran tersebut.

"Saya minta ASN bantu promosi kegiatan ini bisa sukses, lancar dan jadi tempat belajar masyarakat tahu tentang sejarah Bogor," katanya.

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 1 year, 1 month lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game dupa88,net guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88,net ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>