Bengkel KepalaOK.jpg

Bisnis

‘Bengkel Kepala’ Kampung Bustaman, Selalu Kebanjiran Order Tiap Iduladha

Kampung Bustaman memiliki kesibukannya sendiri saat perayaan Iduladha setiap tahunnya. Aktivitas ini telah menjadi rutinitas dan kegiatan musiman yang dilakukan setahun sekali setiap perayaan Iduladha. Warga setempat menamakan aktivitas ini dengan sebutan “Bengkel Kepala” Kampung Bustaman. Terdengar mengerikan memang, namun bengkel kepala ini bukan diperuntukkan bagi manusia tapi hanya untuk kepala hewan-hewan kurban seperti kambing atau sapi.

Berlokasi di sebuah gang sempit di kawasan Jalan MT Haryono, kampung Bustaman Kota Semarang, puluhan warga tampak membersihkan kepala-kepala hewan kurban dengan tangan-tangan cekatan mereka. Momen hari raya Iduladha ini memang menjadi sumber rejeki bagi warga kampung Bustaman Semarang, bagaimana tidak jika setiap momen Lebaran Kurban mereka selalu kebanjiran order menguliti dan membersihkan kepala hewan-hewan kurban. Dan biasanya kesibukan ini berlangsung hingga hari ke tiga Iduladha.

Bengkel KepalaOK2.jpg

Terdapat bermacam paket pembersihan kepala hewan kurban yang ditawarkan “Bengkel Kepala” kepada konsumennya diantaranya pembersihan bulu, memisahkan daging, hingga pemotongan tulang kepala menjadi bagian kecil-kecil. Salah seorang pelaku jasa Bengkel Kepala mengatakan bahwa usahanya ini dilakukan turun-temurun dari orang tuanya. Tak hanya sendiri, biasanya ia dibantu oleh beberapa orang lainnya yang memiliki porsi kerja masing-masing. “Ini anggotanya juga masih bagian dari keluarga sendiri,” ujar Sri.

Sri mengatakan sebelum pandemi COVID-19 ini, tim Bengkel Kepala miliknya mampu melayani pembersihan kepala dengan jumlah total 30 kepala dalam satu hari. Namun pada Iduladha tahun ini, jumlah kepala hewan yang diterimanya hanya 50 persen. “Sampai siang ini, baru 15 kepala. Semoga bisa bertambah lagi nanti. Biasanya kami akan membuka bengkel kepala, hingga hari ketiga Iduladha,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (20/7/2021).

Harga yang diberikan untuk penggunaan jasa Bengkel Kepala ini beragam, semua tergantung jenis kepala hewan kurbannya. Biaya jasa pembersihan kepala kambing berikut empat kakinya dipatok dengan harga Rp50.000 sedangkan untuk pembersihan kepala sapi berikut empat kakinya dihargai Rp300.000. “Kepala sapi lebih mahal karena lumayan sulit, apalagi saat memotong-motong. Lebih mudah kambing, karena berukuran lebih kecil,” tambah Sri.

Bengkel KepalaOK3.jpg

Pengguna jasa Bengkel Kepala mempercayakan pembersihan kepala hewan kurbannya karena warga kampung Bustaman terkenal terampil dan cepat dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Warga Bustaman biasanya secara berkelompok memproses dan menguliti hewan kurban mulai dari proses merebus kepala sebelum dibersihkan bulunya, hingga memotong tulang untuk memilih daging yang ada di kepala. Dengan adanya jasa ini, pelanggan merasa dimudahkan karena mereka tidak perlu repot-repot mengerjakannya sendiri dan hasil kepala yang telah dibersihkan bisa langsung dimasak.


Read More

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.