Bentuk Karakter Anak dengan 4 Sifat Rasulullah

Pendidikan

Bentuk Karakter Anak dengan 4 Sifat Rasulullah

Setiap orangtua tentu menginginkan buah hatinya memiliki perilaku yang baik dan terpuji. Oleh karena itu, tidak sedikit para orangtua yang berusaha mendidik anak dengan memberikan contoh perilaku Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Sikap terpuji Rasulullah SAW sangat banyak. Bahkan setiap perilakunya sehari-hari memiliki suri teladan yang mesti dicontoh. Perkataan dan perbuatan Rasulullah merupakan budi pekerti yang baik.

Mengutip Sahabat Keluarga Kemendikbud (11/7/2019), di antara sifat terpuji Rasulullah, ada empat sifat yang mesti diajarkan kepada anak-anak sejak dini.

[Baca Juga: Bangun Karakter Anak Sejak Dini Melalui Reward dan Diskusi]

Shiddiq (Jujur)

Jujur adalah sikap menyatakan sesuatu sesuai dengan fakta. Namun bukan hanya perkataan, tapi juga perbuatannya benar. Kejujuran Rasulullah SAW sangat terkenal, tidak hanya diakui teman dekatnya, bahkan diakui musuhnya.

Ali r.a meriwayatkan bahwa Abu Jahal berkata kepada Rasulullah SAW, “Kami tidak mengatakan engkau dusta. Namun, kami menganggap dusta ajaran yang engkau bawa.”

Amanah (Dapat Dipercaya)

Amanah merupakan sikap yang dapat dipercaya. Apabila suatu urusan dipercayakan kepadanya maka akan dilaksanakan urusan tersebut dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana Rasulullah SAW diberikan amanah untuk menyampaikan ajaran Islam kepada umat manusia melaksanakan tugas itu dengan sebaik-baiknya mesti nyawa, jiwa, raga menjadi taruhannya.

Ketika berjanji kepada teman, orangtua, saudara, bahkan kepada musuh sekalipun harus tetap menepati janji. Jika mengingkarinya berarti tidak dapat dipercaya.

[Baca Juga: Keunikan Sekolah Karakter di Depok Indonesia]

Tabligh (Menyampaikan)

Sifat tabligh berarti menyampaikan, yaitu sifat wajib Nabi menyampaikan seluruh ajaran yang diterima dari Allah SWT berupa wahyu kepada umat manusia agar menjadi pedoman hidup. Kewajiban mencontoh dan menerapkan salah satu sikap Rasulullah yaitu menyampaikan amanah yang didapat kepada orang yang berhak menerima dan tidak satupun yang tidak sampai ke tujuannya.

Fathonah (Cerdas)

Sifat fathonah merupakan sifat yang pasti dimiliki. Pahami betapa sulitnya tugas yang di emban Rasulullah SAW sehingga wajib memiliki sifat cerdas. Rasulullah SAW terkenal seorang yang cerdas dan pandai, serta sangat arif dan bijaksana. Dalam mengambil keputusan didasari dengan pertimbangan dan pemikiran matang.

Tugas orangtua sebagai pendidik harus mengkondisikan agar anak rajin belajar agar menjadi anak cerdas dan pandai, termasuk didalamnya mendampingi dan memfasilitasi berbagai kebutuhan penunjang belajar.

Itulah empat sifat dari Rasulullah SAW yang perlu ditanamkan kepada anak-anak sejak dini. Dengan meneladani sifat Rasulullah SAW sejak dini, anak bisa terhindar dari pergaulan yang mengkhawatirkan orangtua.

Read More

Artikel Lainnya

Pengaruh Musik Metal Terhadap Kegalauan

Kesehatan

Pengaruh Musik Metal Terhadap Kegalauan

21 October 2019, 20:00  |  14 Views

Musik metal sering dianggap sebagai musik dengan konotasi yang negatif. Meski demikian, musik metal dipercaya dapat mengatasi masalah kegalauan.

5 Manfaat Jahe Ampuh Usir Penyakit Ini

Kesehatan

5 Manfaat Jahe Ampuh Usir Penyakit Ini

21 October 2019, 19:00  |  16 Views

Selain bermanfaat untuk menghangatkan badan, jahe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya.

Temui Diecast Langka dan Spesial di Gelaran The 6th IDE 2019

Berita Kawasan

Temui Diecast Langka dan Spesial di Gelaran The 6th IDE 2019

21 October 2019, 18:41  |  15 Views

Ajang tahunan ini bakal memberikan kesempatan bagi para diecaster untuk melihat dan memiliki diecast langka yang hanya tersedia di The 6th IDE 2019 saja.

Himavoperta IPB Menggelar Seminar Agripreneur

Pendidikan

Himavoperta IPB Menggelar Seminar Agripreneur

21 October 2019, 18:00  |  12 Views

Seminar ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan generasi milenial mengenai pengelolaan sektor pertanian di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.