GAMBAR_CIBUBUR_PENDIDIKAN_BENTUK KARAKTER ANAK DENGAN KURSUS MEMANAH_OCI_1000 X 600 px-01.jpg

Pendidikan

Bentuk Karakter Anak dengan Kursus Memanah

Olahraga panahan kini berkembang pesat di Indonesia. Olahraga yang merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW ini kini menjadi olahraga favorit baik untuk anak-anak hingga dewasa. Jika Anda warga Cibubur, kegiatan ini bisa diikuti setiap hari Sabtu dan Minggu di Family Park, dekat Kolam Renang Citra Gran Cibubur.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari olahraga panahan ini. Selain dari aspek kesehatan, spiritual, dan emosional. Panahan dapat menjadi arena hiburan sekaigus melatih pengendalian diri, melatih mental serta kepercayaan diri pada anak.

Defrizal Siregar dalam bukunya Membidik Karakter Hebat mengatakan ada empat karakter yang dapat dilatih dengan memanah, yaitu calm, focus, brave, dan win. Pada buku ini dijelaskan mengenai fase-fase perkembangan anak, hal-hal yang perlu diketahui dalam panahan hingga bagaimana menikmati dan mewujudkan keempat karakter itu.

[Baca Juga : Kursus Bahasa Inggris di Pondok Indah Mall 2 dan Sekitarnya]

Jika Anda berminat mengajak anak untuk kursus memanah, perlu diketahui beberapa hal yang dapat melancarkan proses pembelajaran. Busur yang pas dengan panjang dan tubuh anak, anak panah yang dipotong dengan panjang yang tepat, sangat menentukan akurasi latihan memanah. Begitupun dengan peralatan yang digunakan jika cocok, maka akan lebih nyaman menarget.

Peralatan Dasar

Peralatan memanah bukan hanya sekedar busur dan anak panah. Jika Anda kesulitan mencari busur dan anak panah yang tepat, pelajarilah jenis busur yang tepat untuk Anda dan luangkan waktu untuk memilih busur pertama yang Anda miliki dengan bantuan ahli.

Carilah artikel, riset, atau review dari berbagai pengalaman orang tentang pearalatan dasar ini agar memiliki gambaran dan referensi yang banyak. Busur tradisional umumnya memiliki aksesoris gear yang berbeda dengan busur majemuk. Hal ini akan terasa saat pelepasan dan sandaran.

Jika Anda berbelanja alat-alat memanah di toko khusus panahan. Biasanya para petugas atau pelayan toko akan membantu panjang imbang Anda sesuai tubuh dan menyesuaikan dengan ukuran busur yang akan dibeli.

Berdasarkan artikel dari indonesiamemanah.com, yang perlu Anda ketahui saat mempersiapkan anak untuk kursus memanah adalah panah harus cocok dengan busur. Panjangnya harus seimbang dengan tubuh anak agar keamanan terjaga saat berlatih.

Untuk mengawali latihan, sebetulnya tidak harus juga membeli peralatan baru. Jika ada barang yang masih bagus dan harganya masih cukup terjangkau, bisa digunakan. Anda juga bisa menyewa peralatan untuk menghemat.

Biasanya, saat bersemangat untuk berlatih memanah, kita akan berusaha memilih alat panahan yang terbaik dengan harga yang cukup terjangkau. Sebelum membeli alat yang mahal dan terkesan untuk profesional, pilihlah terlebih dahulu alat yang standar untuk latihan.

Di lain waktu, jika memang Anda sudah cukup konsisten latihan dan memerlukan banyak alat yang lebih, Anda bisa melakukan peningkatan kualitas untuk peralatan panahan yang dimiliki. Apalagi jika memang Anda menargetkan diri untuk mengikuti kompetisi atau berbagai pertandingan yang membutuhkan alat-alat terbaik.

Olahraga panahan identik dengan olahraga alat, sehingga tidak mungkin mendalaminya tanpa perlengkapan yang memadai. Berikut ada lima alat dan istilah yang perlu Anda ketahui sebelum belajar memanah.

1. Busur

Ada beberapa jenis busur panahan. Tiga yang terpopuler diantaranya adalah busur tradisional atau long bow yang tradisional, recurve yang standar, dan compound yang stabil dan bisa membidik tepat.

2. Anak Panah

Perlengkapan berikutnya adalah anak panah, yakni sebuah proyektil tajam yang digunakan untuk menembak dengan memakai busur. Bahan pembuat anak panah ada berbagai macam. Namun umumnya, untuk ukuran olahraga populer hari ini, anak panah yang terbuat bahan karbon diketahui lebih konsisten saat terbang dibanding bahan-bahan lain.

3. Finger Tab

Alat ini berfungsi melindungi tiga jari (jari telunjuk, tengah, dan jari manis) yang digunakan untuk menarik string atau tali busur.

4. Arm Guard, Chest Guard

Semacam bantalan yang melindungi lengan kiri (atau kanan) dan bagian dada dari string saat melakukan release.

5. Quiver dan Target Board

Tempat meletakkan anak panah, sehingga tidak tercecer sembarangan. Anda juga pastinya membutuhkan papan target untuk memanah.

[Baca Juga : Perhatikan 3 Hal ini Sebelum Memilih Sekolah Sepak Bola]

Dengan praktik langsung di lapangan, kita bisa lebih mengenal dan merasa dekat dengan alat-alat panah tersebut. Sebagaimana para pemanah profesional, dengan alat panahannya mereka seperti sudah menyatu dan menjadi bagian dari tubuhnya. Untuk lebih mengenali alat panahan, rutinlah berlatih di Family Park, dekat Kolam Renang Citra Gran Cibubur, tepatnya di Cluster Nusa Dua, Jalan Kompleks Nusa Dua Gran, Jatikarya, Jatisampurna.

Read More


Artikel Lainnya

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

Bisnis

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

20 June 2019, 10:00  |  11 Views

MMA sebentar lagi menggelar penghargaan Smarties, asosiasi ini mengajak pengusaha lokal di Indonesia untuk ikut dalam perhelatan tersebut.

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

Kesehatan

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

20 June 2019, 11:00  |  13 Views

Kanker masih jadi penyakit yang menyeramkan di Indonesia. Kenali kanke rotak lebih dalam agar bisa ditangani dengan tepat.

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

Berita Kawasan

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

20 June 2019, 09:00  |  9 Views

Kelas Berlari MILO merupakan wadah bagi para peserta khususnya pelari pemula untuk mempersiapkan diri mengikuti MILO Jakarta International 10K.

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Bekerjasama Memajukan Wilayah Jakarta Timur

Berita Kawasan

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Kerjasama Majukan Wilayah Jakarta Timur

20 June 2019, 12:00  |  4 Views

Pemkot Jaktim menerima audiensi PT. JIEP pada 17 Juni 2019. Kedua pihak membahas penataan kota demi bersama memajukan wilayah kota Jakarta Timur.


Comments


Please Login to leave a comment.