Beragam Aktivitas Produktif Bersama Anak Saat dirumahaja

Pendidikan

Beragam Aktivitas Produktif Bersama Anak Saat #dirumahaja

Untuk mengurangi risiko penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sudah sejak lama memindahkan kegiatan belajar mengajar di rumah, sehingga tak ada lagi kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kebijakan ini membuat para orangtua harus mengawasi dan menemani buah hatinya belajar dirumah sesuai materi yang diberikan oleh guru.

Namun bukan hanya itu, aktivitas anak di rumah kerap kali membuat orangtua bosan. Padahal ada beberapa kegiatan yang sebenarnya bisa dilakukan bersama anak ketika di rumah. Kegiatan tersebut bukan hanya belajar mempelajari sesuatu yang tak ada di buku pelajaran, tapi mengenai hal lain. Orangtua juga bisa memanfaatkan momen di rumah aja untuk menguatkan bonding dan meningkatkan ketangkasan serta kreativitas anak.

[Baca Juga: Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa]

Merangkum dari tips yang dibagikan Save The Children (8/4/2020) berikut beragam aktivitas yang bisa dilakukan orang tua di rumah bersama anak.

Beragam Aktivitas Produktif Bersama Anak Saat dirumahaja Membuat Agenda Bersama

1) Membuat Agenda Bersama

Membuat agenda dapat melatih anak untuk membuat kesepakatan, berjanji, atau berkomitmen terhadap sesuatu. Hal ini bisa Anda bangun dengan mengajak membuat agenda kegiatan harian, anak juga harus ambil andil dalam kegiatan ini untuk melatih dirinya mengatur waktu dan bertanggung jawab dengan apa yang telah ia tetapkan.

Beragam Aktivitas Produktif Bersama Anak Saat dirumahaja Bermain Koki Cilik

2) Bermain Koki Cilik

Jika waktunya memasak, jangan lupa ajak buah hati untuk berkontribusi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan memasak bisa menjadi sarana pembelajaran bagi anak dan orang tua. Anda bisa menstimulasi anak untuk mengetahui nama-nama bahan makanan dan mempelajari bahaya akan sesuatu. Anda juga bisa mengedukasi anak untuk mengetahui tentang makanan dan pola hidup sehat.

Beragam Aktivitas Produktif Bersama Anak Saat dirumahaja Menonton Film Bersama

3) Menonton Film Bersama

Belajar terus menerus memang membosankan, maka dari itu, Anda bisa meluangkan waktu untuk menonton film bersama anak. kegiatan ini bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk bersantai bersama, tapi juga untuk menceritakan apa yang buah hati suka dari film tersebut dan mengetahui nilai-nilai yang dapat diambil dari film yang baru saja ditonton.

Beragam Aktivitas Produktif Bersama Anak Saat dirumahaja Berburu Harta Karun

4) Berburu Harta Karun

Bermain dengan menggunakan handphone memang mudah dan cepat, namun jika Anda ingin melakukan permainan yang mengasah otak dan memerlukan waktu yang cukup lama, coba manfaatkan metode berburu harta karun. Buatlah hadiah menarik dan sembunyikan di suatu tempat, buat petunjuk-petunjuk yang mengarahkan anak mendapatkan hadiah yang ia inginkan.

[Baca Juga: Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah]

Itulah beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di rumah bersama anak-anak selain menemaninya belajar dan mengerjakan materi dari sekolah.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.