Beragam Aktivitas Produktif Bersama Anak Saat dirumahaja

Pendidikan

Beragam Aktivitas Produktif Bersama Anak Saat #dirumahaja

Untuk mengurangi risiko penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sudah sejak lama memindahkan kegiatan belajar mengajar di rumah, sehingga tak ada lagi kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kebijakan ini membuat para orangtua harus mengawasi dan menemani buah hatinya belajar dirumah sesuai materi yang diberikan oleh guru.

Namun bukan hanya itu, aktivitas anak di rumah kerap kali membuat orangtua bosan. Padahal ada beberapa kegiatan yang sebenarnya bisa dilakukan bersama anak ketika di rumah. Kegiatan tersebut bukan hanya belajar mempelajari sesuatu yang tak ada di buku pelajaran, tapi mengenai hal lain. Orangtua juga bisa memanfaatkan momen di rumah aja untuk menguatkan bonding dan meningkatkan ketangkasan serta kreativitas anak.

[Baca Juga: Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa]

Merangkum dari tips yang dibagikan Save The Children (8/4/2020) berikut beragam aktivitas yang bisa dilakukan orang tua di rumah bersama anak.

Beragam Aktivitas Produktif Bersama Anak Saat dirumahaja Membuat Agenda Bersama

1) Membuat Agenda Bersama

Membuat agenda dapat melatih anak untuk membuat kesepakatan, berjanji, atau berkomitmen terhadap sesuatu. Hal ini bisa Anda bangun dengan mengajak membuat agenda kegiatan harian, anak juga harus ambil andil dalam kegiatan ini untuk melatih dirinya mengatur waktu dan bertanggung jawab dengan apa yang telah ia tetapkan.

Beragam Aktivitas Produktif Bersama Anak Saat dirumahaja Bermain Koki Cilik

2) Bermain Koki Cilik

Jika waktunya memasak, jangan lupa ajak buah hati untuk berkontribusi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan memasak bisa menjadi sarana pembelajaran bagi anak dan orang tua. Anda bisa menstimulasi anak untuk mengetahui nama-nama bahan makanan dan mempelajari bahaya akan sesuatu. Anda juga bisa mengedukasi anak untuk mengetahui tentang makanan dan pola hidup sehat.

Beragam Aktivitas Produktif Bersama Anak Saat dirumahaja Menonton Film Bersama

3) Menonton Film Bersama

Belajar terus menerus memang membosankan, maka dari itu, Anda bisa meluangkan waktu untuk menonton film bersama anak. kegiatan ini bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk bersantai bersama, tapi juga untuk menceritakan apa yang buah hati suka dari film tersebut dan mengetahui nilai-nilai yang dapat diambil dari film yang baru saja ditonton.

Beragam Aktivitas Produktif Bersama Anak Saat dirumahaja Berburu Harta Karun

4) Berburu Harta Karun

Bermain dengan menggunakan handphone memang mudah dan cepat, namun jika Anda ingin melakukan permainan yang mengasah otak dan memerlukan waktu yang cukup lama, coba manfaatkan metode berburu harta karun. Buatlah hadiah menarik dan sembunyikan di suatu tempat, buat petunjuk-petunjuk yang mengarahkan anak mendapatkan hadiah yang ia inginkan.

[Baca Juga: Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah]

Itulah beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di rumah bersama anak-anak selain menemaninya belajar dan mengerjakan materi dari sekolah.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.