PURI_KAWASAN_BERAGAM PILIHAN TEMPAT REKREASI DI KEMBANGAN_IVAN_REVISI 01-01.jpg

Berita Kawasan

Beragam Pilihan Tempat Rekreasi di Kembangan

Khalayak umumnya tahu kalau Kembangan merupakan kawasan bisnis yang dipenuhi gedung perkantoran dan pusat niaga. Tetapi, tidak banyak yang tahu kalau kalau wilayah yang jadi pusat Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Barat ini juga punya beragam tempat rekreasi seru. Bahkan tak hanya mal atau pusat perbelanjaan, tapi Kembangan juga punya banyak tempat menarik yang bisa me-refresh badan serta pikiran. Hutan Kota Srengseng, Museum Seni Akili, hingga Kolam Renang Villa Meruya adalah beberapa di antaranya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar tempat rekreasi seru di kawasan Kembangan, Jakarta Barat.

  • Hutan Kota Srengseng

Kawasan Kembangan punya tempat yang bisa dikatakan masih alami, sehingga cocok untuk alternatif wisata alam. Tempat itu adalah Hutan Kota Srengseng. Lokasinya ada di Jalan Haji Kelik, Kelurahan Srengseng RT08/RW06, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Kalau dari halte TransJakarta Jalan Panjang, pengunjung hanya perlu jalan sekitar 300 meter untuk sampai ke lokasi. Bisa juga naik angkutan kota nomor 24 dan bus Kopaja jurusan Blok M-Meruya untuk bisa sampai ke hutan kota tersebut tersebut.

Hutan Kota Srengseng begitu teduh dan asri. Bahkan ketika siang hari di mana matahari sedang panas-panasnya, hutan kota ini tetap mampu memberi kesejukan. Itu karena ada sekitar 4.800 pohon dari 63 varietas berbeda yang “memayungi” kawasan hutan tersebut. Di sisi lain, banyaknya pepohonan membuat angin berhembus lebih kencang sehingga tempat itu terasa sejuk.

[Baca Juga : Mengintip Masjid Peninggalan Pangeran Jayakarta]

  • Museum Seni Akili

Museum yang ada di Mutiara Kedoya Blok A1-1 JKLM, Kelurahan Kembangan Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat ini didirikan pada tahun 2006. Fungsi awalnya adalah sebagai ruang pameran yang menghadirkan koleksi seni Rudy Akili, dengan kekayaan gaya dan pendekatan artistik. Namun kini, museum tersebut mengakomodasi koleksi seniman muda avant-garde asal Indonesia yang bergabung dengan jajaran seniman terkemuka di dunia. Konsep baru ini memiliki visi menciptakan rangkaian koleksi yang beragam, sekaligus saling terhubung satu sama lain.

Di tempat inilah platform eklektik dari gaya klasik, realis, eksperimental, dan konseptual bertemu dalam berbagai bentuk dan media--mulai dari lukisan, gambar, patung, fotografi, dan media baru. Terlebih, koleksi seni Museum Akili secara signifikan menyajikan perkembangan seni kontemporer di Indonesia, menggambarkan ruang yang dinamis, dan menampilkan inovasi serta “gerakan” yang sedang berlangsung dalam sejarah seni rupa Indonesia. Hal-hal tersebut membuat Museum Seni Akali jadi tempat yang paling direkomendasikan jika berkunjung ke kawasan Kembangan.

  • Hutan Kota Kembangan

Hutan kota ini sejatinya berada di Jalan Kampung Baru No.6, Kedoya Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Namun karena memiliki nama ‘Kembangan’ dan memang berada tidak jauh dari wilayah kecamatan tersebut, orang kerap mengira kalau taman ini berada di dalam kawasan Kembangan. Sebab itulah, rasanya tidak berlebihan kalau taman ini dinilai sebagai salah satu pilihan tempat rekreasi di Kembangan, atau lebih tepatnya di dekat kawasan Kembangan.

Hampir sama seperti Hutan Kota Srengseng, tempat ini terbilang teduh karena banyaknya pepohonan rindang. Tanaman hias juga ada sehingga kerap terlihat kupu-kupu di sana. Untuk bisa ke hutan kota ini, pengunjung bisa naik bis umum atau angkutan lainnya untuk menuju Terminal Bus Kota Jakarta Barat terlebih dulu. Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi menuju Jalan Kepulauan Baru, hingga sampai di lokasi Wisata Hutan Kota Kembangan.

  • Kolam Renang Villa Meruya

Kolam Renang Villa Meruya cocok dijadikan sebagai tempat melepas penat dan menyegarkan pikiran sembari bermain bersama keluarga. Soalnya, wahana air ini punya berbagai fasilitas untuk mendukung hal tersebut. Terlebih, tidak sulit untuk ke tempat rekreasi yang berlokasi di Perumahan Villa Meruya Blok D1 No. 1, Jalan Taman Palem Raya, Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat ini. Cukup menggunakan kendaraan umum atau pribadi menuju Perumahan Villa Meruya, maka kolam renang itu akan dengan mudah ditemukan.

Kolam Renang Villa Meruya buka dari pukul 06.00-21.00 WIB. Untuk harga tiketnya, kolam renang ini mematok harga Rp45.000 saat weekday, dan Rp55.000 saat weekend (per Februari 2018). Harga ini terbilang standar, bahkan cukup murah untuk tempat rekreasi air yang memiliki fasilitas lengkap seperti perosotan, perosotan spiral mini, ember tumpah, area parkir, gazebo, kamar mandi, kamar ganti, kantin, serta beragam fasilitas olahraga lainnya.

Read More


Artikel Lainnya

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

Bisnis

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

20 June 2019, 10:00  |  11 Views

MMA sebentar lagi menggelar penghargaan Smarties, asosiasi ini mengajak pengusaha lokal di Indonesia untuk ikut dalam perhelatan tersebut.

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

Kesehatan

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

20 June 2019, 11:00  |  13 Views

Kanker masih jadi penyakit yang menyeramkan di Indonesia. Kenali kanke rotak lebih dalam agar bisa ditangani dengan tepat.

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

Berita Kawasan

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

20 June 2019, 09:00  |  9 Views

Kelas Berlari MILO merupakan wadah bagi para peserta khususnya pelari pemula untuk mempersiapkan diri mengikuti MILO Jakarta International 10K.

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Bekerjasama Memajukan Wilayah Jakarta Timur

Berita Kawasan

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Kerjasama Majukan Wilayah Jakarta Timur

20 June 2019, 12:00  |  4 Views

Pemkot Jaktim menerima audiensi PT. JIEP pada 17 Juni 2019. Kedua pihak membahas penataan kota demi bersama memajukan wilayah kota Jakarta Timur.


Comments


Please Login to leave a comment.