Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Permukaan

Properti dan Solusi

Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Permukaan Benda?

Pandemi COVID-19 diakibatkan Virus Corona jenis baru yang bernama SARS CoV-2. Angka pasien positif tertinggi di Jakarta. Per 19 Maret, pasien positif di Jakarta 210 dari total pasien nasional 309. Dengan peningkatan yang cukup drastis dari hari ke hari, masker dan hand sanitizer pun semakin sedikit beredar di pasaran. Bahkan orang-orang jadi waspada pada angkutan umum, gagang-gagang pintu, kursi toilet dan benda-benda yang mereka sentuh.

Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Gagang Pintu

Melansir laman livescience (19/03/2020). Sebuah analisis baru menemukan bahwa durasi virus dapat tetap hidup bukan pada mahluk hidup adalah sebagai berikut:

  • Di udara hingga 3 jam
  • Di tembaga hingga 4 jam
  • Di kardus hingga 24 jam
  • Di plastik dan stainless steel hingga 72 jam

Penelitian ini pada awalnya diterbitkan dalam database preprint medRxiv pada 11 Maret, dan sekarang versi revisi diterbitkan 17 Maret di The New England Journal of Medicine.

[Baca Juga: Hati-hati Angker, KRL Berisiko Tinggi Jadi Tempat Penularan COVID-19]

Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Februari, yakni The Journal of Hospital Infection, disimpulkan jika virus corona ini serupa dengan SARS dan MERS. Artinya, virus ini dapat tetap berada di permukaan, seperti logam, gelas atau plastik selama sembilan hari. Namun, virus tersebut tidak aktif pada suhu lebih dari 30 derajat Celcius.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan, bila seseorang memiliki COVID-19, "Bersihkan dan disinfeksi permukaan benda yang sering disentuh setiap hari di area rumah." Area rumah yang perlu dibersihkan secara rutin:

  • Permukaan meja
  • Sandaran kursi
  • Gagang pintu
  • Sakelar lampu
  • Remote TV, AC, dll.
  • Pegangan tangga
  • Toilet
  • Wastafel.

Dalam jurnal juga disebutkan, menurut penelitian, Virus Corona ini secara efektif dapat dibersihkan dengan desinfektan rumah tangga. Seperti, desinfektan dengan 62-71 persen etanol, 0,5persen hidrogen peroksida atau 0,1 persen natrium hipoklorit (pemutih), dapat secara efisien menonaktifkan Virus Corona dalam satu menit.

[Baca Juga: Bisakah Seseorang Terinfeksi COVID-19 Lebih dari Sekali?]

"Kami mengharapkan efek yang sama terhadap SARS-CoV-2,” tulis para peneliti. Meskipun SARS-CoV-2 adalah jenis yang mirip dengan Virus Corona pada SARS, yaitu SARS CoV, tidak jelas apakah akan berperilaku sama.

Sementara itu, menurut Associated Press, meskipun virus tetap hidup di udara, studi baru tidak dapat mengatakan apakah orang dapat terinfeksi dengan menghirupnya dari udara.

SARS-CoV-2 kemungkinan besar menyebar dari orang ke orang melalui kontak dekat dan tetesan pernapasan dari batuk dan bersin yang dapat mendarat di mulut atau hidung orang terdekat.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.