PEJATEN-KESEHATAN-BERASA GATAL BERLEBIH BISA JADI ITU PSIORASIS-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Berasa Gatal Berlebih, Bisa Jadi Itu Psiorasis

Setiap orang tentu sering alami rasa gatal dengan intensitas yang berbeda-beda. Rasa gatal yang timbul juga disebabkan berbagai faktor, antaranya seperti gigitan serangga hingga alergi. Namun jika timbul rasa amat gatal, bisa jadi itu merupakan kondisi psoriasis.

Psiorasis merupakan kondisi di mana kulit menebal, terasa kering, kusam, bersisik, dan terkelupas. Kondisi ini biasanya juga disertai rasa perih dan terbakar. Hal itu seperti yang dijelaskan oleh dr. Almond Wibowo. M.Biomed. AAM dari Privee Clinic, Cipete, Jakarta Selatan kepada PingPoint.co.id pada Senin (5/11/2018).

Untuk mendiagnosa, tekstur kulit pada pengidap psoriasis memiliki bentuk yang khas, sehingga dokter bisa langsung mengenalinya. Saat pemeriksaan, dokter juga akan menanyakan riwayat kesehatan keluarga serta mengadakan pemeriksaan fisik kulit.

Tingkat gejalanya berbeda-beda dan bisa berubah dari waktu ke waktu. Ada yang mengalami gejala ringan atau tidak sama sekali dalam kurun waktu tertentu, tapi kemudian bertambah parah hingga mengganggu kenyamanan pengidapnya. Penyakit psiorasis ini bisa terjadi pada pria maupun wanita yang biasa berusia 28 tahun ke atas.

[Baca Juga: 4 Jenis Penyakit yang Menyerang Kelenjar Tiroid]

Lebih lanjut ia menerangkan, penyebabnya diduga terkait dengan gangguan autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat. Psiorasis muncul ketika produksi sel-sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan.

Psiorasis

"Autoimun yang rusak sendiri, sel kulit yang salah kenal. Bisa juga penyakit keturunan. Ini penyakit kulit kronis, lama sembuh. Penyakit ini bisa menurun, dan sewaktu-waktu bisa timbul kembali," ujarnya.

Pada kondisi normal, tubuh meregenerasi kulit dalam waktu 28-30 hari. Sedangkan pengidap psioriasis akan mengalami hal tersebut dalam hitungan waktu yang lebih cepat, hanya hitungan beberapa hari saja.

Ketika regenerasi kulit terlalu cepat, sambungnya, ini akan terjadi inflamasi akibat penumpukan sel kulit dan akhirnya menebal. Psiorasis terasa amat gatal, bahkan ada rasa seperti terbakar dan perih. Psiorasis jika digaruk bisa luka atau mengeluarkan cairan.

Penyakit psiorasis dapat muncul diseluruh bagian tubuh, tapi biasanya pada area siku, lengan, lutut, punggung, perut dan pada area lipatan tubuh. Penyakit ini tidak berbahaya. Namun jika dibiarkan akan menggangu kenyamanan dalam waktu yang lama.

[Baca Juga: Ujung Tombak Kualitas Layanan di Puskesmas Pejaten]

Selain itu, dokter jebolan Universitas Diponogoro, Semarang ini menerangkan, psoriasis tidak bisa pulih secara seutuhnya dan tidak ada pengobatan secara khusus. Guna mengurangi timbulnya gangguan dari penyakit ini perlu diperhatikan faktor pencetusnya. Seperti menggunakan lotion atau pelembab pada kulit kering.

Meskipun psiorasis tidak bisa sembuh, namun pengobatan tersebut bertujuan untuk meringankan gejala dan memperbaiki tekstur kulit yang terserang penyakit ini.

"Penyakit ini tidak bisa sempuh cepat. Pengakit ini bisa menurun intensitas gatalnya dan sewaktu-saktu bisa timbul kembali," kata dokter kelahiran Tegal, Jawa Tengah ini

Read More

Artikel Lainnya

3 Masterpiece Sutradara Mouly Surya Bisa Ditonton di Netflix

Hobi dan Hiburan

3 Masterpiece Sutradara Mouly Surya Bisa Ditonton di Netflix

01 December 2020, 18:49

Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, fiksi., Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta, ketiganya bisa Anda tonton mulai Desember 2020 ini di Netflix.

Aplikasi Si Poltak Permudah Warga Medan yang Alami Kecelakaan

Berita Kawasan

Aplikasi Si Poltak Permudah Warga Medan yang Alami Kecelakaan

01 December 2020, 17:28

Angka kecelakaan di Kota Medan cukup tinggi sehingga perlunya penanganan yang cepat bagi korban kecelakaan agar korban dapat segera ditangani dan diselamatkan.

Warganya Mulai “Kendor” Protokol Kesehatan, Risma Peringatkan Gelombang Kedua COVID-19.jpg

Kesehatan

Warganya Mulai “Kendor” Protokol Kesehatan, Risma Peringatkan Gelombang Kedua COVID-19

01 December 2020, 16:42

Wali Kota Risma khawatir dengan masyarakat Kota Surabaya yang semakin menurun tingkat kesadaran protokol kesehatannya padahal terdapat potensi gelombang kedua COVID-19.

Bandara Abdulrachman Saleh Tidak Terpengaruh Aktivitas Gunung Semeru

Berita Kawasan

Bandara Abdulrachman Saleh Tidak Terpengaruh Aktivitas Gunung Semeru

01 December 2020, 15:57

Aktivitas di Bandara Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur, masih berlangsung normal dan belum terpengaruh oleh aktivitas vulkanik Semeru.


Comments


Please Login to leave a comment.