Berbagai Bumbu Dapur ini Bagus untuk Kesehatan

Kesehatan

Berbagai Bumbu Dapur ini Bagus untuk Kesehatan

Bumbu dapur atau rempah-rempah yang mudah ditemui di pasar mana pun merupakan bahan pelengkap masakan yang menghasilkan cita rasa nikmat. Tapi tahukah Anda, bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak juga bisa bermanfaat untuk kesehatan? Lebih jelasnya, mari simak ulasan berikut yang dilansir dari laman webmd.com (05/08/2019).

Berbagai Bumbu Dapur ini Bagus untuk Kesehatan Bawang Putih

Bawang Putih

Tanaman ini memiliki senyawa kuat yang disebut allicin. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Dan, jika dikonsumsi secara baik dan teratur dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi. Namun, Anda harus memotongnya terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Allicin yang terbentuk, ketika bawang putih sudah dipotong atau dihancurkan.

[Baca Juga: Mencicipi Bahan-bahan Alami Terbaik di Dapur Javara]

Berbagai Bumbu Dapur ini Bagus untuk Kesehatan Jahe

Jahe

Jahe dapat membantu Anda menyelesaikan masalah sakit perut. Jahe memiliki efek menenangkan pada sistem pencernaan dan dapat meredakan mual. Jahe yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan juga dapat mencegah penyakit seperti kanker.

Berbagai Bumbu Dapur ini Bagus untuk Kesehatan Kunyit

Kunyit

Bentuknya yang kecil dan berwarna kuning memiliki sumber curcumin yang baik dan antioksidan yang dapat membantu meringankan rasa sakit. Dan penelitian lain menunjukkan makan kunyit dalam jumlah kecil secara teratur dapat membantu mencegah atau memperlambat penyakit Alzheimer.

Berbagai Bumbu Dapur ini Bagus untuk Kesehatan Kayu Manis

Kayu Manis

Rasanya yang manis ini memiliki bebas gula dan rendah kalori. Mengonsumsi kayu manis dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel Anda dan melawan bakteri jahat. Kayu manis juga dapat menurunkan gula darah bagi penderita diabetes sebagai makanan sehat.

[Baca Juga: 3 Khasiat Awet Muda Dengan Bahan Alami Kunyit]

Berbagai Bumbu Dapur ini Bagus untuk Kesehatan Kapulaga

Kapulaga

Bumbu manis dan pedas ini dapat menenangkan perut yang sakit dan dapat membantu melawan peradangan. Seorang profesor nutrisi di Universitas Miami dan ahli gizi di Miami Marlins Moreno mengatakan bahwa dari semua rempah-rempah, kapulaga mengandung mineral seperti magnesium dan seng.

Berbagai Bumbu Dapur ini Bagus untuk Kesehatan Cabai

Cabai

Cabai walau pedas, namun memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi cabai segar, keriting, atau bubuk dapat meningkatkan metabolisme serta menjaga pembuluh darah tetap sehat.

Itulah beberapa bumbu dapur yang dapat menyehatkan badan. Ingat, bumbu dapur bukanlah sebuah obat yang bisa menyembuhkan penyakit, namun makanan yang dapat Anda konsumsi untuk kesehatan.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.