Berbagai Kelurahan Jakarta Timur Dukung Program Kamp ung Buah.jpg

Berita Kawasan

Berbagai Kelurahan Jakarta Timur Dukung Program Kampung Buah

Pada 6 September 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur memaparkan rencana mereka dalam mendukung program Kementerian Pertanian yang menggadirkan kampung holtikultura, seperti kampung buah, di berbagai wilayah Tanah Air. Di mana Pemkot Jakarta Timur berencana mendirikan kampung dengan konsep ini di area kawasan Banjir Kanal Timur atau BKT. Menariknya, berbagai kelurahan di Jakarta Timur juga turut mendukung rencana itu dengan mendirikan kampung buah versi mini di wilayahnya masing-masing.

Dimulainya penanaman berbagai bibit buah untuk merealisasikan program Kampung Buah bisa terlihat pada pekan lalu, tepatnya pada 17 September. Di mana Wali Kota Jakarta Timur M.Anwar langsung turun ke area sisi selatan BKT untuk ikut menanam 1.000 pohon buah. Dipilihnya hari tersebut untuk memulai penanaman perdana di kampung buah dikarenakan bertepatan dengan Hari Ozon Internasional. Bahkan Anwar menyebut, kegiatan ini bukan hanya diadakan di BKT saja.

“Kegiatan ini diikuti seluruh Kelurahan dan Kecamatan, dan saat ini Saya terfokus di KBT dengan menanam 1.000 buah terdiri dari alpukat, cempedak, dan mangga. Kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan keasriannya,” ujar Anwar, sebagaimana dikutip dari Timur.Jakarta.go.id (17/9/2021).

Berbagai Kelurahan Jakarta Timur Dukung Program Kampung Buah.jpg

Seperti yang diungkapkan orang nomor satu di Jakarta Timur, kampung buah ini memang ingin mengembalikan fungsi BKT sebagai lahan hijau. Oleh karena itulah dari sisi perawatan bibit-bibit pohon buah itu, Anwar memberdayakan warga sekitar dan ke depannya masyarakat sendiri yang akan merasakan manfaatnya saat sudah berbuah nanti.

Selain di BKT, berbagai kelurahan juga turut mengikuti program kampung buah ini dan bisa terlihat di halaman Kantor Kelurahan Cipinang Besar Utara di Kecamatan Jatinegara. Dengan pihak kelurahan yang memilih menanam dua pohon alpukat di lahannya dan ke depannya ia mendorong warga bersama kader PKK setempat agar warganya juga mau menaman pohon alpukat, cempedak, dan mangga di lingkungannya masing-masing.

Kemudian kegiatan serupa juga bisa dilihat di Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas pada hari yang sama. Di mana berdasarkan keterangan Lurah Ciracas Rikia Marwan, bibit buah yang ditanam untuk konsep Kampung Buah di wilayahnya adalah pohon alpukat. Ia memandang pohon buah ini dapat bermanfaat ke depannya saat panen nanti, apalagi mengingat kandungan nutrisi di buah alpukat yang baik untuk kesehatan.

Serupa dengan kelurahan lainnya, Halaman Kantor Kelurahan Cawang juga turut ditanam bibit buah dalam program kampung buah Jakarta Timur. Di sini, bibit pohon buah yang dipilih untuk ditanam adalah buah alpukat dan cempedak dengan ke depannya pihak kelurahan akan mendorong warga agar mau menanam pohon produktif di halaman rumahnya yang minimal satu rumah satu pohon.


Read More

Banjir Kanal Timur atau BKT

Program Kampung Buah

None
None

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.