Berbagi Berkah Ramadhan Dengan 300 Santri Penghapal Al Quran

Berita Kawasan

Berbagi Berkah Ramadan Dengan 300 Santri Penghafal Al-Qur'an

Bulan Ramadan adalah bulan keberkahan karena Allah SWT memberikan berbagai limpahan kebaikan di bulan suci ini seperti berlipat gandanya pahala. Artinya, kita diperintahkan memperbanyak ibadah dan amal saleh pada bulan suci ini. Keberkahan yang bisa dibagikan dan disunahkan pada bulan puasa untuk berinfaq dan bersedekah dengan memberi makan orang berpuasa, terlebih para santri penghafal Al Quran agar bisa mengantarkan kita pada ridha Allah.

Untuk itu, pada bulan Ramadhan tahun ini memasuki era new normal, masjid Kauman mulai melaksanakan kembali tradisi yakni berbagi dengan lebih 300 santri dari tiga pondok pesantren yang berlokasi di sekitar masjid, setelah sempat bulan puasa tahun lalu berhenti karena musim pandemi.

Bulan Ramadhan 2021, Adaptasi Prokes Untuk Aktivitas Salat Tarawih

Masjid Kauman sebagai salah satu masjid tertua di Kota Semarang, masjid ini memiliki sejarah panjang dan kebanggaan warga Semarang. Selain bangunannya yang khas, seperti halnya pada masjid- masjid kuno di Pulau Jawa, masjid yang terletak di Jalan Alun- alun Barat Semarang dulu merupakan pusat syiar agama Islam pada masa lampau, sehingga kerap digunakan untuk penyelenggaraan pengajian skala besar dan dijadikan tempat berkumpulnya ulama besar di Kota Semarang ketika membahas banyak hal tentang agama.

Tak hanya itu, masjid yang berdiri di Kelurahan Kauman Kecamatan Semarang Tengah ini juga memiliki banyak catatan sejarah sebagai pusat penyebaran tauhid. Bahkan, di sekitar lokasi masjid Kauman berdiri tiga pondok pesantren untuk para santri penghafal Al-Qur'an. Menurut keterangan Taufiq Andre Setiyono kepada tim redaksi PingPoint.co.id jika ketiga pondok pesantren ini didirikan oleh ulama dan kyai setempat tapi memiliki kaitan dengan Masjid Besar Kauman, baik sebagai pengurus dan imam masjid. Kami dihubungi Taufiq biasa disapa adalah pengurus masjid sekaligus Koordinator Kegiatan Ramadhan di Masjid Kauman, Senin (19/4/2021).

Berbagi Berkah Ramadhan Dengan 300 Santri Penghapal Al Quran

Pondok pesantren tersebut masing- masing adalah Pondok Pesantren Roudhotul Quran, Pondok Pesantren Tahaffudzul Quran, dan Pondok Pesantren Mathlabu Mafaazil Quran saat ini telah memiliki lebih 300 santri. “Mereka sebagian besar berasal dari santri dari luar Kota Semarang. Mereka mondok dan menimba ilmu agama dengan harapan ketika nanti kembali ke wilayah masing- masing, para santri ini dapat menyebarkan ajaran Islam melalui dakwah dan mengajari masyarakat mengaji,” ujat Taufiq

Hal ini karena mayoritas ilmu yang dipelajari adalah tentang Al-Qur'an dan mengkaji kitab kuning/ kitab hadis ulama terdahulu. Mereka mempelajari Al-Qur'an agar menjadi hafidhul Quran/ penghapal Al Quran. Namun, hal yang menarik dari ajaran di pondok pesantren ini adalah mereka ditanamkan jangan sampai mencari penghidupan dari agama. Justru agama seharusnya yang mereka hidupkan. Artinya, dalam memenuhi kebutuhan ekonomi, lulusan para santri ini tetap harus bekerja seperti menjadi pedagang atau wiraswasta sebagai anjuran sunah nabi.

[Baca Juga: Pemkab Bekasi Sediakan Beasiswa Penuh untuk Penghafal Al-Qur'an]

Kembali pada keberkahan bulan Ramadhan seperti Hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih). Oleh karena itu, Masjid Kauman kembali menyelenggarakan kegiatan tajilul future/ berbuka puasa dengan sebelumnya diadakan taushiyah setiap hari selama bulan Ramadhan 1442 H.

Jumlah peserta lebih dari 600 orang, terdiri dari para musafir yang berkunjung di masjid, jamaah kurang mampu, dan para santri Pondok Pesantren penghafal Al-Qur'an putra-putri yang ada di sekitar masjid, berjumlah lebih dari 300 santri. Tiap orang akan mendapatkan nasi bungkus dan air mineral seharga Rp7.000 atau total untuk Rp600 orang/ hari sebesar Rp4.200.000. Selama bulan Ramadan Masjid Kauman Semarang harus menyediakan buka puasa sebesar Rp4.200.000 dikali 30 hari. Total menjadi Rp126.000.000.

Masjid Kauman membuka kesempatan kepada para dermawan untuk membantu penyediaan buka puasa, yaitu bisa lewat bantuan langsung makanan, mohon sebelum menyerahkan bisa berkoordinasi agar tidak terjadi penumpukan di satu hari. Selain itu, juga bisa dalam bentuk uang, diserahkan melalui transfer Bank Syariah Indonesia dengan nomor rekening 7008030019, atas nama ARSIL.H QQ TAKMIR MAS, bila sudah transfer harap konfirmasi atau ke Kantor Takmir Masjid Kauman, Jalan Aloon-aloon Barat, No. 11 Semarang atau telepon melalui (024) 3550486, lewat WA: 081225550775. Untuk bagian admin bisa hubungi nomor 088806478647 atas nama Choiri atau 085920666531 atas nama Sasa.

[Baca Juga: Bubur India, Menu Khas Ramadan Masjid Jami Pekojan Semarang]

Agar tidak memberatkan jemaah, namun masih tetap ingin membantu maka Masjid Kauman juga membuka kesempatan untuk per orang buka puasa Rp7.000 dikalikan berapa orang yang akan diberi. Namun berapa pun sumbangan Anda akan sangat berharga dan mendapatkan pahala yang tak terkira besarnya, apalagi mendapatkan pahala buka puasa dari para santri penghafal Al-Qur'an.

Sebagai penutup, kami menghimbau para umat muslim ketika ingin berbagi makanan untuk berbuka puasa, kita tidak perlu khawatir dengan pikiran tentang besar kecilnya porsi dan mahal murahnya makanan tersebut. Apalagi, hanya dengan sebutir kurma pun kita sudah mendapatkan keutamaanya.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.