TEBET_BISNIS_BERBISNIS DI BOARD GAME_EMIL_1100 px X 600 px-01.jpg

Bisnis

Berbisnis Board Games di Kuningan City

Membangun bisnis dari awal merupakan hal yang terbilang sulit mengingat Anda perlu memikirkan berbagai hal. Namun tentu saja yang utama adalah jenis usaha apa yang Anda ingin bangun. Tidak sedikit di antara para generasi milenial saat ini memilih untuk mengembangkan bisnis mereka dari hobi. Salah satu yang melakukan hal tersebut adalah Arcanum Hobbies yang membuka usahanya di Mal Kuningan City.

Toko hobi ini memilih untuk menjual board games sebagai bisnis utamanya. Bagi Anda yang masih asing dengan istilah ini, board games merupakan permainan yang bisa dimainkan di atas meja dan biasanya memiliki beragam pieces yang perlu digerakkan atau diletakkan di atas board. Salah satu contoh board games yang paling populer di Indonesia adalah monopoli dan ular tangga. Namun masih banyak jenis board games lainnya dengan berbagai peraturan serta genre yang beragam, dari mulai yang sederhana seperti monopoli hingga yang kompleks seperti Dungeon & Dragons.

PingPoint mendapatkan kesempatan untuk duduk bersama Audi Tri Harsono selaku salah satu owner dari Arcanum Hobbies. Ia menjelaskan bahwasanya bisnis ini dirintis oleh orang-orang yang memiliki hobi serupa dan tergabung dalam komunitas board games.

“Kita pada dasarnya awalnya berupa komunitas dari sana kita bikin toko. Jadi toko yang kita bikin ini basisnya masih komunitas banget. Jadi di Arcanum ini ada tempat main, jadi di Kuningan City ini menyediakan tempat main. Orang bisa datang, bayar per hari dan orang itu bisa main seharian. Kita juga menjual board games-board games yang ada di toko,” jelas pria berusia 30 tahun tersebut.

Audi mengatakan selain karena faktor komunitas, terbentuknya bisnis ini karena keluhan dari para penggemar board games di Indonesia. Keluhan itu yakni sulitnya mencari board games di Nusantara. Karena jenis permainan ini tidak terlalu besar pasarnya padahal jenis permainan board games itu sangatlah banyak macamnya dan sekali Anda mengerti cara mainnya, kemungkinan besar Anda ingin mencari judul board games lainnya. Dari sanalah orang-orang dari komunitas Arcanum mulai merambah berbagai ­event untuk mengenalkan board games ke masyarakat luas yang akhirnya berujung dengan dibukanya bisnis di toko Arcanum Hobbies.

Board games yang dijual di toko ini pun beragam dan pihak Arcanum Hobbies & Entertainment dengan senang hati membantu Anda bila tertarik untuk membeli serta memainkkannya. Karena keragaman ini, harga setiap board games pun bersifat berbeda satu dengan yang lain. Harga tersebut tergantung dari ukurannya, kelangkaannya sampai dari mana board games tersebut berasal.

“Di toko ini games yang paling murah ada yang Rp75.000 sampai yang paling mahal itu bisa Rp2.000.000-an. Jadi memang macam-macam, biasanya board games luar (luar negeri-red) harganya lebih mahal dibandingkan board games lokal. Faktor makin besar board games-nya, makin banyak komponennya bisa makin mahal harganya,” tutur Audi Tri Harsono.

Uniknya, Arcanum Hobbies juga mulai mengembangkan jenis bisnisnya dengan target pasanya adalah perusahaan atau corporate yang ada di Jakarta dan sekitarnya. “Kita mengadakan event-event untuk corporate, misalnya mereka membutuhkan corporate gathering dan team building nanti kita membuatkan paketnya,” ucap salah satu pendiri Arcanum Hobbies tersebut.

Audi menambahkan bahwa permainan board games yang biasanya dihadirkan dalam team building tersebut bersifat agar membuat orang-orang yang terlibat dalam permainan bisa bekerjasama dengan baik. Karena itu board games dipandang sangat baik manfaatnya untuk para pegawai di suatu perusahaan menjadi tim yang lebih solid.

“Salah satu tema yang paling sering diangkat dari board games adalah kerjasama. Jadi ada tipe games yang semua pemainnya bahu membahu melawan games itu sendiri. Ada juga tipe games yang satu tim melawan tim lain jadi ada aroma kompetisinya. Kita memberikan spesifik board games-board games yang memang topiknya kental dengan team building dan cooperation,” pungkas Audi di Arcanum Hobbies yang berlokasi di Lantai 2 area Main District, Mal Kuningan City.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.