ads
DEPOK_KESEHATAN_BERBURU BELIMBING UNTUK HIPERTENSI DI DEPOK BARU_OCI_REVISI 01-01.jpg

Kesehatan

Berburu Belimbing untuk Hipertensi di Depok Baru

Para penderita darah tinggi atau hipertensi pasti pernah disarankan untuk mengonsumsi buah belimbing. Katanya, buah berbentuk bintang ini punya efek mujarab menurunkan darah jika dikonsumsi secara rutin. Pendapat ini membuat banyak orang dengan hipertensi berburu belimbing di Depok Baru.

Secara empiris, buah belimbing bisa menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi. Penelitian ilmiah menunjukkan, kandungan pectin dalam buah belimbing lah yang punya peran menurunkan tekanan darah.

Selain itu, pectin di dalam belimbing bekerja dengan cara mengikat kolesterol, lalu membawanya keluar bersama kotoran. Karena itu, orang yang mengonsumsi belimbing untuk menurunkan tekanan darah juga mendapat bonusnya menurunnya kadar kolesterol jahat.

Buah ini pun punya kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi. Khususnya vitamin C yang mencapai angka 33,00 mg dalam 100 gram buah belimbing. Tentu saja kandungan vitamin C yang tinggi punya manfaat antioksidan yang mampu mencegah berkembangnya sel-sel kanker serta meningkatkan sistem imunitas tubuh.

[Baca Juga : 7 Makanan untuk Sarapan Sehat Anda]

Kota Belimbing

Belimbing Depok dikenal dengan belimbing dewa. Jenis belimbing inni merupakan hasil buah karya petani penangkar Depok H. Usman Mubin. Belimbing ini telah menjadi buah unggulan Kota Depok. Belimbing dewa pun lebih unggul dibandingkan buah belimbing yang lainnya yang ada di Indonesia. Setiap Event Lomba Buah Unggul dan pameran-pameran buah nasional serta internasional, belimbing dewa selalu menjuarai sebagai buah unggul nasional.

Potensi pertanian belimbing di Kota Depok Sampai Tahun 2006 Berjumlah 33.729 dengan total luas area 135 hektare menyebar di wilayah kota Depok. Perkiraan total produksi yang dihasilkan dari belimbing Depok berkisar antara 2.700 ton sampai 3.000 ton per tahun.

Penanaman belimbing di kota Depok banyak dikembangkan dilahan-lahan masyarakat dan uniknya banyak juga dikembangkan disepanjang kali Ciliwung, contohnya di Kelurahan Pondok Cina, Kelurahan Tugu dan Kelurahan Kelapa Dua. Sehingga pemandangan sepanjang kali Ciliwung menjadi indah dan asri dengan keberadaan tanaman belimbing ini, hal ini berpotensi menjadi kawasan Agrowisata Belimbing Depok di Sepanjang DAS Ciliwung. Sesuatu potensi Sumber Daya Alam yang tak ternilai harganya, ditengah hiruk pikuknya kemacetan jalan jalan di kota Depok.

Toko Fresh E adalah salah satu toko buah segar di Jalan Margonda yang telah melakukan kemitraan dengan Asosiasi Petani Belimbing Depok (APEBEDE) dalam pemasaran buah belimbing, jambu dan lain-lain. Walaupun kapasitas penerimaan produk masih rendah sekitar 15-20 kg per minggu, akan tetapi perlu upaya mempertahankan kemitraan ini. Sehingga petani memiliki kemampuan untuk berkomitmen dengan pengusaha ritel buah segar yang selalu memenuhi 3 K (Kapasitas, Kontinuitas, dan Kualitas).

PT. Sewu Segar sebagai pemasok buah belimbing untuk wilayah Jakarta dan Surabaya juga telah membantu pemasaran Belimbing mencapai satu ton per bulan. Kapasitasnya akan terus ditingkatkan sesuai peningkatan hasil kualitas belimbing dari para petani kota Depok dan dalam upaya pemenuhan kualitas produk, para petani mulai menerapkan SOP GAP Belimbing Dewa. Hal ini juga dipicu dengan peluang pasar komoditas ini masih cukup besar, karena keunggulan spesifik yang dimiliki Belimbing Dewa Depok dan cukup diminati konsumen. Peluang pasar Belimbing untuk kawasan Jabodetabek mencapai angka 6.000 ton per tahun.

[Baca Juga : Prolanis Jadi Program Unggulan di Klinik BPJS Kesehatan]

Hipertensi adalah suatu kondisi medis kronis, tekanan darah di arteri meningkat bisa meningkat sewaktu-waktu. Orang dengan tekanan darah tinggi akan mengalami sakit kepala pada bagian belakang kepala, terutama pada pagi hari. Untuk mengatasinya konsumsi belimbing secara rutin bisa menjadi pilihan. Depok sebagai produsen belimbing yang berkelanjutan, bisa dijadikan lokasi sasaran berburu belimbing. Karena, meskipun belimbing bukan buah langka, mendapatkannya pun bukan hal yang mudah. Bila belimbing sudah masuk ke pemasok buah besar, berburu belimbing ke Depok Baru sudah tidak perlu lagi. Cukup mendatangi toko buah terekat.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood.jpg

Properti dan Solusi

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood

T3 24 February 2019, 10:00 a.m.  |  2 Views

Kampus PUPR yang dikembangkan Kementerian PUPR sebagai percontohan Greenship Neighborhood.

Buruknya Infrastruktur Pendidikan di Bekasi.jpg

Pendidikan

Tahun 2019 Jadi Prioritas Infrastruktur Pendidikan di Bekasi

T3 24 February 2019, 09:00 a.m.  |  2 Views

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di setiap daerah, termasuk Jawa Barat pembanguan infrastruktur seharusnya jadi perhatian penting bagi pemerintah setempat.

Vaksin Rabies Gratis di Stan Dinas KPKP Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Vaksin Rabies Gratis di Stan KPKP Jakarta Indonesia Pet Show 2019

T3 23 February 2019, 09:00 a.m.  |  5 Views

Dinas KPKP Jakarta memberikan layanan vaksi gratis untuk pengunjung yang membawa hewan peliharaan mereka ke JIPS 2019.

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda

T3 23 February 2019, 10:00 a.m.  |  4 Views

Belanda merupakan negara pertama yang akan diperkenalkan batik buatan warga di wilayah paling timur Kota Tangerang ini.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads