5.jpg

Kuliner

Berburu Kenikmatan Nasi Uduk Kebon Kacang

Kebon Kacang merupakan nama salah satu kelurahan di wilayah Jakarta Pusat. Namun tahukah Anda bahwa wilayah ini memiliki kuliner legendaris? Namanya Nasi Uduk Kebon Kacang. Satu hal yang menarik dari area yang memiliki jalanan sempit ini adalah tidak hanya satu tapi banyak tempat makan yang menjajakan nasi uduk. Sehingga tidak diketahui pasti sebenarnya mana Nasi Uduk Kebon Kacang yang orisinal atau pertama kali berjualan.

Namun yang membedakan semua nasi uduk di sini dengan di tempat lain adalah penyajiannya. Nasi Uduk Kebon Kacang disajikan dengan nasi dengan porsi sedikit yang dibungkus daun serta dilengkapi dengan sambal kacang. Bila banyak tempat makannya, lalu bagaimana memilih yang enak? Tenang saja, artikel ini akan merekomendasi tempat makan Nasi Uduk Kebon Kacang yang memiliki rasa mantap.

Nasi Uduk Kebon Kacang Zainal Fanani

Nasi uduk ini berlokasi di Jalan Kebon Kacang 8 No.5, Tanah Abang dan buka setiap hari dari pukul 10.00 WIB hingga 15.00 WIB, lalu buka kembali pada pukul 17.00 WIB hingga 24.00 WIB. Usut punya usut, Nasi Uduk Kebon Kacang Zainal Fanani ini merupakan tempat favorit pemburu nasi uduk di sini.

Tempat makan ini diklaim telah dibuka semenjak puluhan tahun yang lalu. Dulu yang merintisnya adalah Abdul Hamid Toha. Namun, nasi uduk Kebon Kacang ini pun berpindah tempat dan dikelola oleh putra Abdul yang bernama Zainal Fanani dan karena itulah namanya menjadi Nasi Uduk Kebon Kacang Zainal Fanani.

Porsi nasi uduk di sini kecil-kecil jadi cocok untuk Anda yang ingin makan dengan porsi mini. Namun bila merasa kurang kenyang, Anda bisa membeli satu porsi lagi. Menu favorit di sini adalah nasi uduk dengan ayam gorengnya. Pasalnya, rasa dari ayam goreng menambah sensasi gurih dari nasi uduknya.

Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati Ibu Tati

Tempat makan nasi uduk yang satu ini terbilang mudah diingat. Pasalnya, nama tempat nasi uduk Kebon Kacang ini terbilang cukup panjang dan catchy. Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati Ibu Tati berlokasi di Jalan Kebon Kacang 1 No.63, Tanang Abang dan buka setiap hari dari pukul 11.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Serupa dengan yang lain, nasi uduk di sini memiliki porsi yang kecil dan memiliki dua jenis sambal. Pertama adalah sambal kacang yang memiliki tekstur seperti bumbu sate Madura dan kedua adalah sambal terasi. Bagi yang suka pedas direkomendasikan untuk memilih sambal terasi.

Menu favorit di sini adalah nasi uduk dengan empal daging sebagai pendampingnya. Empal yang disajikan di sini tidak terlalu keras atau chewy saat dikunyah sehingga cocok dengan nasi uduk. Selain itu ada ayam bakar yang dapat Anda pilih juga sebagai pengganti empalnya.

Nasi Uduk & Ayam Goreng Betawi Ibu NingNung

Tempat makan nasi uduk ini berlokasi di Jalan Kebon Kacang 9 No.7, Tanah Abang dan buka setiap hari dari pukul 17.00 WIB hingga 22.00 WIB. Nasi Uduk & Ayam Goreng Betawi Ibu NingNung memang tidak terkenal seperti dua tempat nasi uduk Kebon Kacang yang disebut sebelumnya, tapi tempat yang satu ini juga memiliki pelanggan setia.

Salah satu pelangganya menyebut yang menjadi pembeda di Nasi Uduk & Ayam Goreng Betawi Ibu NingNung adalah nasinya lebih hangat. Selain itu sambal terasi yang disajikan pun cocok untuk penikmat kuliner pedas. Menu favorit di sini adalah nasi uduk dengan ayam gorengnya. Rasa gurih ayam goreng dan wanginya nasi uduk menjadi kombinasi yang mantap di sini ketika dicocol dengan sambal terasi.

Nasi Uduk Kebon Kacang Kakek H. Suryadi

Tempat rekomendasi nasi uduk yang terakhir ini berlokasi di Jalan Kebon Kacang X No.12 dan buka setiap hari dari pukul 15.30 WIB hingga 22.00 WIB. Banyak yang datang ke tempat makan ini memesan hingga tiga nasi uduk per orangnya, lantas apa yang membedakannya dengan yang lain? Jawabannya adalah kesan sejarahnya.

Diduga tempat makan yang satu ini merupakan salah satu pelopor nasi uduk Kebon Kacang. Pasalnya, berdasarkan tulisan menu yang ada di Nasi Uduk Kebon Kacang Kakek H. Suryadi, tempat ini sudah buka semenjak tahun 1950.

Menu favorit untuk menemani nasi uduk Kebon Kacang di sini adalah rendang telur. Walau kelihatan pedas dengan dressing cabai yang menghiasinya, rendang telur di sini memiliki rasa pedas yang sedang jadi pas dikombinasikan dengan gurihnya dan harumnya nasi uduk.

Read More

Artikel Lainnya

Persetujuan Penggunaan Massal Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech, Pertama di Dunia

Kesehatan

Persetujuan Penggunaan Massal Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech, Pertama di Dunia

02 December 2020, 16:28

Inggris telah menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin virus corona Pfizer-BioNTech untuk digunakan secara luas. Sebelumnya, Rusia dan China telah mengeluarkan perizinan vaksin lain untuk penggunaan terbatas.

Baru Diluncurkan Dua Bulan Lalu, Desty Raih Pendanaan Awal dari East Ventures.jpg

Bisnis

Baru Diluncurkan Dua Bulan Lalu, Desty Raih Pendanaan Awal dari East Ventures

02 December 2020, 15:36

East Ventures mengumumkan mengucurkan seed funding untuk perusahaan startup yang baru diluncurkan pada Oktober lalu.

Pemkot Tangerang Gelar Deteksi Dini HIV AIDS.jpg

Kesehatan

Pemkot Tangerang Gelar Deteksi Dini HIV AIDS

02 December 2020, 14:08

Baru-baru ini Pemkot Tangerang menggelar kegiatan pendeteksian dini penyakit HIV AIDS untuk warganya.

Anies Baswedan Positif COVID-19, Kang Emil Haturkan Do a.jpg

Berita Kawasan

Anies Baswedan Positif COVID-19, Kang Emil Haturkan Doa

02 December 2020, 13:07

Kang Emil mendoakan Gubernur DKI Jakarta lekas pulih usai Anies Baswedan positif terinfeksi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.