CEMPAK~1.JPG

Kuliner

Berburu Kuliner Daging Kambing dekat Pasar Tanah Abang

Momen Idul Adha beberapa hari yang lalu dimanfaatkan oleh umat Muslim di Indonesia untuk berkumpul dengan keluarga sambil beribadah bersama. Momen ini juga acap kali dimeriahkan dengan menikmati berbagai hidangan olahan dari daging kurban, khususnya daging kambing. Namun bagaimana bila Anda tidak sempat menikmati olahan daging kambing dan kebetulan tinggal di dekat Pasar Tanah Abang?

Bila Anda memang tinggal dekat kawasan ini maka Anda beruntung. Pasalnya, di kawasan dekat Pasar Tanah Abang terdapat sejumlah tempat makan hingga restoran yang menawarkan berbagai olahan dari daging kambing yang enak. Artikel ini akan mengulas beberapa tempat makan tersebut yang dapat Anda jadikan opsi untuk menikmati kuliner dari olahan daging kambing.

Sop Kambing Bang Karim

2.jpg

Sesuai dengan namanya, kedai makan yang satu ini memiliki spesialisasi pada olahan daging kambing, khususnya sop Betawi. Sop Kambing Bang Karim berlokasi di Jalan KH. Mas Mansyur, Kebon Melati dan hanya berjarak 1,8 kilometer dari Pasar Tanah Abang.

Tempat makan yang satu ini sangat cocok didatangi untuk menikmati makan malam. Sebab Sop Kambing Bang Karim buka hampir setiap hari (kecuali Minggu) dari pukul 18.00 WIB hingga 24.00 WIB. Kedai ini berada tidak jauh dari fly over Tanah Abang dan bentuknya serupa dengan warung tenda pada umumnya. Namun bila datang pada akhir pekan, Anda harus siap mengantre karena rasa dari sop kambing yang ditawarkan di sini membuat orang rela duduk berdesakan.

Serupa dengan sejumlah kedai sop kambing khas Betawi lainnya di Jakarta, di Sop Kambing Bang Karim, Anda perlu mendatangi si penjual untuk menentukan daging apa yang diinginkan. Bukan hanya bagian daging kambingnya saja, Anda juga bisa memesan lidah, pipi, kaki bahkan hingga telinga dan jeroan kambing.

Menu favorit di sini adalah adalah sop kambing dengan isian daging dan lidah. Dengan kuah yang bercampur susu serta beraroma rempah-rempah, daging kambing yang disajikan terasa semakin nikmat dan lidah yang disajikan juga lembut serta empuk.

Warung Pak Maman

3.jpg

Tempat makan olahan daging kambing satu ini terbilang unik karena memiliki lokasi di kawasan tempat pemakaman umum Petamburan atau yang lebih dikenal dengan nama TPU Petamburan. Warung Pak Maman beralamat di parkiran TPU Petamburan, Jalan Aip II KS Tubun No. 1, Kelurahan Petamburan dan hanya berjarak 2,2 kilometer dari Pasar Tanah Abang.

Warung Pak Maman buka setiap hari dari pukul 17.00 WIB hingga 24.00 WIB dan ini menyebabkan area di TPU Petamburan pada malam hari terlihat ramai. Jadi kesan pemakaman umum yang biasa sepi dan cenderung seram, langsung hilang karena keberadaan kedai dengan spesialisasi pada olahan daging kambing ini.

Menu yang ditawarkan di Warung Pak Maman terbilang tidak banyak tapi tetap menjadi favorit dari para pelanggannya, khususnya pecinta olahan daging kambing. Mulai dari sate, sop, gulai sampai nasi goreng kambing pun tersedia di kedai ini.

Menu favorit di kedai yang berada dekat Pasar Tanah Abang ini adalah sate kambingnya. Satu porsinya berisi 10 tusuk yang setiap tusuknya bersisi tiga buah daging kambing. Mengapa menu ini jadi favorit adalah karena semua daging di sate yang Anda pesan hadir tanpa lemak atau gajih. Dengan daging yang juicy dan empuk, rasa sate yang dihadirkan di sini semakin mantap dengan sambal kecap yang berisi potongan tomat, bawang, dan cabe rawit.

Sate Khas Senayan

4.jpg

Restoran yang satu ini merupakan salah satu tempat makan olahan kambing yang bukan hanya tersebar di DKI Jakarta tapi juga telah memiliki cabang di Tangerang, Depok, Cinere, Bekasi dan Cibubur. Sate Khas Senayan yang berlokasi dekat Pasar Tanah Abang, memiliki alamat lengkap di Jalan Tanah Abang II No. 76, Petojo Selatan, Jakarta Pusat. Jaraknya hanya 1,4 kilometer dari Pasar Tanah Abang.

Restoran Sate Khas Senayan sudah membuka usahanya semenjak 1974 dan menawarkan sajian khas Nusantara, khususnya menu sate. Olahan kambing di restoran ini juga terbilang banyak. Anda bisa memilih Sate Kambing, Sate Kambing Buntel, Kambing Goreng, Tongseng dan Gule Kambing.

Menu favorit olahan daging kambing di sini adalah Sate Kambingnya. Dengan daging yang lembut dan harum, rasa saus kacang yang dihadirkan juga menambah nikmatnya menu sate ini.

Saus kacang yang jadi pelengkap di sate kambing restoran ini juga menjadi pembeda utama menu tersebut dibandingkan di restoran yang lain. Pasalnya, saus kacangnya terasa benar-benar halus serta pas dengan daging kambing yang dibakar kering dan membuat pencarian Anda terhadap kuliner olahan kambing di dekat Pasar Tanah Abang pun terasa lengkap.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.