ads
ANCOL_KULINER_BERBURU OLEH OLEH KHAS JAKARTA DI TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL_EMIL-01.jpg

Kuliner

Berburu Oleh-oleh khas Jakarta di Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol memiliki sejumlah wahana yang bisa dikunjungi dan salah satunya adalah Pasar Seni. Namun tahukah Anda bahwasanya di area Taman Impian Jaya Ancol ini, Anda dapat menemukan oleh-oleh khas Jakarta?

Mungkin banyak yang masih asing dengan fasilitas di Pasar Seni yang dinamakan Kampung Betawi. Pasalnya, Kampung Betawi merupakan fasilitas yang terbilang baru di kawasan Taman Impian Jaya Ancol mengingat peresmiannya baru diadakan pada Juni 2018.

Selain untuk semakin mendekatkan para pengunjung dengan budaya yang ada di Jakarta, Kampung Betawi ini diadakan untuk membantu para pengusaha. Sebagaimana dilansir dari beritasatu.com, terdapat 42 UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk cenderamata dan 60 UMKM untuk kuliner yang membuka usahanya di Kampung Betawi.

Pendirian Kampung Betawi yang lengkap dengan pusat oleh-oleh khas Jakarta ini tidak terlepas atas kerjasama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Komunitas OK OCE (One Kecamatan, One Center for Entrepreneurship) dan PT Pembangunan Jaya Ancol. Saat itu yang meresmikan fasilitas baru di Taman Impian Jaya Ancol tersebut adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta ke-18, Sandiaga Salahuddin Uno.

“Kami harapkan usaha mikro, kecil dan menengah, mereka yang tadinya made to order bisa jadi sekarang tampil sebagai oleh-oleh Betawi. Kadang-kadang orang-orang bingung beli oleh-oleh Betawi di mana. Sekarang bisa beli di Taman Impian Jaya Ancol, khususnya di Pasar Seni,” ucap Sandiaga Uno usai peresmian Kampung Betawi, sebagaimana dikutip dari kabar24.bisnis.com.

Sekadar informasi, Kampung Betawi statusnya bukan hanyalah tempat event semata. Pasalnya, berdasarkan penjelasan dari Sukrianto selaku Kepala Bagian Pasar Seni kepada PingPoint, Kampung Betawi yang berada di area Blok A sudah berstatus permanen dan menjadi bagian dari wahana yang ada di Pasar Seni. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk datang ke sini kapan saja demi mencari oleh-oleh khas Jakarta.

“Kita ingin anak-anak Betawi menjadi tuan rumah di negerinya sendiri, di sini juga ada kejayaan aneka kuliner dan busana Betawi, jadi selain daripada cuking, kopi yang merah, juga ada lagi kuliner-kuliner Betawi yang lainnya seperti dodol Betawi misalnya, bisa juga kita dorong Nasi Uduk Betawi,” kata Sandiaga Uno saat menjelaskan berbagai oleh-oleh khas Jakarta di Kampung Betawi, sebagaimana dikutip dari tribunnews.com.

Anda ingin mencari kudapan seperti Biji Ketapang, Kembang Goyang dan Dodol Betawi? Di Kampung Betawi ada berbagai UMKM yang menawarkan kudapan jenis ini. Selain itu di sini juga Anda bisa mencoba minuman segar tanpa alkohol yang memiliki beragam manfaat yaitu bir pletok. Bahkan kalau mau, Anda bisa menjadikan minuman khas Betawi ini sebagai oleh-oleh khas Jakarta untuk dibawa pulang.

Menikmati oleh-oleh khas Jakarta, rasanya kurang bila Anda tidak membeli atau setidaknya menikmati Kerak Telor. Kuliner asli Betawi ini memiliki bahan dasarnya adalah beras ketan putih, telur ayam ebi dan bawang merah goreng, kemudian disangrai kering. Setelah jadi, Kerak Telor kemudian ditambahkan bumbu pelengkap yang terdiri dari kelapa, cabai merah, merica, kencur, jahe dan gula pasir.

Masih ingin menikmati oleh-oleh khas Jakarta lainnya di Taman Impian Jaya Ancol? Tenang saja, masih banyak yang ditawarkan oleh Kampung Betawi. Salah satunya adalah hadirnya UMKM yang menawarkan Nasi Ulam dan Es Selendang Mayang.

Bagi Anda yang masih asing dengan kedua kuliner ini, Nasi Ulam merupakan hidangan nasi yang dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Nasi Ulam acap kali ditemani berbagai lauk sebagai pelengkap seperti dendeng sapi, kerupuk dan telur dadar. Nasi Ulam Betawi memiliki dua varian yaitu berkuah yang berasal dari Jakarta Utara serta Pusat dan varian kering yang berasal dari Jakarta Selatan.

Sedangkan Es Selendang Mayang ini sebenarnya sekilas serupa dengan es campur khas Indonesia. Namun pembeda utamanya adalah hunkwe yang dapat mengurangi rasa lapar ketika menikmati minuman yang cocok jadi oleh-oleh khas Jakarta ini. Penasaran ingin mencoba? Langsung saja datang ke Pasar Seni di Taman Impian Jaya Ancol yang buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai 17.00.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah

20 February 2019, 4 a.m.  |  4 Views

Banyak manfaat miliki taman di halaman rumah. Taman memberikan sirkulasi udara yang baik. Memandanginya juga baik untuk mata lelah.

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

20 February 2019, 5 a.m.  |  7 Views

Mengetik berjam-jam di depan layar komputer dapat mengganggu kesehatan. Sastrawan Eka Kurniawan mengatasinya dengan rajin bersepeda.

Ngopi Instagramable di Serpong 1.jpg

Kuliner

4 Tempat Ngopi Instagramable di Serpong

20 February 2019, 3 a.m.  |  4 Views

Secangkir kopi panas jadi kenikmatan hakiki yang tak terbantahkan. Tak ayal, tempat ngopi juga hadir dengan interior instagramable.

Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi

19 February 2019, 4 a.m.  |  48 Views

Gerakan taman bacaan mungkin sudah banyak ditemukan. Namun, Yayasan Taman Baca Inovator punya sentuhan berbeda.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads