Berburu Ondel-ondel di Galeri si Betok

Berita Kawasan

Berburu Ondel-ondel di Galeri si Betok

Ondel-ondel sering digunakan untuk berbagai pertunjukan warga Betawi yang tentunya dapat menghibur masyarakatnya, seperti mengarak pengantin sunat. Dulu, ondel-ondel berfungsi sebagai penolak bala atau pengusir setan. Namun, Anda sekarang bisa sering melihatnya berada di pinggiran jalan yang biasanya digunakan pengamen untuk mencari nafkah.

Tak hanya di Jakarta, ondel-ondel bisa Anda temui di Tangerang. Karena kota ini multietnis yang memiliki beragam kebudayaan termasuk Budaya Betawi. Nah, buat Anda yang sedang mencari ondel-ondel untuk keperluan acara rumah misalnya. Melansir laman Tangerangkota.go.id (21/06/2019), Anda bisa menyewa atau membeli ondel-ondel dengan menggunakan jasa Supriyadih alias disapa Cing Ucup. Cing Ucup bisa Anda kontak melalui akun instagramnya di @galeri_sibetok_ atau menghubunginya langsung melalui nomor 081211701252.

[Baca Juga: Ondel-ondel, Pertujukan Sakral Betawi yang Jadi Pengamen Jalanan]

Ondel-ondel buatan Cing Ucup tersedia dalam berbagai ukuran. Mulai dari ondel-ondel ukuran besar hingga miniatur ondel-ondel juga ada. Tak hanya ondel-ondel, Cing Ucup yang telah menggeluti dunia ondel-ondel sejak lima tahun lalu juga menjual perlengkapan pakaian beksi khas Betawi Tangerang.

Siapa menyangka, mulanya usaha Cing Ucup hanya menjual pakaian khas betawi kini kebanjiran pesanan ondel-ondel. "Awalnya baju, lalu lama-lama ada yang pesan ondel-ondel, eh jadi keterusan deh," ujarnya sambil membuat pesanan ondel-ondel pada selasa (18/06/2019) di pekarangan rumahnya.

[Baca Juga: Ondel-ondel Laris Dipesan Jelang HUT DKI Jakarta]

Cing Ucup menjelaskan dalam pembuatan ondel-ondel memerlukan material yang tidak sedikit. Material tersebut terdiri dari bambu ikat dan kawat sebagai kerangka, resin, talek, mate serta katalis untuk membekukan adonan. Lalu, adonan tersebut dioleskan sesuai cetakan. Setelah adonan topeng ondel-ondelnya selesai dibuat, diamkan hingga adonan mengeras dan kuat. Jadi, bila digunakan akan bagus dan awet.

Buat Anda yang tertarik untuk menyewa atau membelinya dan penasaran ingin tahu kisaran harga ondel-ondel atau pakaian beksi betawi ini cukup terjangkau. Anda bisa merogoh kocek mulai dari Rp3,8 juta untuk satu pasang ondel-ondel besar, Rp200.000 untuk sepasang ondel-ondel mini, dan baju beksi mulai dari Rp170.000.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.