Gajah-1

Hobi dan Hiburan

Bercengkerama dengan Gajah-Gajah Borobudur

Banyak hal yang bisa dilakukan ketika berwisata di Candi Borobudur. Selain melihat peninggalan sejarah dan bersepeda, disini pengunjung juga dapat bercengkerama dengan beberapa gajah Sumatera yang jinak dan lucu. Ada lima gajah yang dirawat baik ditempat ini . Mereka adalah Bona, Zela, Echa, Lisi dan Indra dan setiap pergi kemana pun mereka selalu didampingi oleh sang pawang.

Keberadaan gajah Sumatera ini, punya hubungan erat dengan keberadaan Candi Borobudur. Menurut beberapa dokumen sejarah, pada saat Guna Dharma melakukan pembangunan Candi Borobudur, gajah dipakai sebagai salah satu alat transportasi. Hal itu diperkuat dengan adanya relief disalah satu panel Candi Borobudur yang terdapat gambar gajah pekerja.

Relief Gajah  Candi Borobudur

Berdasarkan kitab Jatakamala atau Jataka disebutkan bahwa gajah Jataka merupakan penjelmaan Boddhisatwa atau Sang Buddha. Selain itu, pada relief lainnya, gajah juga diceritakan sebagai hewan tunggangan.

Dalam upaya memberikan edukasi terhadap pengunjung, paska PPKM darurat Taman Wisata Candi Borobudur kembali membuka kesempatan pengunjung, untuk berinteraksi dengan gajah-gajah koleksinya.

Marketing & Sales Presiden PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC ) Pujo Suwarno mengatakaan, re-opening atraksi gajah di Borobudur merupakan bagian dari tekad PT TWC untuk menyajikan pariwisata yang berkualitas dan atraksi gajah ini dilakukan sebagai bentuk interpretasi nyata dari panel-panel relief yang ada di Candi Borobudur.

[Baca Juga: Lesehan Borobudur, Pelopor Lesehan Sehat dan Ramah Lingkungan]

“Korelasi antara relief gajah yang ada di Candi Borobudur dengan atraksi gajah ini sangat kuat, sehingga pengunjung dapat belajar sejarah sekaligus juga terhibur," ujar Pujo kepada wartawan Minggu (14/11/2021)

Ditambahkan Pujo, selama berinteraksi dengan gajah, pengunjung akan didampingi oleh para pawang dan pemandu wisata, sehingga pengunjung dapat belajar tentang relief Gajah yang dilanjutkan dengan aktivitas lain seperti memberi makan gajah atau berfoto selfie dengan gajah-gajah tersebut.

“Tentu hal ini akan menjadi pengalaman yang mengesankan," ujar Pujo.

Gajah-3

Meski atraksi gajah ini berada di dalam kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, namun untuk dapat menikmati atraksi ini pengunjung harus membayar tiket tambahan sebesar Rp50.000 per orang dan pengunjung akan memperoleh sekeranjang makanan gajah. Dengan cara ini diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta satwa pengunjung khususnya gajah yang saat ini sudah sangat langka keberadaannya.

Selain memberi makan gajah, di Borobudur pengunjung juga dapat melakukan foto prewedding dengan gajah-gajah hias atau melukis bersama gajah-gajah yang lucu. Hasil lukisan gajah ini nantinya boleh dibawa pulang pengunjung sebagai suvenir.

Selain berhubungan dengan relief yang ada di Candi Borobudur, keberadaan Gajah Borobudur juga berkait dengan dongeng fabel Gajah Agung Jataka. Kisah ini mengandung pesan moral bahwa untuk mencapai tujuan luhur terkadang perlu adanya pengorbanan.

Gajah-4

Gajah-gajah Borobudur ini bermula dari kunjungan Presiden Soeharto tahun 1990-an lalu. Waktu itu Soeharto menyumbang sepasang gajah bernama Sella dan Berry . Dari dua ekor gajah tersebut, sekarang ini TWC mengoleksi 5 ekor gajah.

Pujo menegaskan, gajah-gajah di Borobudur itu diperlakukan dengan sangat baik. Selain diberikan makanan yang cukup, gajah-gajah tersebut , dimandikan secara rutin dan diobati serta diawasi kesehatannya oleh dokter hewan jika terlihat ada yang sakit..


Read More

Atraksi Gajah Borobudur

Atraksi Satwa

+62293788266
marketing@borobudurpark.co.id

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.