Kungkuk 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Bercengkrama dengan Flora dan Fauna di Kampung Wisata Kungkuk

Berwisata sembari ceria bersama jenis-jenis flora dan fauna yang dikembangbiakkan di Kota Batu bisa menjadi rekomendasi menikmati akhir pekan. Kampung Wisata Kungkuk di Jalan Semeru, Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, menjadi salah satu jenis wisata interaktif ini. Pada area wisata di kaki gunung Arjuno ini terdapat berbagai macam kegiatan interaktif yang bisa dilakukan wisatawan selama berada di Kampung Wisata Kungkuk. Budidaya jeruk Keprok adalah satu yang menjadi primadona di kampung ini. Rasa manis dari buah jeruk yang memiliki kulit tebal ini memang tak ada duanya.

Selain budidaya jeruk, di kampung ini, wisatawan bisa berkeliling ke area wisata yang notabene adalah perumahan warga. Pada perumahan warga tersebut terdapat peternakan kelinci, kambing, dan sapi. Kelinci di peternakan ini dibedakan dalam jenis ternak yang siap untuk dijual dagingnya dan hewan peliharaan yang lucu. Kelinci merupakan salah satu hewan yang dijadikan sebagai menu sate di Kota Batu. Namun demikian, kelinci berbulu tebal dengan aksen warna yang beragam cenderung dijual sebagai peliharaan. Setiap jenis kelinci yang dijual per ekor dihargai mulai dari Rp35.000 untuk yang anakan.

Nuansa kesejukan kaki gunung di Kampung Wisata Kungkuk ini juga tercermin dari suasana kolam ikan yang dihiasi berbagai macam tanaman hijau dan bunga. Pada area kolam ikan ini wisatawan dapat bersantai pada sebuah gasebo sembari menyantap hidangan yang dijual di kafetaria setempat. Menu makan di sini pun tidak jauh beda dengan menu makan di luar kampung wisata, dengan uang Rp15.000 pengunjung sudah bisa menikmati ayam goreng, nasi goreng, dan varian mi, sudah beserta minumnya.

Kungkuk 2.jpg

“Kampung wisata yang keren, cocok untuk paket live in anak sekolah. Ada berbagai edukasi yang ditawarkan antara lain perah susu sapi, peternakan kelinci, industri keripik, pembibitan dan budidaya jamur tiram, pertanian apel, jeruk, jambu, bunga krisan, mawar, pickok. Selain itu ada pula budaya Tari Santar dan Samboyo. Sensasi live in di rumah warga, outbond, pelatihan kewirausahaan, praktek produksi dan lain-lain dipandu olah guide lokal yang sudah terlatih,” terang Putri Alin Jaya.

Sebagaimana diterangkan Putri, segala bentuk wisata di Kampung Wisata Kungkuk ini dikembangkan oleh warga setempat, baik dari segi wisata edukasi sampai guide yang dihadirkan untuk wisatawan. Sensasi live in yang dimaksud adalah cara wisatwan untuk bekerja sama dengan salah satu rumah warga yang ditunjuk sebagai homestay untuk menikmati cara bertani, berkebun, dan beternak selama menginap di rumah warga.


Read More

Kampung Wisata Kungkuk

Perkampungan yang menyediakan fasilitas live in untuk bercengkrama dan merasakan integrasi kehidupan di kampung.

None
None

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.