Bercinta Sebabkan Penularan COVID-19, Benarkah

Kesehatan

Bercinta Sebabkan Penularan COVID-19, Benarkah?

Pemerintah melalui situs covid19.go.id, melaporkan data terbaru perkembangan dari penyebaran virus SARS-CoV-2, di Indonesia. Hingga Jumat (8/5/2020) tercatat 13.112 kasus positif COVID-19 yang telah terkonfirmasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 943 pasien dilaporkan meninggal, sedangkan 2.494 orang lainnya dinyatakan sembuh.

Menggunakan masker dan jaga jarak fisik dengan orang lain adalah cara yang diimbau pemerintah, sebagaimana anjuran organisasi kesehatan dunia (WHO), untuk menghindari penyebaran virus. Sebab, tetesan cairan kecil (droplet) dari seseorang yang batuk atau pun bersin, adalah saluran penyebarannya.

Merebaknya COVID-19, tidak hanya membatasi hubungan sosial dan bermasyarakat saja, bahkan interaksi intim pasangan suami-istri—misalnya berciuman—juga dianjurkan untuk tidak dilakukan sementara waktu. Lantas bagaimana dengan hubungan seksual?

[Baca Juga: Hati-hati Angker, KRL Berisiko Tinggi Jadi Tempat Penularan COVID-19]

Sebelumnya, banyak pakar dan peneliti yang mengklaim bahwa COVID-19 berbeda dengan virus Ebola dan Zika. Diklaim, virus SARS-CoV-2 mustahil bisa ditularkan melalui cairan sperma (air mani) saat berhubungan ranjang dengan istri.

Kini keadaannya sudah berubah. Mengutip Journal of American Medical Association (8/5/2020) kantor berita Reuters melaporkan, ada indikasi atau potensi kecil untuk terjadinya penularan COVID-19 lewat hubungan seks.

Hasil itu didapat dari penelitian sebuah tim ilmuwan Tiongkok, yang menguji sperma dari 38 pria berstatus pasien COVID-19 di Rumah Sakit Kota Shangqiu. Para ilmuwan dibuat terkejut lantaran sampel sperma milik enam dari 38 pasien pria tersebut, mengandung virus SARS-CoV-2. Dari keenam pasien itu, empat di antaranya masih terinfeksi COVID-19 dan dua lainnya sedang dalam masa pemulihan.

Bercinta Sebabkan Penularan COVID-19, Benarkah

Kendati demikian, para peneliti menegaskan bahwa temuan tersebut masih lah tahap awal, hanya berdasarkan sejumlah sampel kecil pria yang terinfeksi. Menurut mereka, masih diperlukan lebih banyak penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah penularan seksual mungkin berperan dalam pandemi COVID-19.

“Penelitian lebih lanjut diperlukan sehubungan dengan informasi terperinci tentang pelepasan virus, waktu bertahan hidup, dan konsentrasi dalam air mani. Jika dapat dibuktikan bahwa SARS-CoV-2 dapat ditularkan secara seksual, itu mungkin menjadi bagian penting dari pencegahan, terutama mengingat fakta bahwa SARS-CoV-2 terdeteksi di sperma pasien yang sembuh,” bunyi dari tulisan hasil penelitian tim ilmuwan tersebut.

Temuan ini memancing respon kalangan pakar lainnya. Meski temuan para tim ilmuan Tiongkok itu sangat lah menarik namun tidak bisa dijadikan sebuah acuan tunggal. Sejumlah sanggahan pun mulai mencuat ke permukaan.

[Baca Juga: Joging dan Bersepeda Tinggi Risiko Penularan COVID-19]

Allan Pacey, adalah satu di antaranya. Profesor andrologi dari Universitas Sheffield, Inggris ini menegaskan, studi tersebut tidak boleh dilihat sebagai konklusif, karena ada beberapa kesulitan teknis dalam tes sperma untuk virus. Menurutnya, kandungan SARS-CoV-2 di dalam sperma tidak menunjukkan apakah itu aktif dan mampu menyebabkan infeksi pada orang lain.

“Namun, kita tidak perlu heran jika virus yang menyebabkan COVID-19 ditemukan dalam sperma beberapa pria, karena ini telah ditunjukkan dengan banyak virus lain seperti Ebola dan Zika,” sanggahnya.

Senada dengan itu, Sheena Lewis, Profesor kedokteran reproduksi dari Queen's University Belfast menekankan, ini adalah studi yang sangat kecil dan tak bisa diklaim temuan itu sesuai dengan penelitian kecil lain yang menunjukkan rendah atau tidak ada SARS-CoV-2 dalam tes sampel sperma. “Namun, efek jangka panjang SARS-CoV-2 pada reproduksi pria belum diketahui,” tukasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 3 months lalu
    suki

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88 <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Hanna56 2 years, 3 months lalu
    hanna56

    Bosan di rumah terus karena wabah ini ❓ ❔ buruan join di ⁣poker165.co ,permainan poker paling seru. dan jangan lewatkan bonus atau event dengan hadiah mencapai milyaran. menjadi ⁣milyarder bukan mimpi lagi untuk pemain poker165.co 😎