Berencana Libur Nataru di Solo Jangan Lupa Cicipi Kuliner Satu Ini.jpg

Kuliner

Berencana Libur Nataru di Solo? Jangan Lupa Cicipi Kuliner Satu Ini

Sebentar lagi momen libur panjang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru akan dimulai dengan tak sedikit masyarakat Tanah Air yang memilih untuk mudik ke kampung halaman atau berlibur ke daerah. Pada momen liburan ini dipastikan mayoritas wisatawan memasukan wisata kuliner sebagai agenda mereka selama berada di Surakarta. Bila Anda salah satunya maka jangan lupa mencicipi kuliner khas Kota Solo satu ini yang disebut menjadi favorita dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kuliner yang dimaksud adalah sate kere.

Bagi warga Surakarta, nama kuliner satu ini tentu saja tak asing lagi tapi mungkin untuk masyarakat di luar Solo akan sedikit kebingungan. Karena sate biasanya identik dengan daging (ayam, kambing, atau sapi) tapi untuk kuliner satu ini, bahan utamanya adalah tempe gembus. Penggunaan tempe gembus inilah yang juga menjadi alasan di balik penamaan makanan khas Kota Solo ini. Pasalnya kata kere di sate kere berasal dari bahasa Jawa yang berarti miskin.

Berencana Libur Nataru di Sol Jangan Lupa Cicipi Kuliner Satu Ini.jpg

Sebagaimana dilansir dari Surakarta.go.id (22/12/2022), munculnya sate kere tak terlepas dari sejarah Kolonialisasi Belanda di wilayah ini. Di mana masyarakat pribumi saat itu tidak memiliki uang untuk membeli daging yang harganya terbilang mahal sehingga warga Surakarta berusaha kreatif agar bisa menikmati sajian sate. Dari sinilah mereka memanfaatkan ampas tahu yang diproses menjadi tempe gambus dan terkadang jeroan sapi yang saat itu tak diminati sebagai bahan utama untuk pembuatan sate. Pada momen itulah sate kere lahir di Kota Solo.

Layaknya sate pada umumnya, sate kere biasanya menggunakan bumbu kacang atau bumbu kecak untuk meningkatkan cita rasanya. Tentu saja dengan keunikan sejarah di balik sate kere serta rasanya yang mungkin belum Anda coba maka kuliner khas Solo ini dapat menjadi salah satu menu yang masuk ke dalam rencana wisata kuliner di Surakarta.

[Baca Juga: Tahu Kupat Pak Gombloh, Legenda Kuliner Solo Sejak 1973]

Karena ini merupakan makanan khas maka tak heran bila banyak pedagang sate kere yang menjajakan dagangannya di Kota Solo. Namun bila Anda ingin mencicipi salah satu pedagang yang masuk kategori legendaris maka Sate Kere Mbak Tug yang sudah berjualan sejak tahun 1977 bisa menjadi opsinya. Sate kere yang usahanya dibangun oleh Tugiyem sejak ia masih berjualan berkeliling itu saat ini sudah menetap di Jalan Arifin 63. Sate Kere Mbak Tug disebut menjadi langganan Jokowi, baik ketika dirinya masih sebelum hingga menjadi Wali Kota Solo dulu alias sebelum menjabat sebagai Presiden RI. Harganya sendiri terbilang terjangkau, yakni Rp2.000 per tusuknya untuk yang berbahan tempe gembus dan Rp3.000 yang dari bahan jeroan.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.