tamplate foto pingpoint m.pptx

Kecantikan dan Fashion

Bergaya Trendy dan Menjaga Lingkungan dengan Sustainable Fashion

Sejak awal tahun 2020, masyarakat sudah mulai peduli terhadap isu-isu kedaduratan akan lingkungan. Banyak masyarakat yang juga mencari tahu akan penyebab kerusakan lingkungan di bumi tercinta ini. Setelah mengetahui penyebabnya, masyarakat juga memulai kebiasaan-kebiasaan baru seperti menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan.

Terdapat berbagai jenis barang ramah lingkungan yang biasa digunakan oleh masyarakat. Seperti alat makan yang terbuat dari stainless, serta pengurangan penggunaan kantong plastik yang digantikan oleh tas belanja pakai ulang.

Slide2.JPG

Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan ini kian hari kian meningkat. Barang-barang ramah lingkungan juga terus berkembang. Salah satu barang ramah lingkungan yang sedang digandrungi oleh masyarakat pada tahun 2021 ini adalah sustainable fashion.

Produk sustainable fashion yang sedang naik daun dan juga keuntungannya dalam menjaga lingkungan ini tentunya menarik perhatian para pelaku usaha fesyen. Seperti yang dirasakan oleh Windy Wulandari, pendiri bisnis sustainable fashion, From RAW.

Sebelum pandemi, Windy mengelola From RAW sebagai merek jasa custom sepatu di kota Malang. Namun pandemi mengharuskannya untuk kembali ke Jakarta. Ia merasa bahwa banyak bajunya yang sudah tidak terpakai. Dari sana lah muncul ide untuk membangun bisnis sustainable fashion.

[Baca Juga: Gaya Hidup Ramah Lingkungan Rentique X Eureka Fashion Trunk Show]

Produk yang sudah dihasilkan oleh From RAW sangatlah beragam, mulai dari baju, celana, bandana, topi, tas, hingga sepatu. Semua produk tersebut dibuat dari bahan-bahan sisa atau bekas pakai yang seringkali dianggap sebagai sampah bagi sebagian orang yang tentunya akan merusak lingkungan secara perlahan jika tidak dimanfaatkan kembali.

Selain ikut berkontribusi dalam melestarikan lingkungan, penggunaan produk sustainable fashion juga dapat menunjang gaya berpakaian anda. Terlebih, From RAW juga memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk memberikan rancangan desainnya sendiri. Pointers dapat menyesuaikannya dengan selera maupun tren fesyen yang sedang digandrungi.

Slide1.JPG

Dalam proses pembuatannya, produk-produk tersebut tidak membutuhkan alat-alat yang khusus. Bahan baku yang digunakan oleh Windy dalam menciptakan karya-karyanya juga didapatkan oleh kerabat dan teman-teman terdekat. Namun, hal tersebut juga dapat menjadi sebuah tantangan baginya.

“Ketika kehabisan bahan lalu kami menghubungi teman-teman, terkadang kami sering dipandang sebelah mata. Selain itu, seringkali jarak yang kami tempuh untuk mengambil bahan tersebut juga lumayan jauh,” jelas Windy kepada Pingpoint.co.id (02/06/2021)

Kisaran harga yang ditawarkan oleh From RAW untuk produk-produk uniknya adalah sekitar Rp60.000 sampai Rp180.000 dan Rp70.000 sampai Rp350.000 untuk jasa custom, sesuai dengan kesulitan dalam pembuatannya.

Slide4.JPG

Dengan harga yang masih terbilang ekonomis, Pointers sudah bisa mendapatkan produk ramah lingkungan dan juga unik, karena From RAW tidak melakukan produksi massal alias barang-barang yang mereka tawarkan sangatlah terbatas. Hanya sekitar 1 sampai 3 desain dalam satu kali produksi.


Read More

From RAW

Sustainable Fashion Product

None
None

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.