Juni Mulai Normal, Pemda Siapkan Pariwisata di Jogja

Bisnis

Berharap Juni Mulai Normal, Pemda Siapkan Pariwisata di Jogja

Pemerintah pusat telah menetapkan, mulai dari awal Juni, masyarakat sudah harus bisa hidup berdampingan dengan COVID-19. Maka dari itu, Juni mendatang kehidupan mulai dijalankan normal seperti sedia kala, salah satunya membuka tempat wisata yang awalnya ditutup untuk menekan penyebaran virus.

Mendengar hal ini Pemad DIY tak ingin buru-buru dan masih menunggu dinamika penyebaran COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menuturkan, Candi Prambanan mulai beroperasi sebagai bagian dari destinasi PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) merupakan salah satu langkah pemulihan pariwisata yang dilakukan Kementerian BUMN.

[Baca Juga: Alasan Yogyakarta Tak Berlakukan PSBB Meskipun Kasus Bertambah]

“Menteri BUMN Eric Tohir, menyampaikan lima langkah masa recovery, salah satunya TWC yang berada di bawah BUMN akan dibuka pada 8 Juni mendatang,” ujar Singgih seperti dilansir dari harianjogja.com (20/5/2020).

Singgih melanjutkan, pihaknya masih mempersiapkan sarana fisik dan nonfisik seperti sumber daya manusia, protokol kesehatan dan lainnya. “Jangan sampai dibukanya destinasi malah meningkatkan persebaran COVID-19 karena belum benar-benar siap,” katanya.

Objek wisata di Bantul juga dipastikan tidak akan bisa dibuka dalam waktu dekat. Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, pelaku wisata kini mulai menyiapkan diri untuk menghadapi situasi new normal dan berencana beroperasi pada bulan Juni. Namun beberapa tempat wisata di Jogja tidak serta merta dibuka.

Juni Mulai Normal, Pemda Siapkan Pariwisata di Jogja

Heru berharap, adanya kekompakan dalam pembukaan objek wisata, karena harus disesuaikan dengan kebijakan lokal, yaitu kewenangan untuk membuka kembali sejumlah objek wisata ada di tangan masing-masing bupati dan wali kota.

Menurut dia, kemungkinan besar objek wisata di Bantul belum bisa dibuka pada Juni mendatang. Sebab, saat ini, Bantul sedang dihadapkan pada peningkatan kasus COVID-19. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan tenaga kesehatan, agar tak salah langkah.

Meski demikian, Dinas Pariwisata Bantul siap jika ada kebijakan yang meminta agar objek wisata dibuka pada Juni mendatang. Namun pihaknya tetap membutuhkan waktu untuk berkoordinasi mengenai penerapan protokol kesehatan di objek wisata untuk menghadapi situasi new normal, salah satunya adalah penempatan tempat cuci tangan dan penerapan jaga jarak.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.