Juni Mulai Normal, Pemda Siapkan Pariwisata di Jogja

Bisnis

Berharap Juni Mulai Normal, Pemda Siapkan Pariwisata di Jogja

Pemerintah pusat telah menetapkan, mulai dari awal Juni, masyarakat sudah harus bisa hidup berdampingan dengan COVID-19. Maka dari itu, Juni mendatang kehidupan mulai dijalankan normal seperti sedia kala, salah satunya membuka tempat wisata yang awalnya ditutup untuk menekan penyebaran virus.

Mendengar hal ini Pemad DIY tak ingin buru-buru dan masih menunggu dinamika penyebaran COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menuturkan, Candi Prambanan mulai beroperasi sebagai bagian dari destinasi PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) merupakan salah satu langkah pemulihan pariwisata yang dilakukan Kementerian BUMN.

[Baca Juga: Alasan Yogyakarta Tak Berlakukan PSBB Meskipun Kasus Bertambah]

“Menteri BUMN Eric Tohir, menyampaikan lima langkah masa recovery, salah satunya TWC yang berada di bawah BUMN akan dibuka pada 8 Juni mendatang,” ujar Singgih seperti dilansir dari harianjogja.com (20/5/2020).

Singgih melanjutkan, pihaknya masih mempersiapkan sarana fisik dan nonfisik seperti sumber daya manusia, protokol kesehatan dan lainnya. “Jangan sampai dibukanya destinasi malah meningkatkan persebaran COVID-19 karena belum benar-benar siap,” katanya.

Objek wisata di Bantul juga dipastikan tidak akan bisa dibuka dalam waktu dekat. Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, pelaku wisata kini mulai menyiapkan diri untuk menghadapi situasi new normal dan berencana beroperasi pada bulan Juni. Namun beberapa tempat wisata di Jogja tidak serta merta dibuka.

Juni Mulai Normal, Pemda Siapkan Pariwisata di Jogja

Heru berharap, adanya kekompakan dalam pembukaan objek wisata, karena harus disesuaikan dengan kebijakan lokal, yaitu kewenangan untuk membuka kembali sejumlah objek wisata ada di tangan masing-masing bupati dan wali kota.

Menurut dia, kemungkinan besar objek wisata di Bantul belum bisa dibuka pada Juni mendatang. Sebab, saat ini, Bantul sedang dihadapkan pada peningkatan kasus COVID-19. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan tenaga kesehatan, agar tak salah langkah.

Meski demikian, Dinas Pariwisata Bantul siap jika ada kebijakan yang meminta agar objek wisata dibuka pada Juni mendatang. Namun pihaknya tetap membutuhkan waktu untuk berkoordinasi mengenai penerapan protokol kesehatan di objek wisata untuk menghadapi situasi new normal, salah satunya adalah penempatan tempat cuci tangan dan penerapan jaga jarak.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video .jpg

Berita Kawasan

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video

06 June 2020, 13:00

Di ulang tahun ke 538, Hari Jadi Bogor dirayakan dengan sederhana tak seperti biasanya karena terselenggara di tengah pandemi.

berjalan tertib, begini prosedur rapid test di sukolilo2.jpg

Berita Kawasan

Berjalan Tertib, Begini Prosedur Rapid Test di Sukolilo

06 June 2020, 12:00

Sepekan sudah uji cepat dan uji swab dilakukan di penjuru Surabaya. Pelaksanaan relatif berlangsung tertib, seperti yang terjadi di kawasan Terminal Keputih Sukolilo.

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli .jpg

Berita Kawasan

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli

06 June 2020, 11:00

Sembari menjalankan masa new normal, Kota Bekasi kembali memperpanjang masa PSBB selama 28 hari

Begini Caranya Atasi Wajah Berminyak Secara Alami Lidah Buaya

Berita Kawasan

Baru! Kota Malang Ciptakan Kampung Aloe vera di Masa Pandemi COVID-19

06 June 2020, 10:46

Kampung Aloe vera diinisiasi Pertamina Fuel Terminal Malang melalui Program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Comments


Please Login to leave a comment.