Berikut Hal-hal yang Bisa Anda Lakukan Jika Ada Kebocoran Radioaktif

Kesehatan

Berikut Antisipasi yang Bisa Dilakukan Jika Ada "Kebocoran" Radioaktif

Warga diimbau untuk tidak memasuki lokasi yang terkontaminasi radioaktif di lingkungan Perumahan Batan Indah, Jl. Raya Serpong, Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan. Khususnya di lingkungan area tanah kosong di samping lapangan voli Blok J yang telah dikelilingi pita kuning pembatas.

Berdasarkan rilis yang diterima PingPoint.co.id (15/2/2020) dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dikatakan tim uji fungsi melakukan pengecekan ulang dan penyisiran di sekitar daerah tersebut di atas, dan ditemukan nilai paparan radiasi lingkungan dengan laju paparan terukur signifikan di atas nilai normal.

Berikut Hal-hal yang Bisa Anda Lakukan Jika Ada Kebocoran Radioaktif Perumahan Batan Indah

Meskipun kontaminasi tersebut masih tergolong kecil, ada baiknya Anda mengetahui apa yang harus Anda lakukan jika terjadi kebocoran radioaktif untuk mengurangi paparan radiasi. Radiasi dapat menempel pada pakaian dan tubuh Anda, seperti debu atau lumpur.

[Baca Juga: Nomor Darurat 112 Layani Keamanan Warga Kota Tangerang Selatan]

Jika Anda bisa, lepaskan lapisan pakaian luar Anda sebelum memasuki gedung. Setelah masuk, cuci bagian tubuh Anda yang terbuka, dan kenakan pakaian bersih untuk mengurangi paparan radiasi Anda dan menjaga agar bahan radioaktif tidak menyebar.

Berikut Hal-hal yang Bisa Anda Lakukan Jika Ada Kebocoran Radioaktif

Berdasarkan situs Centers for Disease Control and Prevention cdc.gov, berikut hal-hal yang harus Anda lakukan:

  • Menghindari area luar bangunan, masuklah ke dalam rumah atau gedung terdekat.
  • Jika Anda harus berada di luar dan tidak bisa langsung masuk, tutup mulut dan hidung Anda dengan masker, kain, atau handuk. Ini dapat membantu mengurangi jumlah partikel berbahaya yang Anda hirup.
  • Begitu masuk, pergi ke ruang bawah tanah atau tengah bangunan. Bahan radioaktif mengendap di bagian luar bangunan, jadi hal terbaik yang harus dilakukan adalah berada sejauh mungkin dari dinding dan atap bangunan.
  • Jika Anda berada di dalam mobil, bus, atau kendaraan lain selama darurat radiasi, masuk ke dalam gedung segera. Mobil tidak akan memberikan perlindungan dari radiasi.
  • Jika bangunan bata atau beton bertingkat dapat dicapai dengan aman dalam beberapa menit, pergilah ke sana. Bangunan apa pun lebih aman daripada berada di luar.

[Baca Juga: Film SEMES7A Ajak Masyarakat untuk Peduli Lingkungan Sekitar]

Kontaminasi radioaktif dan paparan radiasi dapat terjadi jika bahan radioaktif dilepaskan ke lingkungan sebagai akibat dari kecelakaan, peristiwa di alam, atau tindakan terorisme. Pelepasan seperti itu dapat mengekspos orang dan mencemari lingkungan dan properti. Terpapar atau terkontaminasi radioaktif dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, baik itu fisik maupun mental. Segera cari pertolongan medis jika terkena paparan radiasi radioaktif.

Read More

Artikel Lainnya

Sensus Penduduk Tetap Berjalan Secara Daring Selama Pandemi COVID-19

Berita Kawasan

Sensus Penduduk Tetap Berjalan Secara Daring Selama Pandemi COVID-19

07 April 2020, 11:00

Menurut data Disdukcapil Kota Tangerang, per 2 April, sejumlah 103.667 keluarga Kota Tangerang telah berpartisipasi sensus penduduk online 2020.

Kemendikbud Akan Beri Sertifikat Penghargaan 15.000 Relawan Mahasiswa

Pendidikan

Kemendikbud Akan Beri Sertifikat Penghargaan 15.000 Relawan Mahasiswa

07 April 2020, 10:00

Relawan mahasiswa kesehatan yang membantu menangani COVID-19 ini akan diberikan sertifikat yang dapat dikonversikan menajdi SKS.

4 Rekomendasi Film Romantis Selama Isolasi Diri

Berita Kawasan

4 Rekomendasi Film Romantis Selama Isolasi Diri

07 April 2020, 09:00

Film-film romantis berikut bisa temani Anda isolasi diri di rumah. Ada empat film pilihan kami yang bisa ditonton dari beberapa aplikasi streaming film.

Terminal Giwangan Rajin Disinfeksi untuk Antisipasi Covid-19

Berita Kawasan

Terminal Giwangan Rajin Disinfeksi untuk Antisipasi COVID-19

07 April 2020, 08:00

Sebagai salah satu upaya untuk mencegah menyebarnya Virus Corona, Terminal Giwangan rajin didisinfeksi per tiga hari.


Comments


Please Login to leave a comment.