Berikut yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Gas Air Mata

Kesehatan

Berikut yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Gas Air Mata

Belakangan ini banyak aksi demonstrasi yang berakhir dengan kerusuhan. Banyak korban yang terluka, bahkan ada yang meninggal. Efek gas air mata pun tetap terasa berjam-jam setelah kerusuhan selesai oleh warga yang melintas di lokasi demonstrasi. Sebelum mempelajari bagaimana cara mengatasi efek gas air mata, ada baiknya kita ketahui dulu apa sebenarnya alat pengendalian kerumunan ini. Seperti diterjemahkan dari situs resmi International News Safety Institute atau INSI (29/9/2019), berikut penjelasannya.

Pasukan keamanan diizinkan secara hukum untuk menggunakan gas air mata untuk pengendalian kerumunan, tetapi ada pedoman internasional yang ketat tentang penggunaannya dan cara penggunaannya terhadap warga sipil untuk pengendalian kerumunan.

[Baca Juga: Setelah Bagikan Nasi Kotak, Awkarin Ajak Bersihkan Area Demonstrasi]

Gas air mata dikirim melalui semprotan atau tabung granat yang ditembakkan dari pistol. Tabung itu sendiri bisa berbahaya karena biasanya menghasilkan banyak panas dan akan menyebabkan luka bakar yang tidak enak jika ditangani. Jika mereka ditembakkan dari jarak dekat, mereka dapat menyebabkan kerusakan serius pada tubuh seseorang dan mengakibatkan kematian.

Berikut yang Harus Anda Lakukan Jika Terkena Gas Air Mata

Sensasi Terbakar

Ketika bahan kimia yang digunakan dalam gas air mata bereaksi dengan uap air mereka menyebabkan sensasi terbakar, yang berarti bahwa mata, kulit, dan paru-paru sangat rentan. Krim berbasis minyak, tabir surya dan make-up juga akan menyerap gas air mata, jadi hindari memakai ini ketika meliput protes di mana gas air mata mungkin digunakan. Gas air mata menyerang paru-paru, jadi jika Anda menderita penyakit pernapasan apa pun, termasuk asma, Anda harus serius mempertimbangkan dampak berbahaya yang mungkin ditimbulkan pada kondisi Anda.

Efek dari Gas Air Mata

  • Aliran dan pembakaran kelopak mata dan tenggorokan serta batuk yang berlebihan adalah reaksi terhadap gas air mata.
  • Kelebihan lendir yang berasal dari hidung, kelopak mata, dan tenggorokan juga sering terjadi.
  • Orang-orang sering melaporkan bahwa mereka merasa disorientasi dan pusing setelah menghirupnya.

Efeknya biasanya hilang dalam satu jam, meskipun perasaan terbakar dan kulit yang sangat teriritasi dapat bertahan selama berjam-jam.

Cara Melindungi Diri

Masker gas (sering disebut respirator) adalah alat terbaik untuk melindungi diri Anda. Mereka tidak murah, tetapi mereka akan memungkinkan Anda untuk tetap berada di area yang terkena gas air mata.

Masker gas terdiri dari masker karet dengan tabung dan filter yang dipasang di samping. Ini disesuaikan dengan ukuran dan bentuk wajah Anda. Anda tidak boleh berasumsi bahwa wajah Anda akan cocok untuk orang lain. Pastikan Anda memiliki tabung cadangan, karena mereka perlu diganti setelah beberapa jam (ini tergantung pada merek dan model masker gas serta berapa lama telah digunakan).

Jika Anda sudah memiliki masker gas, pastikan itu berfungsi dengan baik dan dipasang dengan benar. Masker apa pun yang dibeli secara daring atau di toko peralatan militer harus diperiksa seorang ahli untuk memastikan dapat berfungsi dengan benar.

[Baca Juga: Usai Demonstrasi Mahasiswa, Transjakarta Alihkan Sejumlah Rute]

INSI adalah organisasi berbasis anggota yang didedikasikan untuk keselamatan jurnalis. Informasi ini disampaikan bukan hanya untuk mereka yang berprofesi sebagai wartawan yang meliput area konflik dan demonstrasi, tapi juga akan bermanfaat bagi para peserta demonstrasi, tim relawan medis, dan juga warga biasa yang terjebak di tengah konflik.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.