Berjalan Tanpa Alas Kaki Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Kesehatan

Berjalan Tanpa Alas Kaki Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Berjalan tanpa alas kaki memang sudah sering dilakukan bagi sebagain besar orang saat di rumah. Namun lain halnya ketika di luar rumah atau alam terbuka, tidak banyak yang melakukannya dengan alasan untuk melindungi kaki dari kotoran ataupun terluka.

Meskipun demikian, banyak juga yang percaya bahwa berjalan tanpa alas kaki, sandal atau sepatu, di luar rumah atau alam terbuka itu menyehatkan. Dikutip dari laman Ciputra Hospitals (5/4/2019), berjalan tanpa alas kaki dapat menjaga keseimbangan tubuh serta meregangkan otot sekaligus memperkuat tendon, ligamen, pergelangan kaki dan betis.

[Baca Juga: Komunitas B2W, Ajak Warga Jakarta Olahraga Sebelum Bekerja]

Hal tersebut dikarenakan berjalan tanpa alas kaki memungkinkan kerja otot tertentu yang membantu menjaga postur tubuh. Selain itu, berjalan tanpa alas kaki di rumput membantu mengurangi kecemasan dan depresi sebesar 62 persen. Berjalan tanpa alas kaki juga meningkatkan kadar endorfin pada otak yang memberi efek bahagia pada manusia.

Telapak kaki memiliki sejumlah titik refleksi yang terhubung ke hampir semua organ tubuh. Setiap titik refleksi kaki memiliki fungsi yang berbeda dan mewakili orga tubuh yang berbeda pula. Pada dasarnya titik refleksi kaki kanan dan kiri memiliki kesamaan letak titik saraf.

[Baca Juga: Jangan Lupa Pemanasan Untuk Menghindari Cedera Ketika Berenang]

Akan tetapi, terdapat beberapa perbedaan untuk titik saraf organ di kepala yang letaknya terbalik pada telapak kaki. Misalnya saraf otak sebelah kanan ada ditelapak kaki sebelah kiri, sedangkan saraf otak sebelah kiri ada ditelapak kaki sebelah kanan.

Benjolan kecil, batu, atau permukaan kasar akan merangsang titik refleksi pada kaki. Meskipun pada awalnya mungkin terluka kecil, tepapi memiliki efek positif bagi tubuh untuk meredakan atau mengurangi berbagai gejala penyakit.

[Baca Juga: Menghilangkan Bau Kaki dengan Bedak Bayi]

Saat waktu luang, sempatkanlah berjalan tanpa alas kaki di rumput. Bumi atau tanah memiliki muatan ion negatif yang berperan dalam detoksifikasi tubuh, menguragni efek peradangan, hormonan siklus sinkronisasi dan irama fisiologis, juga memberikan efek ketenangan.

Jangan ragu untuk menanggalkan alas kaki saat beraktivitas ringan di alam terbuka seperti saat olahraga ringan. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, namun juga bagi ketentraman jiwa dan raga.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.