Berjalan Tanpa Alas Kaki Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Kesehatan

Berjalan Tanpa Alas Kaki Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Berjalan tanpa alas kaki memang sudah sering dilakukan bagi sebagain besar orang saat di rumah. Namun lain halnya ketika di luar rumah atau alam terbuka, tidak banyak yang melakukannya dengan alasan untuk melindungi kaki dari kotoran ataupun terluka.

Meskipun demikian, banyak juga yang percaya bahwa berjalan tanpa alas kaki, sandal atau sepatu, di luar rumah atau alam terbuka itu menyehatkan. Dikutip dari laman Ciputra Hospitals (5/4/2019), berjalan tanpa alas kaki dapat menjaga keseimbangan tubuh serta meregangkan otot sekaligus memperkuat tendon, ligamen, pergelangan kaki dan betis.

[Baca Juga: Komunitas B2W, Ajak Warga Jakarta Olahraga Sebelum Bekerja]

Hal tersebut dikarenakan berjalan tanpa alas kaki memungkinkan kerja otot tertentu yang membantu menjaga postur tubuh. Selain itu, berjalan tanpa alas kaki di rumput membantu mengurangi kecemasan dan depresi sebesar 62 persen. Berjalan tanpa alas kaki juga meningkatkan kadar endorfin pada otak yang memberi efek bahagia pada manusia.

Telapak kaki memiliki sejumlah titik refleksi yang terhubung ke hampir semua organ tubuh. Setiap titik refleksi kaki memiliki fungsi yang berbeda dan mewakili orga tubuh yang berbeda pula. Pada dasarnya titik refleksi kaki kanan dan kiri memiliki kesamaan letak titik saraf.

[Baca Juga: Jangan Lupa Pemanasan Untuk Menghindari Cedera Ketika Berenang]

Akan tetapi, terdapat beberapa perbedaan untuk titik saraf organ di kepala yang letaknya terbalik pada telapak kaki. Misalnya saraf otak sebelah kanan ada ditelapak kaki sebelah kiri, sedangkan saraf otak sebelah kiri ada ditelapak kaki sebelah kanan.

Benjolan kecil, batu, atau permukaan kasar akan merangsang titik refleksi pada kaki. Meskipun pada awalnya mungkin terluka kecil, tepapi memiliki efek positif bagi tubuh untuk meredakan atau mengurangi berbagai gejala penyakit.

[Baca Juga: Menghilangkan Bau Kaki dengan Bedak Bayi]

Saat waktu luang, sempatkanlah berjalan tanpa alas kaki di rumput. Bumi atau tanah memiliki muatan ion negatif yang berperan dalam detoksifikasi tubuh, menguragni efek peradangan, hormonan siklus sinkronisasi dan irama fisiologis, juga memberikan efek ketenangan.

Jangan ragu untuk menanggalkan alas kaki saat beraktivitas ringan di alam terbuka seperti saat olahraga ringan. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, namun juga bagi ketentraman jiwa dan raga.

Read More

Artikel Lainnya

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.


Comments


Please Login to leave a comment.