berjalan tertib, begini prosedur rapid test di sukolilo2.jpg

Berita Kawasan

Berjalan Tertib, Begini Prosedur Rapid Test di Sukolilo

Memasuki masa transisi menuju kenormalan baru (new normal) situs covid19.go.id melaporkan hingga Jumat (5/6/2020) 29.521 kasus positif COVID-19 di tanah air, dengan rincian 9.443 pasien sembuh dan 1.770 pasien meninggal dunia.

Provinsi Jawa Timur (Jatim) masih berada di posisi kedua setelah DKI Jakarta dengan jumlah kasus sebanyak 5.547 kasus, dengan rincian 1.361 pasien sembuh dan 462 meninggal dunia. Dari seluruh cakupan wilayah Jatim, penyumbang terbesar adalah Kota Surabaya. Tercatat kota pahlawan memiliki 2.880 kasus, dengan rincian 742 pasien sembuh dan 266 pasien meninggal dunia.

Proses pemetaan dan penelusuran ke seluruh warga kian gencar dilakukan Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya sebagai langkah pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran virus SARS-CoV-2 di kota pahlawan.

Jumat (5/6/2020) kemarin situs surabaya.go.id melaporkan, sejak kamis (4/6/2020) Terminal Keputih, Sukolilo Surabaya terus dipadati masyarakat, yang datang dari beberapa wilayah untuk mengikuti rapid test dan swab massal yang digelar Pemkot bersama Badan Intelijen Negara (BIN).

Demi kelancaran sekaligus mengantisipasi terjadinya kepadatan, Pemkot telah menyiapkan ratusan kursi antrean yang berjejer rapih dengan pengaturan jarak satu dan yang lain. Hal ini dilakukan sebagaimana yang sudah diamanatkan oleh protokol kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yanhg mengedepankan asas physical distancing.

berjalan tertib, begini prosedur rapid test di sukolilo1.jpg

Selain menyiapkan kursi antrean, Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya, Irvan Widyanto mengungkapkan, pihaknya juga menerapkan prosedur yang harus dipatuhi seluruh warga yang ingin menjalani tes.

Dia menuturkan, bagi warga yang belum mendapat kursi antrean, diarahkan untuk pulang atau menunggu di luar area pelaksanaan tes. Namun, ketika menunggu di luar mereka akan diawasi agar tidak berkerumun. “Kita siapkan kursi sebanyak 200 buah, mereka harus duduk dulu menunggu antrean. Yang belum dapat kursi, kita minta menyebar. Kita larang bergerombol,” tegas Irvan.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dalam rapid test massal yang digelar kali ini, telah disiagakan ratusan personel petugas untuk mengatur warga yang datang agar tetap menerapkan physical distancing dan protokol kesehatan.

Irvan menyebut, setidaknya ada 131 personel yang disiagakan. Mereka terdiri dari anggota Linmas, Satpol PP, jajaran kecamatan serta petugas dari kepolisian dan TNI. "Ini hari ketujuh rapid test dan swab massal ini. Kita menyiagakan personel juga di luar area pelaksanaan tes untuk meminta warga supaya menyebar dan tidak berkelompok,” tandasnya.

Sekadar informasi, selain berlangsung di Terminal Keputih Sukolilo, hari ini rapid test dan swab massal juga dilaksanakan di Jalan Pegirian, kawasan Ampel Surabaya. Rapid test ini menggunakan Mobil PCR (polymerase chain reaction) dari BIN dengan masing-masing kuota disiapkan 500 peserta.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 3 months lalu
    anisa

    merasa bosan #dirumahaja dan ga bisa kemanamana?di masa2 pandemi covid-19 ? lsg cari atau search di google aja QQHARIAN Dan Dapatkan Promo atau Hadiahnya yang Wow dan Ternyala guys.