berjalan tertib, begini prosedur rapid test di sukolilo2.jpg

Berita Kawasan

Berjalan Tertib, Begini Prosedur Rapid Test di Sukolilo

Memasuki masa transisi menuju kenormalan baru (new normal) situs covid19.go.id melaporkan hingga Jumat (5/6/2020) 29.521 kasus positif COVID-19 di tanah air, dengan rincian 9.443 pasien sembuh dan 1.770 pasien meninggal dunia.

Provinsi Jawa Timur (Jatim) masih berada di posisi kedua setelah DKI Jakarta dengan jumlah kasus sebanyak 5.547 kasus, dengan rincian 1.361 pasien sembuh dan 462 meninggal dunia. Dari seluruh cakupan wilayah Jatim, penyumbang terbesar adalah Kota Surabaya. Tercatat kota pahlawan memiliki 2.880 kasus, dengan rincian 742 pasien sembuh dan 266 pasien meninggal dunia.

Proses pemetaan dan penelusuran ke seluruh warga kian gencar dilakukan Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya sebagai langkah pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran virus SARS-CoV-2 di kota pahlawan.

Jumat (5/6/2020) kemarin situs surabaya.go.id melaporkan, sejak kamis (4/6/2020) Terminal Keputih, Sukolilo Surabaya terus dipadati masyarakat, yang datang dari beberapa wilayah untuk mengikuti rapid test dan swab massal yang digelar Pemkot bersama Badan Intelijen Negara (BIN).

Demi kelancaran sekaligus mengantisipasi terjadinya kepadatan, Pemkot telah menyiapkan ratusan kursi antrean yang berjejer rapih dengan pengaturan jarak satu dan yang lain. Hal ini dilakukan sebagaimana yang sudah diamanatkan oleh protokol kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yanhg mengedepankan asas physical distancing.

berjalan tertib, begini prosedur rapid test di sukolilo1.jpg

Selain menyiapkan kursi antrean, Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya, Irvan Widyanto mengungkapkan, pihaknya juga menerapkan prosedur yang harus dipatuhi seluruh warga yang ingin menjalani tes.

Dia menuturkan, bagi warga yang belum mendapat kursi antrean, diarahkan untuk pulang atau menunggu di luar area pelaksanaan tes. Namun, ketika menunggu di luar mereka akan diawasi agar tidak berkerumun. “Kita siapkan kursi sebanyak 200 buah, mereka harus duduk dulu menunggu antrean. Yang belum dapat kursi, kita minta menyebar. Kita larang bergerombol,” tegas Irvan.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dalam rapid test massal yang digelar kali ini, telah disiagakan ratusan personel petugas untuk mengatur warga yang datang agar tetap menerapkan physical distancing dan protokol kesehatan.

Irvan menyebut, setidaknya ada 131 personel yang disiagakan. Mereka terdiri dari anggota Linmas, Satpol PP, jajaran kecamatan serta petugas dari kepolisian dan TNI. "Ini hari ketujuh rapid test dan swab massal ini. Kita menyiagakan personel juga di luar area pelaksanaan tes untuk meminta warga supaya menyebar dan tidak berkelompok,” tandasnya.

Sekadar informasi, selain berlangsung di Terminal Keputih Sukolilo, hari ini rapid test dan swab massal juga dilaksanakan di Jalan Pegirian, kawasan Ampel Surabaya. Rapid test ini menggunakan Mobil PCR (polymerase chain reaction) dari BIN dengan masing-masing kuota disiapkan 500 peserta.

Read More

Artikel Lainnya

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

Kecantikan dan Fashion

Nike Air Force 1s, Sepatu Favorit Para Supermodel

09 July 2020, 10:00

Muncul pada tahun 1982, sneaker ini bergaya klasik dan dapat diandalkan sehingga terkenal sebagai salah satu sepatu terlaris di Amerika Serikat hingga hari ini.

nasi cumi waspada_3.jpg

Kuliner

Nasi Cumi Waspada Siap Goda Selera Anda Selama 24 Jam

08 July 2020, 20:32

Sensasi menyantap nasi cumi yang dijajakan di pinggir jalan memang tidak ada duanya, terlebih lagi selalu tersedia selama 24 jam.

transformasi digital adira insurance_1.jpg

Bisnis

Adira Insurance Sukses Rebut Perhatian Generasi Milenial Berkat Transformasi Digital

08 July 2020, 18:00

Adira Insurance melihat era new normal sebagai tantangan dan peluang untuk terus maju menjadi yang terdepan di industri Asuransi Umum.

94171381_l.jpg

Hobi dan Hiburan

Tayangan Netflix Dapat Diakses Oleh Pelanggan Jaringan TelkomGroup

08 July 2020, 17:01

Pembukaan akses ini akan memungkinkan pelanggan IndiHome, Telkomsel, dan wifi.id mengakses konten-konten Netflix.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 1 month lalu
    anisa

    merasa bosan #dirumahaja dan ga bisa kemanamana?di masa2 pandemi covid-19 ? lsg cari atau search di google aja QQHARIAN Dan Dapatkan Promo atau Hadiahnya yang Wow dan Ternyala guys.