Omzet UKM Meningkat Dalam Rangkaian HUT Bekasi

Bisnis

Berjualan dalam Rangkaian HUT Bekasi, Omzet UKM Meningkat

Rangkaian Hari Ulang Tahun ke-22 Kota Bekasi dirayakan dalam sebuah rangkaian acara. Dalam setiap acara, para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) mendapatkan tempat berjualan. Mulai dari pelaksaaan Bazar Bekasi Keren di Kecamatan Bekasi Barat, Festival Budaya Bekasi di Fresh Market Grand Galaxy City, gelaran Bekasi Night Carnival di Summarecon Bekasi, hingga acara penutupan dalam Festival Budaya di Harapan Indah, selalu menghadirkan para pelaku UKM sebagai pelengkap gelaran. UKM dapat membuka lapak dan berjualan aneka produk.

Kepala Disnas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Bekasi Ahmad Zarkasih menyebutkan, para pelaku UKM peserta acara tersebut mendapatkan omzet yang terbilang cukup baik. Sebanyak 111 pelaku UKM yang dilibatkan pada Festival Budaya di Grand Galaxy City bahkan mampu mendapatkan omzet hingga Rp89 juta dalam dua hari sebagaimana dikatakan Zarkasih pada lansiran bekasikota.go.id (2/4/2019).

[Baca Juga: Lomba Paduan Suara Aparatur Jelang HUT Ke-22 Bekasi]

Dalam acara Bekasi Night Carnival di Summarecon Bekasi juga menghasilkan omzet yang lebih fantastis yang diraup para pelaku UKM, yakni sebesar sekitar Rp211 juta dari 91 pelaku UKM selama dua hari. Sementara pada acara Festival Budaya di Harapan Indah, Zarkasih mengaku pihaknya belum mendapat laporan.

"Untuk yang Festival Budaya di Harapan Indah, kami belum dapat laporannya. Mudah-mudahan lebih besar lagi karena UKM yang berpartisipasi lebih banyak lagi, yakni sampai 211 pelaku," ujarnya.

[Baca Juga: Prasasti Ditandatangani, Bekasi Siap Sambut Trans Park]

Mengutip bekasikota.go.id (2/4/2019), salah satu UKM yang mengikuti bazar di sejumlah acara tersebut yang bernama Rita mengaku mendapatkan keuntungan dari hasil menjual kerajinan yang dibuat dari bahan akrilik.
“Saya tidak kapok karena dengan ikut acara-acaranya Pemkot Bekasi, sudah terasa keuntungannya. Dari setiap acara, ada saja pembeli yang menjadi pelanggan, sehingga tidak sekadar omset penjualan yang naik," ucapnya.

Rita juga menyebutkan omzet penjualan yang didapatkannya selama mengikuti acara rangkaian HUT Kota Bekasi selama bulan Maret 2019, yakni sebesar Rp1 juta saat menggelar dagangannya di Bazar Bekasi Keren selama dua hari. Sementara di bazar Bekasi Night Carnival, dia mendapatkan keuntungan hingga Rp4 juta dari dua hari berjualan dan di awal pembukaan Festival Budaya berhasil menjual kerajinannya hingga Rp450.000.

[Baca Juga: Ada Tempat untuk IKM dan UKM di Cityplaza Jatinegara]

Dengan hasil keuntungan yang dia peroleh, dia mengaku semakin yakin jika ada kemauan berjualan di bazar-bazar, akan selalu ada pembeli yang datang dan akan terus ingin berpartisipasi dalam acara-acara bazar yang diselenggarakan Pemkot Bekasi.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.