ads
Omzet UKM Meningkat Dalam Rangkaian HUT Bekasi

Bisnis

Berjualan dalam Rangkaian HUT Bekasi, Omzet UKM Meningkat

Rangkaian Hari Ulang Tahun ke-22 Kota Bekasi dirayakan dalam sebuah rangkaian acara. Dalam setiap acara, para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) mendapatkan tempat berjualan. Mulai dari pelaksaaan Bazar Bekasi Keren di Kecamatan Bekasi Barat, Festival Budaya Bekasi di Fresh Market Grand Galaxy City, gelaran Bekasi Night Carnival di Summarecon Bekasi, hingga acara penutupan dalam Festival Budaya di Harapan Indah, selalu menghadirkan para pelaku UKM sebagai pelengkap gelaran. UKM dapat membuka lapak dan berjualan aneka produk.

Kepala Disnas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Bekasi Ahmad Zarkasih menyebutkan, para pelaku UKM peserta acara tersebut mendapatkan omzet yang terbilang cukup baik. Sebanyak 111 pelaku UKM yang dilibatkan pada Festival Budaya di Grand Galaxy City bahkan mampu mendapatkan omzet hingga Rp89 juta dalam dua hari sebagaimana dikatakan Zarkasih pada lansiran bekasikota.go.id (2/4/2019).

[Baca Juga: Lomba Paduan Suara Aparatur Jelang HUT Ke-22 Bekasi]

Dalam acara Bekasi Night Carnival di Summarecon Bekasi juga menghasilkan omzet yang lebih fantastis yang diraup para pelaku UKM, yakni sebesar sekitar Rp211 juta dari 91 pelaku UKM selama dua hari. Sementara pada acara Festival Budaya di Harapan Indah, Zarkasih mengaku pihaknya belum mendapat laporan.

"Untuk yang Festival Budaya di Harapan Indah, kami belum dapat laporannya. Mudah-mudahan lebih besar lagi karena UKM yang berpartisipasi lebih banyak lagi, yakni sampai 211 pelaku," ujarnya.

[Baca Juga: Prasasti Ditandatangani, Bekasi Siap Sambut Trans Park]

Mengutip bekasikota.go.id (2/4/2019), salah satu UKM yang mengikuti bazar di sejumlah acara tersebut yang bernama Rita mengaku mendapatkan keuntungan dari hasil menjual kerajinan yang dibuat dari bahan akrilik.
“Saya tidak kapok karena dengan ikut acara-acaranya Pemkot Bekasi, sudah terasa keuntungannya. Dari setiap acara, ada saja pembeli yang menjadi pelanggan, sehingga tidak sekadar omset penjualan yang naik," ucapnya.

Rita juga menyebutkan omzet penjualan yang didapatkannya selama mengikuti acara rangkaian HUT Kota Bekasi selama bulan Maret 2019, yakni sebesar Rp1 juta saat menggelar dagangannya di Bazar Bekasi Keren selama dua hari. Sementara di bazar Bekasi Night Carnival, dia mendapatkan keuntungan hingga Rp4 juta dari dua hari berjualan dan di awal pembukaan Festival Budaya berhasil menjual kerajinannya hingga Rp450.000.

[Baca Juga: Ada Tempat untuk IKM dan UKM di Cityplaza Jatinegara]

Dengan hasil keuntungan yang dia peroleh, dia mengaku semakin yakin jika ada kemauan berjualan di bazar-bazar, akan selalu ada pembeli yang datang dan akan terus ingin berpartisipasi dalam acara-acara bazar yang diselenggarakan Pemkot Bekasi.

Read More

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan tubuh

Kesehatan

5 Manfaat Markisa untuk Kesehatan Tubuh

21 April 2019, 12:00  |  9 Views

Walaupun wujudnya unik tak seperti buah lainnya, markisa mengandung banyak manfaat lho. Berikut manfaat markisa untuk kesehatan.

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Masyarakat Peduli Terhadap Sampah

Berita Kawasan

Wakil Wali Kota Bekasi Motivasi Warga Peduli Terhadap Sampah

21 April 2019, 14:00  |  4 Views

Dalam Diskusi Kota Bekasi Bersih, Wakil Wali Kota Bekasi berikan motivasi warga untuk peduli mengelola sampah.

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

21 April 2019, 10:00  |  6 Views

Pameran foto kisah panjang Islam di Australia digelar di Museum Sejarah Jakarta hingga 30 April 2019.

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

Berita Kawasan

Agar Larangan Kantong Plastik Tidak Jadi Bumerang

21 April 2019, 16:00  |  6 Views

Beberapa daerah, termasuk DKI Jakarta mulai mendengungkan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Apakah cara ini efektif mengurangi konsumsi plastik?


Comments


Please Login to leave a comment.

ads