Berkat Gandeng Gendeng, Kota Yogyakarta Dapat Penghargaan Bappenas

Berita Kawasan

Berkat Gandeng Gendong, Kota Yogyakarta Dapat Penghargaan Bappenas

Kota Yogyakarta baru saja mendapatkan penghargaan sebagai Kota Terbaik kedua Tingkat Nasional berkat program Gandeng Gendong dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2020 yang dipersembahkan Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Peringkat pertama diraih Kota Semarang dan posisi ketiga diraih Kota Padang.

Program Gandeng Gendong sendiri merupakan wujud dari konsep tersebut, yaitu mengajak keterlibatan lima sektor untuk menangani kemiskinan, mulai dari komunitas, kampung, kampus, pihak swasta serta dari Pemerintah Kota Yogyakarta. Gandeng Gendong disebut sebagai program yang memiliki kesesuaian dengan program Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi.

Berkat Gandeng Gendong, Kota Yogyakarta Dapat Penghargaan Bappenas

Salah satu bentuk program Gandeng Gendong adalah dengan memberikan kesempatan kepada kelompok masyarakat untuk menjadi penyedia jamuan makan dan minum dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Menteri Perencaan Pembangunan Nasional Soeharto Sastrosoeyoso pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nasional yang diselenggarakan oleh Bappenas melalui video conference, memberikan penghargaannya secara langsung.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyatakan, proses perencanaan yang dilakukan Pemerintah Kota Yogyakarta terus mengalami peningkatan, di tahun sebelumnya Yogyakarta menempati peringkat ke empat.

[Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Tunda Program Gandes Luwes Hingga Tahun Depan]

“Saat presentasi penilaian memang salah satu yang kita angkat adalah Program Gandeng Gendong dan juga bagaimana membangun proses bisnis yang melibatkan seluruh OPD untuk mencapai target tertentu sebagai gerakan bersama,” jelas Heroe.

Penghargaan dari Bappenas ini dinilai sebagai bukti keseriusan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menata perencanaan yang benar, sehingga lebih efisien dan efektif.

Penghargaan dari Bappenas tersebut dinilai sebagai bukti keseriusan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menata perencanaan yang benar sehingga lebih efisien dan efektif dan dilakukan melalui kolaborasi OPD.

Berwisata Ke 4 Desa Desa Wisata Kasongan, Bantul, Yogyakarta

Dilansir dari jogjakota.go.id (5/5/2020) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono menambahkan, penghargaan tahunan ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di daerah.

Gandeng Gendong dinilai berhasil oleh Bappenas sebagai penguatan modal sosial, pemberdayaan masyarakat serta pengentasan kemiskinan khususnya di tepi sungai Code, Winongo, dan Gajahwong yang dimanfaatkan sebagai potensi wisata.

[Baca Juga: Hentikan Penerbangan Komersil, 2 Bandara Jogja Sedia Konter Refund]

Lebih lanjut Agus menerangkan, penilaian juga dilakukan terhadap Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 dan Dokumen Inovasi, Presentasi dan Wawancara, serta Verifikasi Kunjungan Lapangan. Aspek penilaian meliputi proses penyusunan dokumen perencanaan, kualitas dokumen perencanaan, inovasi pembangunan, dan pencapaian pembangunan.

“Daerah yang mendapatkan penghargaan diharapkan juga untuk dapat membagikan motivasi dan inspirasi kepada daerah lain untuk pemerataan pembangunan Indonesia yang lebih baik,” kata Agus.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.