Berkat Karet Gelang, SDN Marunda 02 Juarai Lomba Pengembangan Vlog

Pendidikan

Berkat Karet Gelang SDN Marunda 02 Juarai Pengembangan Vlog

Dengan semakin majunya teknologi di dunia, maka tidak bisa ditampik terdapat efek tergerusnya hal-hal yang berhubungan dengan budaya tradisional. Oleh karena itulah, diperlukan pemanfaatan teknologi yang dapat mendorong aspek budaya tradisional kembali dikenal oleh publik, khususnya untuk generasi muda. Hal inilah yang dilakukan oleh SDN Marunda 02, Jakarta Utara. Pasalnya, para siswa di sekolah dasar ini mampu memanfaatkan vlog (blog video) untuk mengenalkan kembali permainan karet gelang.

Berkat Karet Gelang, SDN Marunda 02 Juarai Lomba Pengembangan Vlog

Usaha para siswa SDN Marunda 02 ini ditujukan untuk ikut berkompetisi di lomba pengembangan vlog yang merupakan bagian dari rangkaian acara Festival Literasi Digital Berbasis Sekolah. Sekadar informasi, acara ini digelar atas kerjasama Save the Children dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara. Acara ini ditujukan untuk merealisasikan literasi digital layak anak untuk sekolah di wilayah Jakarta Utara.

Dengan tema permainan tradisional, sekolah-sekolah yang ikut berlomba harus menunjukkan kreativitas mereka dalam menunjukkan atau menampilkan permainan tradisional yang memanfaatkan media vlog. Siswa-siswi SDN Marunda 02 pun memilih untuk mengulas mengenai permainan karet gelang yang masih kerap dimainkan di sekolah mereka.

[Baca Juga: Lomba Mewarnai dan Vlog Story Telling Dalam Rangka Pekan Imunisasi]

Pada video berjudul Permainan Gelang Karet yang diunggah di YouTube itu, tiga pelajar SDN Marunda 02 yang terdiri dari: Radia, Andini, dan Nisa menjadi naratornya. Mereka menjelaskan mengenai permainan tradisional tersebut dari mulai cara bermainnya yaitu melalui lompat karet, sedikit sejarahnya, sampai manfaatnya untuk anak-anak.

Berkat vlog tersebut, SDN Marunda 02 pun meraih juara pertama dalam lomba pengembangan vlog. Radia yang menjadi perwakilan SDN Marunda 02 pun hadir dalam pengumuman juara lomba tersebut yang disampaikan oleh Greater Jakarta Field Manager Save The Children Evie Woro Yulianti.

[Baca Juga: Yuk, Belajar Membuat Konten Berkualitas Bersama Beauty Blogger!]

“Walaupun di era yang serba digital, anak-anak ini harus tetap melestarikan permainan tradisional. Oleh karea itulah, kita memanfaaktkan teknologi dengan membuat lomba pengembangan vlog bagi sekolah dampingan di wilayah kecamatan cilincing. Namun, ceritanya tentang permainan tradisional yang masih dilakukan anak-anak zaman sekarang,” jelas Evie di puncak acara Festival Literasi Digital Berbasis Sekolah di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Tanjung Priuk, Jakarta Utara pada 24 Juni 2019.

Selain SDN Marunda 02, ada dua sekolah lainnya yang turut menjadi juara lomba ini. Untuk juara dua yang meraih adalah SDN Sukapura 05 yang membuat vlog mengenai permainan egrang dan juara tiga adalah Madrasah Ibtidaiyah Plus Al Barkah Kalibaru dengan vlog Cublek-cublek Sueng.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.