Berkat Video Viral, Aksi Guru Seni Tari SMKN 12 Surabaya Diapresias i.jpg

Pendidikan

Berkat Video Viral, Aksi Guru Seni Tari SMKN 12 Surabaya Diapresiasi

Pada akhir pekan lalu, sebuah video yang diunggah di media sosial mendadak ramai jadi buah bibir netizen hingga akun-akun media. Di mana dalam video itu menunjukkan ruangan kelas dengan sejumlah murid berseragam putih abu dan seorang guru di depan ruangan. Mereka pun beraksi dengan menarikan tari tradisional Gending Srampat dengan koreografi yang rapi sehingga memicu decak kagum banyak orang. Ternyata video ini merupakan hasil inisiatif dari Guru Seni Tari SMKN 12 Abing Santoso dan usai viral, guru itu pun mendapatkan apresiasi dari banyak pihak bahkan sampai menteri.

Apresiasi pertama terhadap video dengan durasi satu menit itu pada awalnya dilontarkan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi atau Menristekdikti Nadiem Makarim pada 17 April 2022. Melalui akun media sosialnya, Nadiem langsung tag si guru yang ada dalam video tersebut. “Video dari IG: Pak @abing_santoso2961. Pasti adik-adik SMKN 12 Surabaya senang sekali punya guru yang kreatif seperti Bapak @abing_santoso2961,” tulis Menristekdikti itu di Instagram pribadinya (17/4/2022).

Berkat Video Viral, Aksi Guru Seni Tari SMKN 12 Surabaya Diapresiasi.jpg

Mantan CEO Gojek itu memandang berkat konten yang dibuat oleh guru seni tari di SMKN 12 Kota Surabaya bersama murid-muridnya itu, warganet Tanah Air menjadi tertarik terhadap tari tradisional Gending Srampat. Ia bahkan tak lupa memberikan semangatnya kepada Abing agar terus berkarya dan membantu memajukan seni tradisional Indonesia.

Berselang sehari setelah postingan Nadiem itu diunggah, Wakil Wali Kota Surabaya Armuji langsung mendatangi SMKN 12 Kota Surabaya pada 18 April 2022. Ia bertemu dengan pihak sekolah, Abing, serta para murid-murid yang muncul dalam video viral itu. Bahkan orang nomor dua di Kota Pahlawan itu sempat ikut menari Gending Srampat dengan panduan dari Abing Santoso.

[Baca Juga: Menristek Dorong Percepatan Pengembangan Produk Ventilator ICU Karya UGM]

“Saya turut mengapresiasi dengan gaya mengajar Pak Abing, bahkan videonya viral dan diunggah di akun sosial media Pak Menteri Nadiem Makarim. Ini menjadikan anak - anak muda bisa simpatik dengan seni tari tradisional,” ujar Armuji, sebagaimana dikutip dari Surabaya.go.id (19/4/2022).

Pria yang akrab disapa dengan panggilan Cak Ji itu juga melontarkan apresiasinya. Menurutnya di era modern saat ini, ia sanggat senang ada sosok seperti Abing yang masih peduli dengan kesenian tradisional dan menggabungkannya dengan teknologi media sosial sehingga menarik perhatian dari anak-anak muda di Tanah Air.


Read More

SMK Negeri 12 Surabaya

Sekolah Menengah Kejuruan

0318436687
None

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.