2.jpg

Bisnis

Berkunjung ke Kedai Kalimetro, Ruang Bertemu Para Pegiat Sastra dan Literasi di Kota Malang

Tidak dapat dipungkiri jika kedai kopi dapat dengan mudahnya ditemukan di setiap sudut Kota Malang. Beragam coffee shop yang mengusung konsep unik, terus berkembang sejak tahun 2014 di Kota Malang. Di tengah tren tersebut, sudut Jalan Joyosuko Metro Merjosari memunculkan sebuah kedai yang dikenal dengan nama Kedai Kalimetro.

Kedai yang satu ini sangat populer di kalangan seni dan literasi. Pasalnya, selain nongkrong dan ngopi, pengunjung kedai juga kerap kali menggelar beragam kegiatan seputar literasi dan seni seperti diskusi maupun workshop. Jika pengunjung tertarik dengan dunia seni dan sastra, maka kedai ini sangat cocok untuk dikunjungi.

6.jpg

Kedai Kopi Kalimetro adalah satu dari sekian coffee shop yang menjadi ‘rumah’ bagi para penggiat sastra dan literasi. Sama halnya seperti Kopi Srawung, Oase Café and Literacy,dan juga Kafe Pustaka, tempat ini pun sangat mendukung terciptanya beragam aktivitas seputar literasi.

Selain itu, komunitas yang bergerak di bidang gender, kemanusiaan, lingkungan, dan pendidikan pun juga rutin melakukan kegiatan di Kedai Kalimetro. Jadi, kedai ini sangat sering dikunjungi oleh para aktivis yang bergerak di Kota Malang.

4.jpg

Lokasi kedai satu ini juga berdekatan dengan lokasi dari Malang Corruption Watch, Penerbit Intrans, dan juga Terakota.Id. Sehingga, jika sering berkunjung kemari, maka pengunjung bisa menjalin relasi dan menambah pertemanan dengan orang-orang dari beragam latar belakang.

Akustikan Pinggir Kali

Keseruan lain yang bisa pengunjung jumpai di sini adalah kegiatan rutin bertajuk ‘Akupili’ yang merupakan akronim dari ‘Akustikan Pinggir Kali’. Jika pengunjung sedang menjelajah wisata Kota Malang dan bingung mencari tempat untuk menghabiskan malam minggu, maka tempat ini bisa menjadi salah satu rujukan yang tepat.

1.jpg

Jika berminat menghadiri kegiatan ‘Akupili’ maka Kedai Kalimetro tidak memungut biaya sepeser pun. Pengunjung cukup memesan makanan ataupun minuman, dan bisa ikut bersenandung bersama kawan-kawan di Kedai Kalimetro.

Jika pengunjung tertarik dengan kegiatan-kegiatan seperti bincang buku, nonton bareng film dokumenter, ataupun diskusi seputar politik, ekonomi, dan juga HAM, maka Kedai Kalimetro adalah lokasi yang tepat. Sembari menikmati kopi dan makanan yang disediakan, pengunjung dapat menyimak beragam perbincangan hangat dan menarik yang sering diselenggarakan di sini.

5.jpg

Pemantik diskusinya pun tak main-main, mulai dari kalangan dosen, mahasiswa, aktivis, penulis, peneliti, hingga budayawan. Tak hanya itu, tempatnya yang nyaman dan tenang, juga membuat kedai ini menjadi spot yang cocok untuk mengerjakan skripsi atau sekadar mengerjakan deadline pekerjaan dari kantor. Suasananya terasa teduh dan sejuk karena dekat dengan area persawahan.

Keunggulan lain dari kedai ini adalah dari segi pemilihan bahan baku untuk menunya. Untuk menu kopi, semua varian kopi yang digunakan adalah kopi asli Malang yang diambil langsung dari petani di Desa Jogomulyon, Tirtoyudo. Pengunjunga akan menemukan beragam racikan kopi dengan bahan utama biji kopi dari desa tersebut.

Jika tertarik berkunjung, kedai yang menawarkan nuansa literasi ini buka mulai pukul 09.00 sampai 22.00 WIB.

3.jpg

Kepada PingPoint (09/06/2021), Salma selaku salah satu costumer di Kedai Kalimetro mengaku jika ia sangat nyaman dengan nuansa kedai yang tenang. Selain itu, Salma juga rutin menghadiri acara bedah buku maupun diskusi di Kedai Kalimetro, karena Salma juga merupakan salah satu anggota dari komunitas sastra di Malang.

“Atmosfir di sini sangat tenang, mungkin karena memang kedai ini membawa nuansa literasi sehingga pengunjung lebih memilih menikmati pesanannya sembari membaca buku. Forum diskusi yang diselenggarakan juga tidak main-main, karena banyak menghadirkan tokoh-tokoh yang ahli dalam bidangnya,” ujar Salma.


Read More

Kedai Kalimetro

Pusat kegiatan sastra dan literasi di Kota Malang

+62341573650
None

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.