PEJATEN_KAWASAN_BERLIBUR DI JAKARTA SELATAN YUK KE KEBUN BINATANG RAGUNAN_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Berita Kawasan

Berlibur di Jakarta Selatan? Yuk ke Kebun Binatang Ragunan

DKI Jakarta sebagai ibu kota memiliki sejumlah tempat yang menawarkan wisata edukatif yang bermanfaat untuk Anda dan keluarga. Salah satunya berada di wilayah Jakarta Selatan yang menawarkan wahana berisi hewan-hewan liar. Tempat itu adalah Kebun Binatang Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan berlokasi di Jalan Harsono RM No.1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Tempat ini merupakan taman margasatwa tertua yang ada di Indonesia. Sebagaimana dilansir dari Tribun News, Kebun Binatang Ragunan didirikan oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia (Cuture Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia) pada 19 September 1864, dan ini menjadi kebun binatang pertama yang ada di Indonesia.

Kebun Binatang Ragunan juga memiliki lebih dari 20 ribu pohon yang tersebar di areanya, jadi cocok untuk Anda yang mencari area terbuka hijau di Jakarta. Kesan adem pun dapat Anda dan keluarga rasakan ketika pertama tiba usai melewati pintu masuknya.

Namun, jangan kaget bila Anda dan keluarga merasa kebingungan ketika masuk ke Kebun Binatang Ragunan, mengingat taman ini memiliki luas area 147 hektar yang dihiasi rimbunnya pohon-pohon dengan koleksi ribuan ekor hewan. Tapi tenang saja, artikel ini akan membantu Anda untuk memberikan informasi apa saja jenis hewan serta fasilitas yang ada di Kebun Binatang Ragunan.

Koleksi Hewan

Koleksi hewan Kebun Binatang Ragunan sebenarnya memiliki jumlah 2.009 ekor dan terbagi dari empat jenis hewan. Jenisnya adalah mamalia, reptil, burung, serta ikan. Berikut ini informasi lebih lengkapnya berdasarkan laman resmi Kebun Binatang Ragunan

Mamalia: Beruang Madu, Harimau Sumatera, Siamang, Gorilla, Babirusa, Tapir, Singa, Harimau Bengala, Bekantan, Beruk, Kukang, Lutung Budeng, Monyet Kokah, Monyet Boti, Monyet Marmoset, Rusa Sulawesi, Nilgai, Macan Tutul Sri Langka, Jaguar, Sitatunga, Rusa Totol, Anoa, Binturong, Simpanse, Banteng Jawa, Gajah Sumatera, Monyet Yaki, Monyet Simpai, Monyet Surili dan Orangutan Kalimantan.

Burung: Pelikan, Flamingo, Elang Ikan Kepala Kelabu, Elang Irian, Kasuari Gelambir Tunggal, Nuri Coklat, Nuri Merah Punggung Kuning, Puyuh Mahkota Sengayan, Bungau Tongtong, Beo, Betet Kalung, Elang Bondol, Merak Biru, Kasuari Gelambir Ganda, Kakatua Raja, Kakatua Jambul Kuning, Julang, Jenjang Mahkota, Dara Mahkota Viktoria, dan Burung Unta.

Reptil: Kura-Kura Pipi Merah, Sanca Patola, Sanca Kembang, Biawak Salvator, Komodo, King Kobra, Kadal Lidah Biru, Biawak Hitam, Kadal Maluku, Sanca Sawah Putih, Buaya Muara dan Kadal Hijau..

Ikan: Arapaima, Arwana, dan lain-lain.

Fasilitas Kebun Binatang Ragunan

Selain untuk melihat koleksi hewan-hewannya, Kebun Binatang Ragunan juga memiliki sejumlah wahana serta fasilitas yang dapat dinikmati saat menghabiskan liburan bersama keluarga. Berikut ini fasilitas dan wahana tersebut:

Taman Refleksi: Merupakan area di Kebun Binatang Ragunan yang didesain sedemikian rupa agar Anda bisa bersantai. Di sini juga ada batu-batu yang dapat dimanfaatkan untuk refleksi. Selain itu, di taman ini terdapat patung-patung hewan yang biasanya digunakan oleh para pengunjung untuk berfoto.

Pusat Primata: Schmutzer merupakan bagian dari Kebun Binatang Ragunan yang dikhususkan untuk konservasi hewan primata. Tempat ini cocok untuk Anda mengajak buah hati mempelajari beragam jenis primata yang ada di Indonesia. Salah satu hewan yang menjadi highlight di sini adalah gorila yang memiliki bobot lebih dari 100 kilogram.

Taman Satwa Anak: Merupakan area yang berada tidak jauh dari pintu masuk Kebun Binatang Ragunan. Di sini terdapat hewan kapibara, burung kakatua yang pandai berbicara, serta akuarium berisi ikan Arapaima yang memiliki ukuran besar. Selain itu, di sini juga ada playground untuk anak-anak yang berisi ayunan, jaring laba-laba dan lain-lain.

Tertarik untuk datang ke sini? Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi yang dipandu dengan aplikasi maps di ponsel pintar atau menggunakan kendaraan umum. Bila memilih kendaraan umum, Anda bisa naik kereta komuter dan turun di Stasiun Sudirman lalu berjalan menuju halte Dukuh Atas 2. Di sana, Anda akan melanjutkan perjalanan dengan naik bus TransJakarta koridor 06 yang menuju Ragunan.

Terkait tiket masuk Kebun Binatang Ragunan, Anda akan dikenakan Rp4.000 per orangnya untuk dewasa, sedangkan anak-anak Rp3.000 per orang. Masuk Pusat Primata Schmutzer pun memiliki biaya tambahan, yaitu Rp6.000 per orangnya dari Selasa-Jumat dan Rp7.500 dari hari Sabtu-Minggu serta libur nasional.

Read More

Artikel Lainnya

Sambut Perayaan Hari Kemerdekaan, Fit Gourmet Hadirkan Jajanan Khas Indonesia .jpg

Kuliner

Sambut Perayaan Hari Kemerdekaan, Fit Gourmet Hadirkan Jajanan Khas Indonesia

05 August 2020, 20:00

Fit Gourmet menghadirkan menu khusus di momen perayaan 17 Agustus ini dengan jajanan khas Indonesia yang sehat.

Unpad Uji Klinis Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan.jpg

Kesehatan

Unpad Uji Klinis Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan

05 August 2020, 19:00

Kang Emil mengumumkan siap membantu usaha uji klinis vaksin COVID-19 yang dilakukan PT Bio Farma dan Unpad.

Sisca Soewitomo Juru Masak Legendaris Itu Akhirnya Gantung Panci

Kuliner

Sisca Soewitomo: Juru Masak Legendaris Itu Akhirnya Gantung Panci

05 August 2020, 15:00

Perempuan kelahiran Surabaya, 8 April 1949 ini legendaris kerap disebut sebagai Ratu Boga Indonesia akibat penampilannya yang lincah kala memasak di program televisi Aroma.

Ledakan di Beirut dan Efek Amonium Nitrat pada Kesehatan

Kesehatan

Ledakan di Beirut dan Efek Amonium Nitrat pada Kesehatan

05 August 2020, 14:00

Apabila terhirup, amonium nitrat dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dengan gejala batuk, sakit tenggorokan dan napas yang pendek.


Comments


Please Login to leave a comment.