rumah akar pohon bekasi

Pendidikan

Bermain Sambil Belajar di Rumah Akar Pohon

Pendidikan merupakan hal yang paling penting dilakukan setiap orang. Selain bertujuan untuk menambah pengetahuan, pendidikan juga dapat mengubah nasib dan menggapai mimpi seorang individu. Hal ini lah yang mendorong Arsiani Warsiki atau lebih sering disapa Kiki, Pendiri Rumah Akar Pohon di Bekasi Jawa Barat. Lewat rumah belajar Akar Pohon ini, Runner Up II Ajang Putera Puteri Kartini Kota Bekasi ini ingin memberikan pelajaran tambahan dengan cara yang menyenangkan.

Menurutnya, agar anak-anak termotivasi untuk selalu belajar, ia tidak mau membuat rumah belajarnya fokus pada mata pelajaran. “Anak-anak kan sudah setiap hari belajar di sekolah, jadi pelajaran yang kita berikan lebih menyenangkan. Supaya mereka termotivasi belajar sendiri,” ujar Kiki saat dijumpai untuk wawancara (10/10).

Rumah Belajar Akar Pohon memang baru aktif belum lama ini, awalnya Kiki hanya membantu anak panti asuhan yang ia kenal lewat acara bakti sosial lima tahun lalu. Karena jarak tempat tinggal dan panti asuhan tersebut tidak jauh, ia memutuskan untuk setiap malam usai selesai bekerja di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengajar anak-anak di panti asuhan tersebut.

“Saya memang sudah dekat dengan pengurus panti, waktu itu pengurus panti bilang salah satu anak asuhnya masuk ke sekolah swasta (yang biayanya mahal) dan nilai akademisnya tidak terlalu bagus. Karena itulah saya terpikir untuk membantu anak ini lebih berprestasi di bidang non-akademis,” katanya saat ditanyakan awal mula Rumah Akar Pohon terbentuk.

Awalnya, Kiki hanya mengajarkan dua anak dari panti asuhan. Namun seiring berkembangnya waktu, anak-anak pun terus bertambah, hingga kini menjadi 15 anak yang datang setiap harinya. Fokus rumah belajar ini sebenarnya untuk anak dari keluarga tidak mampu, tapi terbuka bagi siapapun yang ingin belajar bersama.

Rumah Akar Pohon memiliki jadwal pelajaran pasti setiap harinya. Hari Senin, untuk pelajaran Matematika, Selasa untuk Bahasa Indonesia, Rabu untuk Bahasa Inggris, Kamis untuk mengaji, dan Jumat untuk seni atau games. Kelas belajar ini dimulai pada pukul 19.00-21.00 WIB. Biasanya dimulai dengan sesi mengerjakan PR (pekerjaan rumah) dari sekolah bersama-sama. Kemudian pemberian sedikit materi sesuai jadwal dan sisanya anak-anak, Kiki dan relawan yang membantunya mengajak anak-anak bermain atau berbagi mengenai cita-cita dan profesi.

Dengan metode ini diharapkan anak-anak akan nyaman belajar di rumah belajarnya dan tidak ada rasa takut atau tertekan untuk belajar. Agar semakin kompak, ia juga membentuk kegiatan di rumah belajarnya menjadi lebih homey, sehingga anak murid maupun sukarelawan senang dan terasa seperti keluarga sendiri.

Kegiatan belajar mengajar ini dilakukan di rumah pribadinya, “Memang kita sempat melakukan kegiatan di salah satu tempat donatur, namun karena satu dan lain hal saya pindahkan ke rumah,” ujar Kiki.

Karena masalah tersebut, kelas sempat absen selama dua hari. Saat itu ia sempat kebingungan karena tak ada tempat untuk kegiatan anak-anaknya. Sempat terpikir untuk berhenti untuk melakukan kegiatan ini, tapi ia tergerak kembali saat melihat anak-anak asuhnya menyambanginya ke rumah.

“Ka, ayo belajar!” Kiki menirukan anak-anak yang meminta kegiatan berlangsung kembali. Karena melihat motivasi belajar anak-anak tinggi, wanita berumur 22 tahun ini semangat kembali dan memutuskan menggunakan rumahnya. Ke depannya, Kiki berharap kalau Rumah Akar Pohon memiliki learning centre sendiri yang dilengkapi perpustakaan dan wifi untuk menunjang anak bermain dan belajar. Bukan hanya itu, ia juga sangat ingin jika akan ada regenerasi atau penerus untuk kegiatannya. Ia tak mau kalau kegiatan ini hanya berhenti di dirinya saja.


Rumah Akar Pohon sangat terbuka dengan siapa pun. Jika Anda ingin membantu kegiatan belajar mengajar atau hanya sekedar berbagi, Anda bisa mengunjungi Rumah Akar Pohon yang ada di Bekasi Jawa Barat atau bisa melihat langsung kegiatan mereka di instagram @rumahakarpohon

Read More


Artikel Lainnya

Warga Kembali Berburu Ikan di Sungai Ciliwung

Berita Kawasan

Warga Kembali Mancing Ikan di Sungai Ciliwung

27 May 2019, 11:00  |  7 Views

Kondisi Sungai Ciliwung yang membaik mebuat ikan kembali hidup berkembang di dalam alirannya. Warga pun bisa merasakan manfaat dengan rekreasi mincing ikan.

Alat Bantu Dengar Widex Evoke Tawarkan Ragam Keunggulan

Kesehatan

Alat Bantu Dengar Widex Evoke Tawarkan Ragam Keunggulan

27 May 2019, 13:00  |  4 Views

Beberapa keunggulan dalam Widex Evoke antara lain memberikan kemampuan kepada pengguna untuk bisa menggunakan machine learning secara real time.

CNAF Kembali Catat Pertumbuhan Positif Laba di 2018

Bisnis

CNAF Kembali Catat Pertumbuhan Positif Laba di 2018

27 May 2019, 09:00  |  10 Views

Dengan raihan pertumbuhan positif, CNAF berhasil mengumpulkan total aset sebesar Rp2.5 miliar dan portofolio pembiayaan tercatat sebesar R2.2 triliun.

Dunia Internasional Apresiasi Pertanian Perkotaan di Jakarta

Berita Kawasan

Dunia Internasional Apresiasi Pertanian Perkotaan di Jakarta

27 May 2019, 15:00  |  6 Views

Atas keberhasilan dan pengalaman DKI Jakarta mengimplementasikan pertanian perkotaan, Pemprov DKI diundang untuk hadir dalam ajang internasional Urban Agriculture World Summit (UAWS) di Tokyo, Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.