BOGOR_PENDIDIKAN_BERMAIN SAMBIL BELAJAR DI TAMAN SAFARI BOGOR_IVAN_REVISI 01-01.jpg

Pendidikan

Bermain Sambil Belajar di Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor bisa jadi tempat belajar mengenal hewan bagi anak-anak. Di sisi lain, anak bisa mendapat banyak pendidikan positif dengan berkunjung ke tempat ini. Taman Safari Bogor merupakan satu dari dari empat taman serupa yang berada di bawah naungan Taman Safari Indonesia (TSI).

Taman yang berada di Desa Cibereum, Kecamatan Cisarua ini juga sudah terkenal menjadi salah satu objek wisata populer di kawasan Bogor. Kebanyakan wisatawan datang untuk liburan atau bermain bersama keluarga. Ada pula yang sengaja datang untuk mengenalkan anak-anaknya dengan beragam satwa yang ada di sana.

[Baca Juga : Serunya Melihat Hewan-Hewan Lucu di Planimals MKG]

Mengenalkan anak pada beragam jenis satwa dengan cara melihat dan menyentuhnya secara langsung merupakan pendidikan penting bagi mereka. Sebab, anak tidak hanya berimajinasi saat melihat gambar, tapi juga bisa tahu bentuk asli dari satwa yang dikenalnya. Selanjutnya, anak-anak juga menjadi lebih tahu hewan yang mereka belum kenal sebelumnya. Itu karena Taman Safari Bogor punya beragam jenis koleksi satwa yang bisa dilihat secara langsung. Terlebih, objek wisata ini berperan sebagai pusat konservasi, sehingga anak bisa lebih banyak tahu tentang hewan-hewan yang mereka lihat.

Mengutip Friso.co.id (3/9/2018), sedikitnya ada lima manfaat pendidikan lain yang bisa didapatkan anak saat mereka berkinjung ke taman margasatwa seperti Taman Safari Bogor. Kelima hal tersebut antara lain:

1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Di Taman Safari Bogor, ada beragam hewan yang mungkin belum pernah dilihat si kecil secara langsung. Saat melihat hewan-hewan itu untuk pertama kali, tentu akan muncul rasa kagum sekaligus heran. Di saat itulah, orangtua bisa membangun percakapan menyenangkan dengan buah hatinya. Misalnya, ibu atau ayah bisa menyebutkan nama hewan tadi, mendeskripsikan ciri fisiknya, dan minta anak untuk mengulanginya. Dengan begitu, kemampuan berbahasa anak pun akan bertambah.

2. Belajar Menghormati Sesama Makhluk Hidup

Sambil memberi tahu anak tentang nama-nama dan ciri fisik hewan, orangtua juga bisa memasukkan nilai-nilai hidup saat berkunjung ke Taman Safari Bogor. Contohnya adalah memberi tahu tentang pentingnya menghormati hak sesama makhluk hidup. Ayah atau ibu bisa mengatakan pada anak bahwa hewan juga merupakan makhluk ciptaan tuhan yang berhak hidup layak dan diperlakukan dengan baik layaknya manusia. Dengan pemahaman yang baik seputar hal ini, ke depannya, anak bisa tumbuh menjadi manusia yang menghormati hak sesama makhluk hidup.

3. Belajar Mengenal Lingkungan Lebih Baik

Kunjungan ke taman margasatwa seperti Taman Safari Bogor juga membantu si kecil belajar mengenal lingkungan lebih baik lagi. Contohnya, saat berjalan-jalan di dalam Taman Safari dan melihat hewan-hewan diberi makan, anak akan paham bahwa ternyata hewan memiliki makanan yang berbeda-beda. Ada yang memakan daging, ada yang memakan tumbuhan dan sayuran, dan ada pula yang memakan keduanya. Pengetahuan ini membuat si kecil mengenal lingkungan dengan lebih baik lagi.

4. Belajar Mengendalikan Rasa Takut

Dengan bentuk dan ukuran tubuh yang besar serta suaranya yang beraneka ragam, hewan-hewan di kebun binatang mungkin akan membuat anak cukup merasa takut. Jika melihat tanda-tanda ketakutan pada hewan tertentu, orangtua bisa memanfaatkan momen ini untuk mengajarkan anak tentang cara mengendalikan rasa takutnya.

5. Belajar Mematuhi Peraturan

Supaya kunjungan ke kebun binatang berlangsung aman dan nyaman, tentu ada peraturan-peraturan yang harus dipatuhi. Misalnya, tidak boleh membuang sampah sembarangan, tidak boleh memegang sembarang hewan, dan sebagainya. Sebelum dan selama kunjungan, orangtua harus memberikan pengawasan terhadap setiap aktivitas anak, agar apa pun yang dilakukan si kecil tidak melanggar peraturan. Secara tak langsung, hal ini bisa melatih anak untuk patuh terhadap peraturan.

[Baca Juga : Pejaten Shelter, “Surga” Kecil untuk Hewan Peliharaan yang Terlantar]

Jika sudah tahu manfaatnya, tentu Anda menganggap mengajak anak ke Taman Safari Bogor sebagai hal penting. Maka itu, ajaklah anak liburan ke sana. Terlebih, ada banyak program pendidikan lain yang dihadirkan pusat konservasi satwa tersebut. Di sisi lain, objek wisata ini memang pantas dikunjungi karena berada di lingkungan puncak yang sejuk dan asri serta menawarkan akomodasi yang sangat memadai untuk wisatawan yang ingin bermalam di sana.

Read More

Artikel Lainnya

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

Berita Kawasan

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

04 April 2020, 18:00

Bagi sektor ekonomi kerakyatan, serbuan wabah COVID-19 telah meninggalkan dampak yang signifikan. Ketahanan pangan di setiap desa pada Kabupaten Bekasi adalah prioritas yang harus segera tuntas.

Berdayakan Warga, Bupati Bogor Bentuk 3759 RW Siaga COVID-19

Berita Kawasan

Berdayakan Warga, Bupati Bogor Bentuk 3759 RW Siaga COVID-19

04 April 2020, 17:00

Wabah COVID-19 hanya bisa diatasi jika ada sinergi antara pemerintah dan masyarakat. Pemkab Bogor ajak warga Bogor untuk siaga penuh bersama pemerintah.

Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan

Berita Kawasan

Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan

04 April 2020, 16:00

Jumlah kasus COVID-19 terus bertambah setiap harinya. Tak mau ambil risiko, Pemprov hentikan sementara penataan kawasan empat stasiun di Jakarta.

Cegah Penyebaran Covid-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

Berita Kawasan

Cegah Penyebaran COVID-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

04 April 2020, 15:00

Untuk menjalankan physical distancing, Disnaker Kota Depok memberlakukan sistem pembuatan kartu kuning secara online.


Comments


Please Login to leave a comment.