Berniat Perluas Wilayah, Pemkot Bogor Lirik Kawasan Kabupaten

Berita Kawasan

Berniat Perluas Wilayah, Pemkot Bogor Lirik Kawasan Kabupaten

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor saat ini tengah mengajukan perluasan wilayahnya. Rencana ini disinyalir sejalan dengan keinginan Pemkot Bogor untuk melakukan pembangunan yang merata, khususnya di wilayah Kabupaten Bogor yang wacananya akan masuk ke wilayah Kota Bogor. Perluasan ini juga dirasa dibutuhkan karena Pemkot Bogor merasa kerap bersinggungan dengan otoritas Kabupaten Bogor, saat mereka ingin menerapkan kebijakan tertentu.

Kabar perluasan wilayah Kota Hujan ini menyeruak ketika Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Riwan Kamil di perhelatan Kegiatan Koordinasi Penyelengaraan Pemerintah Daerah triwulan III dengan 27 kepala daerah pada 11 Juli 2019. Pada momen pertemuan dengan orang nomor satu di Jawa Barat itulah Dedie menyampaikan rencananya.

Berniat Perluas Wilayah, Pemkot Bogor Lirik Kawasan Kabupaten

Di depan Gubernur Jawa Barat, Wakil Wali Kota Bogor memaparkan bahwa wilayahnya hanya memiliki enam kecamatan dengan jumlah penduduknya adalah 1,1 juta. Jumlah ini dipandang dapat berdampak terhadap pendapatan asli daerah atau PAD sehingga tidak bisa melakukan pengembangan sumber daya secara optimal di Kota Bogor.

[Baca Juga: Perda Kawasan Tanpa Rokok Wali Kota Bogor Dapat Penghargaan WHO]

“Luasan kota Bogor kurang memadai secara politis dan geografis. Kalau perluasan bisa dilakukan, dampaknya ke PAD. Sekarang Rp1,5 triliun, dengan perluasan bisa Rp2 triliun. Bantuan dari pemerintah provinsi atau pusat juga bisa nambah,” ucap Dedie A. Rachim, sebagaimana dikutip dari bandung.kompas.com (16/7/2019).

Selain PAD, alasan lainnya Pemkot Bogor ingin memperluas wilayahnya adalah karena kebijakan infrastruktur Kota Bogor kerap bersinggungan dengan Kabupaten Bogor. Dengan sebab itulah, Pemkot Bogor meminta sekitar enam kecamatan dari total 41 kecamatan Kabupaten Bogor. Kecamatan yang dimaksud adalah Tamansari, Darmaga, Ciomas, Ciawi, Megamendung, dan Cibanon.

[Baca Juga: Kabupaten Bogor Promosikan Perikanan Lewat Festival Minapolitan]

Sebagaimana dilansir dari metro.tempo.co (16/7/2019), pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor masih harus mengkaji permintaan Pemkot Bogor tersebut. Karena DPRD Kabupaten Bogor memandang, melepas enam kabupaten di wilayahnya harus melalui sejumlah proses, khususnya terkait koordinasi antara Bupati dan Wakil Bupati Bogor dengan pihak Pemkot Bogor. Namun terdapat indikasi, DPRD Kabupaten Bogor merasa keberatan terhadap permintaan Pemkot Bogor dengan dalih enam kecamatan yang diminta merupakan wilayah potensial.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.