Berpikiran Terbuka Penting dalam Membesarkan Anak dengan Autisme

Pendidikan

Berpikiran Terbuka Penting dalam Membesarkan Anak dengan Autisme

Memiliki anak ASD Autism Spectrum Disorder (ASD) atau autisme merupakan anugerah dari Tuhan yang seharusnya bisa dirawat dengan tepat oleh orangtua yang memilikinya. Hal ini tentu tidaklah mudah, merawat dan mendidiknya tidak sama seperti dengan anak yang tidak autis. Butuh waktu dan kesabaran yang ekstra dalam memberikan pengajaran dan kebutuhannya.

Dan, tingkat stress pada orangtua dengan anak yang memilki gangguan ini bisa lebih tinggi dibandingkan dengan orangtua yang tidak memilki anak ASD. Kemungkinan hal tersebut bisa terjadi karena kesulitan para orangtua dalam menghadapi masalah-masalah yang terjadi pada anak ASD, seperti perilaku yang diulang-ulang, kesulitan berkomunikasi, perilaku yang tidak biasa, dan kesulitan bersosialisasi.

[Baca Juga: Musikus Sukses Matt Savage Didiagnosis ASD pada Usia 3 Tahun]

Cerita para orangtua dalam membesarkan anak ASD ini pun tentu berbeda-beda. Kesulitan dalam membesarkannya tentu berpengaruh kepada pribadi orangtua itu sendiri. Di sisi lain, Sondang Intan Sihombing, S.Pd, yang memilki anak ASD ini justru membuatnya merasa bersyukur karena dapat menjadi pribadi yang terus tumbuh untuk selalu memiliki kesabaran.

“Saya menjadi pribadi yang terus bertumbuh untuk selalu memiliki kesabaran dan menyenangkan sekali punya anak yang polos dan hatinya tulus tanpa pamrih seperti mereka,” ucapnya.

Berpikiran Terbuka Penting dalam Membesarkan Anak dengan Autisme

Kesulitan yang kerap dialami para orangtua ini pun dapat memperburuk hubungan anak dengan orangtua, bahkan kemungkinan akan berdampak pada kegagalan terapi bagi anak yang sedang membutuhkan keterlibatan orangtua itu sendiri. Sondang pun memiliki cara praktis agar selalu nyaman dalam mengarahkan anak dengan gangguan ASD ini.

“Harus senantiasa open minded dan terus meng-upgrade diri untuk mengikuti kondisi anak yang juga terus menerus berkembang,” jelasnya.

[Baca Juga: Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Mengenal Apa Itu ASD]

Pengelolaan emosi Sondang sebagai orangtua dalam membimbing anak autis berpengaruh pada kondisi emosi sang anak, yang terkadang bisa mengikuti emosinya. Hal ini dapat terjadi lantaran bonding orangtua dengan sang anak yang begitu kuat.

“Saat pada waktu bersamaan saya harus membagi diri saya antara menyelesaikan masalah pelik lainnya dengan tetap berkegiatan dengan anak yang mengikuti jalur home learning.

Bonding di antara kami sangat kuat sehingga dalam kondisi demikian maka otomatis anak saya akan ikut bete dan cemas dan itu sangat berpengaruh pada kondisi emosinya, biasanya murung dan cenderung menarik diri,” jelasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.