Bersama Pemprov Jawa Barat, Pemkot Depok Peringati Hari Santri Nasio nal.jpg

Berita Kawasan

Bersama Pemprov Jawa Barat, Pemkot Depok Peringati Hari Santri Nasional

Pada hari ini 22 Oktober 2020 diperingati sebagai momen Hari Santri Nasional. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga turut mengikuti peringatannya dengan berpartisipasi dalam upacara virtual Hari Santri Nasional yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan dipimpin Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dalam peringatan ini, elemen Pemkot Depok juga turut terlihat mengenakan pakaian muslim.

Upacara Peringatan Hari Santri Nasional tahun ini mengusung tema Santri Sehat Indonesia Kuat yang sejalan dengan kondisi Tanah Air yang kali ini masih dilanda pandemi COVID-19. Pada upacara virtual yang digelar di Gedung Sate itu, pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengingatkan kepada semua pihak terkait potensi penyebaran COVID-19 di lingkungan pesantren.

Bersama Pemprov Jawa Barat, Pemkot Depok Peringati Hari Santri Nasional.jpg

“Pesantren rentan akan penularan COVID-19. Untuk itu protokol kesehatan perlu ditingkatkan. Jika santri sehat, Indonesia akan kuat,” sebut Gubernur Jawa Barat itu pada upacara virtual Hari Santri Nasional, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (22/10/2020).

Potensi penyebaran itu tak terlepas dari kebiasaan budaya Islami di pesantren dengan komunikasi antar sesama santri yang tidak berjarak. Namun karena pengaruh pandemi, Ridwan Kamil meminta agar protokol kesehatan khususnya jaga jarak satu sama lain antara santri diterapkan demi menekan kemungkinan penyebaran COVID-19. “Kedisplinan dalam penerapan protokol kesehatan merupakan ikhtiar bersama agar pandemi ini segera berakhir,” imbuh Kang Emil.

[Baca Juga: Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah]

Sekretaris Daerah Kota Depok Hardiono sepakat dengan pandangan Gubernur Jawa Barat terkait penerapan protokol kesehatan sebagai bagian dari ikhtiar di masa pandemi. Selain itu, Hardiono meminta para santri untuk mendoakan Indonesia agar pandemi ini segera berakhir di negeri ini dan dijauhkan dari virus Corona tersebut.

Selain mengikuti upacara virtual, Aparatur Sipil Negara atau ASN yang bekerja di lingkungan Pemkot Depok hari ini juga ikut memperingati Hari Santri Nasional. Di mana ini dilakukan dengan mereka mengenakan pakaian muslim yang sesuai dengan Surat Edaran Wali Kota Depok Nomor 003/511/Huk/Kesos. Menurut Pejabat Sementara Wali Kota Depok Dedi Supandi, peringatan Hari Santri Nasional serta penggunaan baju muslim pada hari ini diharapkan dapat berdampak positif dalam meningkat sisi religius dari ASN di Kota Belimbing.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.