Bersama Pemprov Jawa Barat, Pemkot Depok Peringati Hari Santri Nasio nal.jpg

Berita Kawasan

Bersama Pemprov Jawa Barat, Pemkot Depok Peringati Hari Santri Nasional

Pada hari ini 22 Oktober 2020 diperingati sebagai momen Hari Santri Nasional. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok juga turut mengikuti peringatannya dengan berpartisipasi dalam upacara virtual Hari Santri Nasional yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan dipimpin Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dalam peringatan ini, elemen Pemkot Depok juga turut terlihat mengenakan pakaian muslim.

Upacara Peringatan Hari Santri Nasional tahun ini mengusung tema Santri Sehat Indonesia Kuat yang sejalan dengan kondisi Tanah Air yang kali ini masih dilanda pandemi COVID-19. Pada upacara virtual yang digelar di Gedung Sate itu, pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengingatkan kepada semua pihak terkait potensi penyebaran COVID-19 di lingkungan pesantren.

Bersama Pemprov Jawa Barat, Pemkot Depok Peringati Hari Santri Nasional.jpg

“Pesantren rentan akan penularan COVID-19. Untuk itu protokol kesehatan perlu ditingkatkan. Jika santri sehat, Indonesia akan kuat,” sebut Gubernur Jawa Barat itu pada upacara virtual Hari Santri Nasional, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (22/10/2020).

Potensi penyebaran itu tak terlepas dari kebiasaan budaya Islami di pesantren dengan komunikasi antar sesama santri yang tidak berjarak. Namun karena pengaruh pandemi, Ridwan Kamil meminta agar protokol kesehatan khususnya jaga jarak satu sama lain antara santri diterapkan demi menekan kemungkinan penyebaran COVID-19. “Kedisplinan dalam penerapan protokol kesehatan merupakan ikhtiar bersama agar pandemi ini segera berakhir,” imbuh Kang Emil.

[Baca Juga: Rumah dan Pondok Pesantren Jadi 2 Kluster Besar di Jawa Tengah]

Sekretaris Daerah Kota Depok Hardiono sepakat dengan pandangan Gubernur Jawa Barat terkait penerapan protokol kesehatan sebagai bagian dari ikhtiar di masa pandemi. Selain itu, Hardiono meminta para santri untuk mendoakan Indonesia agar pandemi ini segera berakhir di negeri ini dan dijauhkan dari virus Corona tersebut.

Selain mengikuti upacara virtual, Aparatur Sipil Negara atau ASN yang bekerja di lingkungan Pemkot Depok hari ini juga ikut memperingati Hari Santri Nasional. Di mana ini dilakukan dengan mereka mengenakan pakaian muslim yang sesuai dengan Surat Edaran Wali Kota Depok Nomor 003/511/Huk/Kesos. Menurut Pejabat Sementara Wali Kota Depok Dedi Supandi, peringatan Hari Santri Nasional serta penggunaan baju muslim pada hari ini diharapkan dapat berdampak positif dalam meningkat sisi religius dari ASN di Kota Belimbing.

Read More

Artikel Lainnya

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pande mi.jpg

Pendidikan

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pandemi

26 November 2020, 19:08

Dengan tantangan pandemi COVID-19, Sinarmas World Academic dapat beradaptasi dalam menerapkan kurikulumnya untuk para siswanya walau menggunakan metode pembelajaran jarak jauh.

Kolaborasi GoPlay dan Citilink Suguhkan Ratusan Konten Hiburan Selama Penerbangan

Hobi dan Hiburan

GoPlay Dukung Film Maker Independen Indonesia

26 November 2020, 17:09

Layanan ini merupakan bentuk komitmen GoPlay dalam menjadi wadah kreasi bagi para pembuat film independen serta saluran distribusi karya-karya sineas berbakat tanah air.

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

Berita Kawasan

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

26 November 2020, 16:07

Alokasi anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan sarana prasarana guna mengembangkan wisata alam di Kampung Ciharashas, Mulyaharja.

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

Kesehatan

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

26 November 2020, 15:07

Layanan Bunga Tanjung yang menjadi pusat pelayanan terpadu kekerasan perempuan dan anak di RSUD Tarakan terpilih sebagai salah satu Top 45 Inovasi Pelayanan Publik.


Comments


Please Login to leave a comment.