PURI_KESEHATAN_BERSEPEDA KE KANTOR DEMI UBAH SEDENTARI JADI MOBILITAS HIJAU_OCI_REVISI 01-01.jpg

Kesehatan

Bersepeda ke Kantor Demi Ubah Sedentari Jadi Mobilitas Hijau

Gaya hidup sedentari adalah kebiasaan-kebiasaan dalam hidup yang tidak melibatkan banyak aktivitas fisik, atau dengan kata lain tidak banyak melakukan gerak. Kebiasaan yang banyak dilakukan warga urban ini membahayakan kesehatan. Karena itulah Kawan Lama, Group ACE Hardware dan Bike Colony mendukung mobilitas hijau atau green mobility sebagai transportasi yang juga berfungsi untuk kesehatan pengguna.

Sedentari telah terbukti menjadi faktor penyebab meningkatnya penyakit tidak menular (PTM). Dan dengan meningkatnya PTM secara otomatis akan menghambat masyarakat memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik.

Menurut data dari World Health Organization (WHO) tahun 2017, tercatat salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan dunia adalah PTM, seperti stroke, penyakit jantung dan diabetes melitus. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 dari Kementerian Kesehatan juga menunjukkan bahwa sebesar 24,1 persen penduduk Indonesia menjalani perilaku sedentari lebih dari enam jam dalam satu harinya.

[Baca Juga : Sehatnya Bersepeda di Bumi Perkemahan Cibubur]

Untuk melawan gaya hidup sedentari, biasakan untuk melakukan aktivitas fisik ditambah dengan latihan fisik untuk orang dewasa. Hal ini sesuai dengan anjuran yang diberikan WHO, "Bagi orang dewasa lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit ditambah dengan 30 sampai 60 menit latihan fisik sehari," ujar dr. Ade Jeanne L. Tobing, SpKO yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga seperti dikutip dari Tempo.co.

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun harus melakukan aktivitas. Kegiatan bermain anak di luar, dalam artian bukan bermain gawai, merupakan cara anak menjaga kesehatan tulang, otot serta sendinya. Anjuran dari WHO, anak juga harus punya gaya hidup sehat. Yaitu harus melakukan aktivitas gerak dengan total 60 menit dalam satu hari. Namun, lanjut Ade, hal ini bukan berarti anak melakukan gerak dalam waktu satu jam penuh. Bisa dibagi waktu dalam satu hari, misalkan 20 menit di tiap aktivitas bermainnya. Yang terpenting adalah menerapkan total 60 menit aktivitas gerak anak dalam satu hari.

Bersepeda ke Kantor

Anak-anak mungkin masih bisa bermain dan bersepeda di waktu senggangnya untuk menghindari gaya hidup sedentari. Bagaimana dengan orang dewasa? Bagi warga urban, bersepeda ke kantor bisa jadi solusi yang tepat untuk menghindari gaya hidup sedentari sekaligus menjaga kelestarian alam.

Grup Kawan lama, ACE Hardware dan Bike Colony belum lama ini sukses menggelar acara kumpul bareng Dahon (merk sepeda lipat-red) di kawasan Living Plaza Bintaro bersama komunitas sepeda lipat ID-Folding Bike. Dalam kegiatan tersebut, ACE Hardware mengajak untuk terus mendukung mobilitas hijau sebagai transportasi yang tidak hanya berfungsi untuk menyehatkan pengguna, tetapi juga melestarikan lingkungan untuk generasi berikutnya.

[Baca Juga : 5 Lokasi di Bekasi yang Bisa Dijadikan Arena Berolahraga]

Seperti dikutip dari Autoglobemagz.com, Merchandising Manager ACE Hardware Bernadus Dion Romano mengatakan,”Kami melihat saat ini tren bersepeda masih diminati masyarakat dengan banyaknya komunitas yang hadir. Melihat potensi tersebut, Kawan Lama Group: ACE Hardware dan Bike Colony secara eksklusif menghadirkan Dahon sebagai salah satu merek sepeda lipat yang cocok dan mendukung mobilitas kaum urban.” Sepeda ini memiliki desain yang modern dan berteknologi inovatif yang didukung material berkualitas, menjadikan sepeda ini sebagai kendaraan praktis, dan mendukung aktivitas harian yang sehat dan bebas polusi.

Read More

Artikel Lainnya

Grab Raih Investasi untuk Layanan Skuter Listrik

Bisnis

Grab Raih Investasi untuk Layanan Skuter Listrik

17 February 2020, 18:00

Grab rencanakan kerjasama dengan KYMCO untuk mengadopsi skuter listrik jenis Lunox sebagai pengganti GrabWheels yang lama

Bagaimana Jika Game Mobile Legend Diadaptasi ke Pertunjukan Teater

Berita Kawasan

Bagaimana Jika Game Mobile Legend Diadaptasi ke Pertunjukan Teater?

17 February 2020, 17:00

Teater yang bermarkas di Kalideres, Jakarta Barat ini menyiapkan pertunjukan terbarunya bertajuk “Pertarungan Takdir” yang naskahnya diadaptasi dari permainan Mobile Legend yang populer di Android.

Jelang HUT Tangerang, Pemkota Adakan Goes To Sehat

Berita Kawasan

Jelang HUT Tangerang, Pemkota Adakan Goes To Sehat

17 February 2020, 16:00

Goes To Sehat diramaikan dengan 500 peserta dari 52 komunitas yang dilakukan di Taman Prestasi Kota Tangerang.

Komunitas Menyayangi Indonesia, Gelar Kelas di Vihara Viriya Bala

Pendidikan

Vihara Viriya Bala, Jadi Potret Kawasan Toleransi di Kali Sari

17 February 2020, 15:00

Komunitas Menyayangi Indonesia jadikan Vihara Viriya Bala contoh kawasan toleransi di Jakarta


Comments


Please Login to leave a comment.