Hari Kesadaran Autisme, Ini Pandangan Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus

Kesehatan

Bersinergi Menggugah Kesadaran Terhadap Autisme

Masa pandemi COVID-19 yang tengah melanda hampir seluruh negara di dunia, tak seharusnya menyurutkan semangat untuk terus mengingatkan kesadaran terhadap penyandang Autisme di masyarakat. Seperti pada perayaan Hari Kesadaran Autisme yang jatuh pada awal April lalu.

Bila pada tahun sebelumnya banyak acara yang digelar di ruang publik untuk memperingati Hari Kesadaran Autisme, sekarang ini tentu hal seperti itu tidak bisa dilakukan. Oleh karenanya, praktisi dari Human Capital and Development, Life Coach - The Life Matrix, Prasetyo Boogie Tedjowinoto, perlu adanya shifting atau pergeseran bentuk perayaan Hari Kesadaran Autisme pada tahun ini.

Hari Kesadaran Autisme, Ini Pandangan Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus

Penyesuaian tersebut perlu dilakukan agar tetap ada sinergi dalam membangun kepedulian masyarakat terhadap penyandang autisme. Hal ini sebagaimana perubahan kegiatan yang terjadi di masyarakat selama masa pandemi COVID-19, seperti Work From Home (WFH) dan diskusi online.

“Kalau umum reaching-nya gampang. Tapi reach langsung kepada orangtua autism yang berkebutuhan khusus, yang mana background-nya berbeda tempat tinggalnya berbeda, kemampuan knowledge-nya juga berbeda mungkin harus lebih banyak pendekatan secara personal,” kata Prasetyo, kepada jurnalis PingPoint (1/4/2020).

[Baca Juga: Menyatukan Keberagaman di Hari Kesadaran Autisme Sedunia]

Lebih lanjut Prasetyo menjelaskan, perayaan untuk memperingati Hari Kesadaran Autisme di situasi seperti ini dapat dilakukan dengan campaign bersama media. Dengan memilih topik-topik isu yang sejalan dengan visi dan misi untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap orang dengan autisme, maka dapat turut bermanfaat bagi mereka.

“Jadi perayaannya diubah, bukan perayaan secara woro-woro yang keliatannya nyata bentuk fisik, tapi perayaan secara energi, secara sinergitas. Perayaannya jadi kayak lebih memberi tahu ‘ini kehidupan anak-anak berkebutuhan khusus dan autis itu ternyata luar biasa dan lebih fantastis ada keluarga orang tuanya yang punya effort, dan ada tenaga medis dan praktisi yang concern juga,” paparnya.

Diharapkan dengan adanya aksi positif tersebut dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap hak-hak orang dengan autisme.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.